alexa-tracking

(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57c036cf1854f7c3478b4568/pesona-indonesia-reptil-terbesar-dan-terpanjang-ternyata-ada-di-indonesia
icon-hot-thread
(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia
BISMILAHHIRRAHMANNIRAHIM

Jika afrika memiliki mamalia darat terbesar di dunia seperti gajah badak kudanil, sedangkan indonesia memiliki reptil terbesar dan terpanjang di dunia bahkan menjadi pusat dari reptil terbesar dan terpanjang dari tingkat ordo, meskipun penyebaran reptil2 tersebut di negara tetangga bahkan jauh dari indonesia, tapi ada 1 hewan anggota reptil yang cuma ada di indonesia. Reptil atau reptilia terbagi dari beberapa ordo seperti kadal (lacertilia) ular (serpentes) kura2/penyu (chelonia) dan buaya (crocodylia). untuk itu kita bahas

A TERBESAR
(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia
1 Komodo
Komodo (Varanus komodoensis) lebih dikenal sebagai biawak komodo dalam bahasa inggris komodo dragon merupakan kadal (lacertilia) terbesar di dunia penyebaran di pulau komodo rinca dan padar yang dikenal sebagai taman nasional komodo, dengan panjang rata2 2-3m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan2 tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup, komodo merupakan hewan endemik indonesia cuma ada di 3 pulau tersebut itu sebabnya indonsia jadi pusat reptil besar didunia, komodo membunuh mangsa dengan menggigit mangsa dengan rahang dan gigi yang tajam serta air liur yang mengandung bakteri tapi belum lama ini sebuah penelitian menunjukan bahwa komodo berbisa sama seperti ular. selain kadal terbesar di dunia itu berarti komodo adalah hewan darat berbisa terbesar di dunia.
(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia
2 Buaya Muara
Buaya muara (Crocodylus porosus) lebih dikenal sebagai buaya air asin buaya air payau buaya laut dalam bahasa inggris saltwater crocodile merupakan buaya (crocodylia) sekaligus reptil terbesar didunia lebih besar dari buaya nil di afrika dengan panjang rata2 4-5m penyebarannya mulai dari india bagian timur filipina sampai australia indonesia salahsatunya hampir seluruh indonesia kecuali bali dan nusa tenggara terdapat buaya ini tapi untuk di jawa sudah jarang ditemukan, habitat buaya ini mulai dari muara hilir sungai danau rawa2 pantai bahkan laut lepas, makanan berupa ikan katak kadal ular burung sampai mamalia besar, belum lama ini di filipina ditemukan buaya muara terbesar sepanjang 6m dan berat lebih dari 1 ton, tapi buaya besar seperti itu kebanyakan ditemukan di australia terutama di suatu tempat yang bernama billabong, di indonesia buaya muara terbesar ada di suatu penangkaran ane lupa namanya.
(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia
3 Penyu Belimbing
Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dalam bahasa inggris leatherback sea turtle merupakan kura2/penyu (chelonia) terbesar didunia lebih besar daripada kura2 galapagos dan juga merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya, hewan ini bisa mudah diidentifikasi dari tempurungnya yang berbentuk seperti garis2 pada buah belimbing. dengan berat mencapai 700kg bahkan sempat beredar rumor berat penyu ini mencapai lebih dari 1ton lebih berat dari buaya muara terbesar waktu itu karena kepadatan tempurungnya dan menjadi reptil terberat didunia, penyebarannya meliputi perairan/lautan tropis dunia indonesia salahsatunya, di indonesia hewan ini sering ditemukan mulai dari perairan raja ampat sampai perairan nusa tenggara di perairan sekitar jawa sumatera kalimantan sudah jarang ditemukan, makanan berupa ikan tanaman laut ubur2 dan kepiting.

B TERPANJANG
(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia
Sanca Kembang
Sanca kembang (Python reticulatus) dalam bahasa inggris reticulated python merupakan ular terpanjang didunia otomatis mejadi reptil terpanjang didunia dengan panjang mencapai 10m lebih panjang dari anaconda di amerika selatan hanya saja anaconda tubuhnya lebih tebal dan padat sehingga menjadi ular terbesar didunia dengan panjang mencapai 8-9m, penyebaran ular ini mulai dari india bagian timur sampai indonesia dengan habitat mulai dari hutan rawa tepi sungai gua tak jarang masuk ke pemukiman penduduk, ular sanca kembang tepanjang pernah ditemukan di sulawesi sampai pernah ada acara film dokumenternya, ane pernah nonton tapi lupa nama acaranya, setelah diukur panjang ular itu -+10m dan ditemukan di sebuah gua, ular ini membunuh dengan cara membelit mangsanya, semakin meronta mangsanya semakin kuat belitannya, mangsa ular ini berupa hewan sekecil tokek sampai sebasar kambing, pernah ditemukan ular sanca yang memangsa kambing dan babi hutan, terkadang mati karena mangsanya terlalu besar dan perutnya tidak bisa menampung.

Masih ada lagi reptil berukuran besar yang ada di indonesia seperti ular king kobra merupakan ular berbisa terbesar didunia, biawak air atau biawak salvator merupakan kadal terbesar kedua didunia setelah komodo, dan juga reptil unik seperti buaya senyulong dikenal sebagai gharial palsu buaya dengan moncong seperti sumpit yang hanya makan ikan dan hewan kecil dan masih banyak lagi.
biawak air/salvator
(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia
ular king cobra
(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia
buaya senyulong
(Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia

catatan kaki : wikipedia

dan inilah trit dari ane meskipun ada yang copas dari wikipedia tapi ane cuma menshare pesona alam indonesia yang belum diketahui
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

demikian trit dari ane maaf jika ada kesalahan tulian dan kalimat
mantap emoticon-I Love Indonesia
indo punya ya ini emoticon-Wow
pulau komodo kapan kapan gua pengen bgt kesana bray mamen (Pesona Indonesia) Reptil terbesar dan terpanjang ternyata ada di Indonesia
sip..
Bram nagas mana nih
wah indonesia punya panjang panjang yah bree emoticon-Leh Uga
buaya darat kaga masuk bray? emoticon-Cool
Ngeri2 yak
Tetangga gw janda buntutnya panjang bray

Lu jangan mewek depan gw dah

Ah elah
kaga takut cuy gue sama tuh reptil suruh ribut aja atu atu sama gue emoticon-Marah
wih king cobra juga ada di indonesia ya bray emoticon-Takut



bawah ane demen kalo ular celananya dipegang mahoemoticon-Cool
buaya nya ngeriemoticon-Takut
indo kaya akan fauna jon emoticon-Big Grin
Opo kuwi cuk emoticon-Cool
Komodo kan masih keturunan dinosaurus gan
pantat terbesar juga ada gan.. di gedung dpr
udah tau gan
Komodo paling gede gan
gemboked emoticon-Hai