alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57c03810de2cf244128b4568/ask-kewajiban-lelaki-antara-menafkahi-istri-amp-orang-tua-fakta-yg-terjadi-sprti-ap
[ASK] Kewajiban lelaki antara menafkahi istri & orang tua. Fakta yg terjadi sprti ap?
Mau tanya gan, klo dalam Islam itu kan Lelaki memiliki kewajiban menafkahi istri. Krn hak istri terputus dari orang tuanya & berpindah kepada suaminya.
Tapi di sisi lain, lelaki (suami) juga msh memiliki kewajiban terhadap orang tuanya/keluarganya.

Berdasarkan yg sdh pengalaman, seperti apa gan yg terjadi?
Apa solusi2 dari masalah yg muncul?
adil antara istri dan ortu.. adil bukan berarti sama besar ya.. tp lihat porsi kebutuhan masing2..
misal ortu kan tinggal berdua atau sendiri, dibanding istri plus anak2..
jd gak sama besar..

misal gaji 5juta.. kasih ortu 1jt.. 3jt buat rumah tangga.. 500rb pegangan istri, 500rb pegangan suami..

kalo ikhlas ngasih ortu, ntar penghasilannya naik sendiri.. percaya deh..

tp ada jg tipe ortu yg morotin anaknya. itu sih tergantung gimana suami menyikapi.
mau diladenin semua kemauan ortu, atau cukup dikasih semampunya..

saya istri, irt..
penghasilan suami dibagi 3.. utk keluarganya (ortu, adik2, kakak) sisanya utk rumah tangga..
saya sih asyik2 aja. krn kami jg gak konsumtif & kalo saya minta apa2 jg selalu dikasih.. ortu saya jg kalo butuh uang, ke saya jg..
rejeki jg alhamdulillah makin baik setelah rutin ngasih keluarga..

Adil ketiga pihak.. keluarga suami.. keluarga istri dan istri+anak

Bener kata ummu di atas.. adil ga brrt sama

Dirundingkan dgn pasangan sebaiknya pembagiannya bagaimana.

Jangan cm egois ama ortu sendiri.. tetap juga beri ke mertua. kalau ga gitu.. para ortu yg anaknya semua perempuan gimana nasibnya?

Jd makanya dipikir baik2 kalau mau usaha.. jangan sampai ketiga pihak itu terdzalimi krn ga dpt nafkah.
Solusinya mapan dl secara ekonomi baru mikirin nikah

Jangan dibalik nikah dl baru mikir gimana caranya ngidupin anak orang

Mapan bukan berarti kaya, tapi secara ekonomi cukup lah untuk dibagi2 antara kebutuhan keluarga dan memberikan kepada orang tua

Rundingin bersama. Ga harus sama besar. dicek mana yg lebih butuh.

Kdg bantuan sama ortu ga harus berupa materi. Bs jg jasa macem bantu2 nukang, anter2 pas dibutuhkan, ngajak jalan, itu dah bikin ortu senang.
Cari suami yg bener dikit, yang keluarganya ga minta2 duit.
klo ortu/mertua enggak bkerja mmg hrus diberi nafkah, tetapi setelah kebutuhan istri,anak n keperluan rumh tangga terpenuhi.

klo ortu/mertua memiliki pghasilan, ya ga usa dikasi dlm bntuk uang,tpi dlm bentuk perhatian sprti makanan, rekreasi bersama dll.

idealnya sperti itu heheheee
syangnya kehdupan nyata ane ga gtu hehehee
yang pasti, sebelum nikah, kasitau dulu ke calon tiap bulan lo mau ngasih ke ortu berapa, gaji lo berapa, uang yg boleh dipegang istri untuk kebutuhan RT berapa, dan uang jajan untuk istri ( Dan ngasih ke ortu istri) berapa kalo istri ga kerja.

jangan calon Taunya gaji lo 20jt, dia udah ngarep kalo nikah bakal hidup berkecukupan. tapi ga tau kalo tiap bulan lo ngasi ortu 5jt, terus dia jadi ngerasa hidup pas2an, bete ke mertua, dll dsb.

intinya masalah keuangan itu harus dibicarain di depan. jangan kalo udah nikah.
Quote:Original Posted By ortillo
Cari suami yg bener dikit, yang keluarganya ga minta2 duit.

klo di balik keluarga istri yg mnta uang k suaminy gmna?

Quote:Original Posted By mamat3ng

klo di balik keluarga istri yg mnta uang k suaminy gmna?



Ya sama lah gan.
ane kagak pernah ngasih ortu duit. ortu ane berprinsip pantang meminta uang dari anak. pernah ane kasih, tp ditolak. alhasil ane kagak pernah beri ortu atau mertua uang.

ane kasih mesin cuci, kompor dll atau barang2 yg sekiranya dirumah ortu sudah usang atau rusak. tidak tiap bulan, mungkin setahun sekali.

prinsip ortu ane bakal ane pegang kelak kalau ane tua. kagak bakal ane minta sepeserpun dari anak. istri ane jg berprinsip sperti itu. ane siapin dana pensiun supaya kelak kagak perlu minta ke anak kalau udah ga produktif.

nafkah istri, kbetulan ane tinggal di desa. ane kasih 50 ribu tiap hari. buat belanja sayur/lauk aja karena beras dikasih ortu/mertua ketika panen. ditambah 500 rb perbulan buat beli bedak/baju/tas. diluar itu ane yg tanggung (dana pensiun, cicilan rumah-mobil, pulsa,listrik, kebutuhan anak, sampo, perlengkapan mencuci-kamarmandi dll). cukup kagak cukup harus dicukup2kan. dgn gaji ane yg pas pasan, ane sangat terbantu dgn pengertian dr istri. dia tak banyak menuntut (karena tahu kondisi keuangan ane)

sisa ane tabung buat rekreasi/kasih barang ke ortu. rekreasi keluarga setahun paling dua kali.
masalah klasik yang sulit bagi kebanyakan pasangan tapi kalau ane sech pilih istri dan anak dulu
Quote:Original Posted By ummu.zatsa
adil antara istri dan ortu.. adil bukan berarti sama besar ya.. tp lihat porsi kebutuhan masing2..
misal ortu kan tinggal berdua atau sendiri, dibanding istri plus anak2..
jd gak sama besar..

misal gaji 5juta.. kasih ortu 1jt.. 3jt buat rumah tangga.. 500rb pegangan istri, 500rb pegangan suami..

kalo ikhlas ngasih ortu, ntar penghasilannya naik sendiri.. percaya deh..

tp ada jg tipe ortu yg morotin anaknya. itu sih tergantung gimana suami menyikapi.
mau diladenin semua kemauan ortu, atau cukup dikasih semampunya..

saya istri, irt..
penghasilan suami dibagi 3.. utk keluarganya (ortu, adik2, kakak) sisanya utk rumah tangga..
saya sih asyik2 aja. krn kami jg gak konsumtif & kalo saya minta apa2 jg selalu dikasih.. ortu saya jg kalo butuh uang, ke saya jg..
rejeki jg alhamdulillah makin baik setelah rutin ngasih keluarga..



Makasih aganwati..
Mba, jwbn ini menentramkan, hmmm...OK deh. Thanks.
Aku share pengalamanku sedikit ya Gan/Sist...

Anak laki2 tetap bertanggung jawab kepada orang tua setelah menikah...

Suamiku anak pertama dan tulang punggung keluarga, akupun anak tunggal perempuan dari mamaku yg seorang janda... Dan suami ngelarang aku bekerja dan pengen aku jadi ibu rumah tangga aja...
Nah lo... Dengan gaji karyawan biasa... Alhamdulillah yang kita rasain, matematika Allah berbeda dengan matematika manusia... Kalo kita sayang orangtua, Allah pasti mencukupkan bahkan melebihkan rezeki kita... Ada aja dari sana sini penghasilan tambahan sehingga kita tetap bisa ngasih ke orangtua dan mertua setiap bulannya... dan hidup kita bahagia walaupun sederhana karena kita tetap bisa membantu orangtua... emoticon-Smilie

Jangan takut kekurangan rezeki ya Gan... Do'a orang tua terutama Ibu itu menggetarkan Arsy Allah...

Jadi sebisa mungkin ketika dapet rezeki komunikasikan dengan istri untuk ngasih ke orang tua...

Selagi mereka masih ada...

Sakit hati kalo udah nggak ada...
saya share pengalaman saya

mending di rundingkan gan, dan di lihat mana yang lebih prioritas,
contoh fakta yang pernah saya alami

pasang surut ekonomi dalam kehidupan, waktu itu duit lagi pas²an, jadi pendapatan hanya cukup untuk
-> bayar cicilan rumah
-> isi dapur
-> duit pegangan cuma ga seberapa

kemudian istri mengingatkan untuk membayar cicilan mobil dia ( waktu itu saya bilang ke dia ) yaudah ntar di tunggak dulu aja .
tiba² ada kebutuhan mendesak lagi, ( adik kandung ) butuh duit untuk biaya kuliah dan ngedadak orang tua saya melimpahkan masalah ginian ke saya ( awal nya saya marah, karena emang mendadak disaat duit nge pas emoticon-Amazed )
karena saya merasa iba terhadap adik saya ( dia cewe ) saya tau dia waktu masih ingusan nya, saya fikirkan untuk jual kendaraan motor ( minus harta rumah tangga yang di peroleh dari hasil berdua )

tapi apa coba imbas nya ?
sifat istri berubah sampai 3 bulan emoticon-Hammer ( dari aga acuh, terus lebih sering pulang ke rumah orang tua dia ) saya sih ok² aja kalau cuma mampir tapi kalau udah curhat kesana kesini emoticon-Hammer kadang saya jadi kikuk saat jemput di rumah mertua.emoticon-Nohope
saat di diskusikan masalahnya, dia berfikir kalau saya udah ga mentingin dia lagi emoticon-Takut (S) ( buat adik saya di bela²in. tapi buat bayar cicilan aja susah )
waktu itu masih nge tren hp bb bold
tiap saya baca status nya nyindir² saya emoticon-Hammer

intinya mending kalau ada apa² di diskusi'in aja dulu gan, jangan ambil keputusan secara langsung, untuk menghindari kesalah pahaman.
Cari yg mapan deh kalo gituh yang kemampuan finansialnya bisa buat hidupin Istri dan Ngasih orang tuanya

Makanya kalo nikah itu harus seimbang antar Nyaman dan Mapan
Quote:Original Posted By ortillo
Cari suami yg bener dikit, yang keluarganya ga minta2 duit.


saran paling bijak menurut gw, cari suami dan istri yang keluarganya ngga minta2 duit...that's it. Jadi murni penghasilan buat RT.
Yang membuat kekurangan adalah pola hidup. . Seberapa besar pun pendapatan jika konsumtif, tidak akan pernah cukup. .

Seorang suami berkewajiban memberi nafkah istrinya, juga memberi kepada orang tua nya.
Kalau istri berkeberatan ketika suami nya membantu/memberi kepada orang tua nya itu adalah hal yang salahh menurut saya. ..
Quote:Original Posted By mas.jahat
saya share pengalaman saya

mending di rundingkan gan, dan di lihat mana yang lebih prioritas,
contoh fakta yang pernah saya alami

pasang surut ekonomi dalam kehidupan, waktu itu duit lagi pas²an, jadi pendapatan hanya cukup untuk
-> bayar cicilan rumah
-> isi dapur
-> duit pegangan cuma ga seberapa

kemudian istri mengingatkan untuk membayar cicilan mobil dia ( waktu itu saya bilang ke dia ) yaudah ntar di tunggak dulu aja .
tiba² ada kebutuhan mendesak lagi, ( adik kandung ) butuh duit untuk biaya kuliah dan ngedadak orang tua saya melimpahkan masalah ginian ke saya ( awal nya saya marah, karena emang mendadak disaat duit nge pas emoticon-Amazed )
karena saya merasa iba terhadap adik saya ( dia cewe ) saya tau dia waktu masih ingusan nya, saya fikirkan untuk jual kendaraan motor ( minus harta rumah tangga yang di peroleh dari hasil berdua )

tapi apa coba imbas nya ?
sifat istri berubah sampai 3 bulan emoticon-Hammer ( dari aga acuh, terus lebih sering pulang ke rumah orang tua dia ) saya sih ok² aja kalau cuma mampir tapi kalau udah curhat kesana kesini emoticon-Hammer kadang saya jadi kikuk saat jemput di rumah mertua.emoticon-Nohope
saat di diskusikan masalahnya, dia berfikir kalau saya udah ga mentingin dia lagi emoticon-Takut (S) ( buat adik saya di bela²in. tapi buat bayar cicilan aja susah )
waktu itu masih nge tren hp bb bold
tiap saya baca status nya nyindir² saya emoticon-Hammer

intinya mending kalau ada apa² di diskusi'in aja dulu gan, jangan ambil keputusan secara langsung, untuk menghindari kesalah pahaman.



kok kita ketemu disini ya om emoticon-Amazed


wew luarr binasaaaa pengorbanan seorang kakak emoticon-angel
Quote:Original Posted By mussup



kok kita ketemu disini ya om emoticon-Amazed


wew luarr binasaaaa pengorbanan seorang kakak emoticon-angel


wiii kamu main ke #193 juga ternyata emoticon-Ngacir