alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57c04287dac13e5c0c8b4567/eczema-dermatitis-atopik-survivor-kita-sharing-skincare-yuk
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
Eksim atau dermatitis atopik adalah salah satu jenis penyakit kulit yang tidak mengenal umur penderitanya. Bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa bisa terhinggapi penyakit ini. Peradangan kulit yang menyebabkan rasa gatal disertai sisik di kulit hingga kemerahan bahkan iritasi tentu sangat mengganggu penderitanya. Penyakit jangka panjang ini umumnya menyerang penderita asma yang memiliki alergi tertentu sehingga apabila alergen melakukan kontak dengan tubuh penderita, akan muncul gejala di atas. Dermatitis atopik cenderung bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan , melainkan dicegah agar tidak kambuh dan itu merupakan hal yang lumayan sulit mengingat pemicunya sangat mudah ditemui di sekitar kita. Saya kasih gambar satu aja ya soalnya takut agak disturbing.

ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!

Saya sebagai salah satu eczema survivor selama hampir 20 tahun ini (alias dari lahir) memang memiliki riwayat penyakit asma yang lumayan sering kambuh dan alergi kulit yang parah. ALHASIL seumur hidup saya struggle banget mulai dari pake produk ini itu, hingga bulak-balik dokter bisa 10 kali selama setahun. Jujur saya stress banget dan mulai bisa bangkit dari rasa malu atas kondisi saya ini ternyata gak cuma saya yang alami, tapi banyak juga forum penderita eksim di media sosial yang saling menguatkan satu sama lain. Kebayang ga sih harus terus menerus maintain keadaan kulit seumur hidup alias gabisa pake produk sembarangan bahkan cenderung mahal banget huhuhu.

Maka dari itu, ayo kita sharing sista! Berikut adalah hal-hal yang selalu saya lakukan agar eksim saya gak kambuh (meski kalo udah waktunya kambuh ya kambuh aja) :


1. HINDARI ALERGEN (pemicu keluarnya alergi).

Buat kita yang punya alergi memang harus hati-hati banget agar gak kontak langsung dengan alergen. Tapi, saya pribadi mulai terapi biar tubuh gak 'manja' kalau kena alergen tersebut. Umumnya alergen berupa makanan seperti seafood, coklat, telur, daging ayam (protein tinggi hewani), debu, bahan pakaian kasar atau yang tidak menyerap keringat, cuaca ekstrim (dingin ke panas secara cepat), detergen, parfume, paraben, alkohol, dll.

2. ATUR MAKANAN DAN MINUMAN YANG MASUK DALAM TUBUH

Ya seperti poin diatas, hindari alergen.

3. PAKAI PRODUK SENSITIVE FRIENDLY (SKINCARE, PAKAIAN, MAKEUP, DLL)

Yang kaya gimana yang sensitive friendly? Tentu adalah produk-produk sehari-hari yang dibuat khusus untuk penderita kulit sensitive seperti kita, khususnya yang memiliki riwayat eksim. Berikut adalah produk yang saya pake sehari-hari :

- Hada Labo Gokujyun Series
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
Produk ini super duper cocok banget buat saya !!!! LOVE BANGET. Kaya akan hyaluronic acid, paraben free, parfume free dan alkohol free gaakan bikin kulit kita iritasi bahkan cenderung glowing.

- Skin Aqua
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
Satu naungan di bawah Rohto seperti Hada Labo, merk ini sensitive friendly dan produknya dilengkapi dengan SPF yang akan menjaga kita dari sengatan matahari.

- Zwitsal
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
Tidak perlu diragukan lagi, baby products are the best untuk pemilik kulit sensitive.

- Cetaphil
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
Produk ini sangat familiar di kalangan pemilik kulit sensitive, meskipun agak pricey tapi kualitas gak pernah bohong.

- Physiogel
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
Produk ini jempol banget deh. Hypollergenic, gak bikin gatel dan isinya banyak banget jadi lumayan hemat meski harganya mirip-mirip Cetaphil.

- Vaseline Pure Petroleum Jelly
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
Meski produk ini sempet kontroversial karena pengumuman pelarangan beredarnya, tapi emang manjur banget buat melembabkan kulit yang kering. Saya pake versi dari UEA, agak kurang ngerti juga sih kenapa dilarangnya cuma kalau mau beli di online shop hati-hati aja ya sista harus selalu teliti soal keasliannya.

- Produk Alami Lokal Asli Indonesia
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!
ECZEMA (DERMATITIS ATOPIK) SURVIVOR KITA SHARING SKINCARE YUK!

Produk asli Indonesia umumnya natural dan tidak banyak memakai zat tambahan yang berbahaya, maka untuk perawatan kecantikan saya selalu kembali ke produk lokal seperti Purbasari, Sariayu, Bali Ratih, dll.


Nah, untuk makeup jujur saya masih takut sampai sekarang karena kalau sudah kambuh bentuk muka gak karuan. Maka dari itu saya jarang pakai makeup, sekedar eyeshadow, mascara dan lipstick. Untuk sista yang punya rekomendasi produk makeup sensitive friendly ayo sharing bareng-bareng yaaa. emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Shakehand2


Wahhh ternyataaa ada juga fighter dermatitis atopik seperti ane 😭

Hai sis, salam kenal sebelumnya. Ane juga mempunyai riwayat asma dan alergi turunan dari eyang. Asma ane dulu parah tapi sekarang sudah lumayan berkurang, hanya kalau flu menderitanya bukan main, karena asma kambuh.

Nah ngomong-ngomong tentang dermatitis, ane mempunyai 2 jenis dermatitis, yang pertama sama seperti dirimu, dermatitis atopik, dan satu lagi dermatitis seboroik di kulit kepala. Malu siissst, apalagi kalau creambath di salon, pasti orang salonnya nanya, "ketombean ya mbak? Kok parah gini?" Huhu. Makanya sampe sekarang jarang nyalon kalau ga bener2 bersih tu kulit kepala. Kalau dermatitis atopik, ane sendiri pindah2. Kadang di lipatan lengan, yang di lipatan lengan sudah sembuh, dan sekarang di kaki emoticon-Frown penyebabnya gara2 kulit kering, digigit nyamuk dan ane garuk. Jadilah parah..

Untuk skin treatment yang dermatitis atopik biasanya dulu ane pakai sebamed sist, tapi sekarang pindah ke Moogoo. Maaf ga bisa tampilin gambarnya karena ane pakai hp. Tapi bisa coba disearch moogoo buatan australia. Lumayan efektif di ane. Untuk pengobatannya, ane pakai salep elocon dicampur biocream, perbandingannya elocon 1, biocream setengah.

Pengobatan dermatitis seboroik di kepala ane juga pakai elocon campur biocream, lalu ane selalu creambath sendiri kalau ga dicreambathin suami, itu mencegah dermatitis seboroik muncul, tp kadang kalau ane stress ya muncul kapan aja hehehe..

Sekarang ane masih berjuang nyembuhin yang di kaki, yang di kepala sih lumayan walo hilang-muncul terus..

Yaah sekian dulu curhat dr ane. Untuk para pejuang, kita wanita tangguh emoticon-Smilie walau ga mungkin sembuh tapi bisa diatasi, bersabar dan tetap diobati yaa...