alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57c042ef925233cb7f8b456a/diprotes-terlalu-asin-masakan-padang-harus-kurangi-garam
Poll: Rendang itu makanan favorit siapa?
PANASTAK 21.05% (4 votes)
PANASBUNG 78.95% (15 votes)
Diprotes Terlalu Asin, Masakan Padang Harus Kurangi Garam
Diprotes Terlalu Asin, Masakan Padang Harus Kurangi Garam

Liputan6.com, Padang - Siapa yang meragukan cita rasa masakan Padang yang lezat. Namun ternyata, banyak yang menilai, kuliner dari Sumatera Barat itu rasanya agak asin karena kebanyakan garam.

Hal ini disampaikan sendiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit. Dia mengatakan, banyak wisatawan menilai cita rasa masakan Minang sangat enak, tapi rasanya asin.

"Ini masukan dari wisatawan. Masakan Minang sekarang agak asin. Kalau bisa dikurangi garamnya," kata Nasrul, seperti dikutip dari Antara, Jumat (26/8/2016).

Dia menuturkan, masukan dari wisatawan itu harus menjadi perhatian pelaku usaha kuliner di Sumbar agar bisa memberikan rasa yang pas sehingga makin disukai wisatawan.

Ia mencontohkan masakan penganan khas Danau Singkarak, yaitu ikan bilih. Menurut Nasrul, cita rasa penganan itu tidak harus terlalu asin. Karena wisatawan yang datang belum tentu ingin memakannya sebagai lauk bersama nasi.

"Mungkin, mereka ingin makan seperti makan kacang, sambil menunggu. Kalau terlalu asin, tentu tidak bisa," ujar dia.

Apalagi, tutur Nasrul, masakan yang kebanyakan garam juga tidak terlalu baik untuk kesehatan. Dia mengatakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar juga harus menjadikan hal tersebut sebagai perhatian untuk ditindaklanjuti.

"Kalau memang benar apa yang disebutkan sejumlah wisatawan ini, sosialisasikan agar pelaku usaha mengurangi penggunaan terlalu banyak garam," tutur Nasrul.

Selain itu, persoalan kemasan juga harus terus ditingkatkan agar sesuai dengan standar, setidaknya SNI. "Jangan nanti makanannya enak, tetapi kemasannya jelek. Ini akan merugikan kita sendiri," kata Nasrul.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar yang baru dilantik, Asben Hendri, menyebutkan akan memperhatikan apa yang disampaikan Wakil Gubernur tersebut.

"Secepatnya kami respons," ucap Asben.

http://regional.liputan6.com/read/25...ign=FBregional

emoticon-2 Jempol
di tempat ane enak2 aja gan gak ada masalah emoticon-Big Grin
padahal kalo di surabaya dianggap kurang asin

resto sederhana dianggap tawar
asin mungkin waktu masak ikut keringatnya, emoticon-Wakaka
klo di tempat ane, masakan padangnya terlalu pedas..... sayur nangkanya bikin panas lidah emoticon-Wow <--ekspressi setelah makan disono
Kurang kerjaan
Pantesan banyak yang mati muda gara2 jantung dan darah tinggi.

Gorengan + Santan + Asin.... Mati dah
rendang asin? ,emoticon-Ngakak
Malah kurang pedes, kalo menurut ana mah! emoticon-Cape d... (S)
namanya juga masakan..
setiap tangan yg membuat pasti beda citarasanya.. kebanyakan pakai cara instant perbanyak garam dan mecin di masakan biar sedap..

padahal pengolahan masakan padang yg bagus itu tidak sebentar.. emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
masakan padang asin biar ga cepet basi.. tau aja kan 2-3 hari ga laku tinggal angetin lagi
enak tapi minyaknya gokil
pasti orang jawa semua wisatawan nya emoticon-Stick Out Tongue
susah juga kalau orang sumatra bertamu mereka pada bingung bawa ke restoran padang makanan nya kok manis ?
di tempat ane rasanya sangat pas, aroma rendang nya, ditambah sambel ijo beuh nendang emoticon-Embarrassment
klo makan padang nasinya habis duluan, berarti masakannya uendanggg
emoticon-Ngakak (S)
asin itu gurih pak
selera mah beda beda...kalo disini keasinan ya tinggal pindah kesono...
makanan padang ini kayaknya dari sabang sampe merauke ada dimana mana..

Masakan padang standar sni itu macam gmana? emoticon-Ngakak

Udah kayak helm aja
mecin mecin dan mecin emoticon-Toastemoticon-Traveller