alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57c0137212e257eb698b4568/cara-unik-siswa-jis-dalam-merayakan-kemerdekaan-indonesia
Smile 
Cara Unik Siswa JIS Dalam Merayakan Kemerdekaan Indonesia
Beberapa waktu lalu Gan, karena masih dalam masa libur semester kuliah ane diajak oleh tante ane yang kebetulan salah satu karyawan di Jakarta Intercultural School (JIS) untuk ikut ke tempat kerjanya. Ane emang udah beberapa kali kesana buat bantu-bantu tante ane atau sekedar duduk-duduk di halaman sekolahnya yang asik banget. Nah kali ini ane dateng tanggal 19 Agustus kemarin. Jadi pas ane dateng nih Gan, ternyata beberapa ruangan di sana juga ada yang didekor meriah merah putih. Beberapa diantara mereka mau orang Indonesia asli atau bule-bule juga pakai baju merah putih gitu gan. Jadi euforia kemerdekaan terasa pula di sekolah internasional ini.

Setelah ane kepo juga ternyata, anak-anak Jakarta Intercultural School mempunyai pelajaran seputar negara Indonesia. Pelajarannya-pun ga cuma satu subject Gan, ada yang seputar bahasa, kewarganegaraan, budaya atau sejarah. Senang ya dengarnya, sekolah internasional tapi sangat sadar dengan keberadaan mereka di Indonesia sehingga mengedukasi anak-anaknya untuk memahami negara Indonesia. Nah hari itu ane pas banget karena di pelajaran Indonesia sedang diadakan kegiatan di luar kelas untuk merayakan kemerdekaan.

Memang selama minggu kemarin negara kita sedang merayakan kemerdekaan Indonesia, JIS juga mengadakan sejumlah kegiatan yang melibatkan siswanya untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang umumnya dilakukan oleh warga Indonesia. Ane berkesempatan untuk melihat salah satu kegiatan nih Gan, yang dilakukan oleh siswa-siswa JIS untuk yang tingkat High School. Ya umuran-umuran anak-anak remaja ya Gan. Sebelum ane ceritain pengalaman ane menyaksikan kegiatan tersebut, perlu nih ane ingatkan mereka remaja-remaja bule yang notabene-nya bukan anak-anak Indonesia aseli lho, Gan. Tapi ane berani sebut kalau mereka juga ga kalah nasionalismenya untuk Indonesia seperti kita.

Jadi kegiatan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh siswa-siswa High School ini disiapkan oleh JIS High School Indonesian Club. Mereka melakukan kegiatan ini di jam pelajaran bahasa Indonesia selama kurang lebih 90 menit. Sebelum ane jelasin lebih lanjut ke acaranya, perlu diketahui nih Gan, untuk urusan waktu kegiatan-kegiatan di luar jam pelajaran JIS cukup ketat dan gamau kalo sampe jam pelajaran siswa-siswanya kepotong dan terganggu. Itu makanya perayaan kemerdekaan Indonesia ini dilakukannya selama pelajaran Indonesia.

Balik ke acaranya ya Gan, jadi pertama-tama anak-anak dikumpulkan ke dalam ruangan teater yang cukup besar. Gede banget Gan ruangannya, bener-bener kayak bioskop gitu hehehe. Di depannya terdapat panggung sedang dengan mimbar dan layar di belakangnya. Speaker yang terdapat di ruangan juga sangat bagus dan jernih. Kemudian acara dibuka oleh salah satu guru yang kemudian mempersilahkan Indonesia club melanjutkan acaranya. Selama kurang lebih durasi 20 menit, mereka mengadakan beberapa sesi acara yang sungguh menggugah semangat kemerdekaan Indonesia. Meskipun dibawakan dengan bahasa Inggris tetapi tetap suasana yang mereka bangun sungguh tertib dan mengikuti setiap kata-kata yang dibawakan oleh perwakilan dari Indonesian club tersebut. Lagu Indonesia Raya dilantunkan untuk membuka acara. Mereka mengajak setiap siswa, guru, karyawan serta staf Indonesia untuk maju dan berdiri di panggung untuk menyanyi bersama. Waktu menyanyikan lagu Indonesia Raya ane pikir ya anak-anak bule ini ya nonton aja gitu. Tapi ternyata mereka ikut nyanyi Gan! Ane lihat mereka juga cuap-cuap menyanyikan Indonesia Raya sambil baca teksnya yang dipajang di layar panggung. Antara bangga sambil lucu juga melihat mereka menyanyikan Indonesia Raya ya Gan. Sambil ikutan nyanyi ane juga ga sadar senyum-senyum melihat semangat anak-anak bule ini. Terdapat pula salah satu perwakilan dari club tersebut yang berpidato dan membawakan setiap kata-katanya dengan bahasa Indonesia. Di dalam pidatonya, ia mem-flashback perjuangan para pahlawan saat berjuang dalam meraih kemerdekaan serta mengajak teman-temannya untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk bersatu dalam perbedaan, menjaga setiap kekayaan Indonesia, serta memajukan dan membawa nama Indonesia untuk selalu baik di Dunia. Kemudian acara ditutup dengan video yang dibuat khusus oleh Indonesian club mengenai semangat serta kebanggan akan Indonesia. Saat acara ditutup, tepuk tangan dari siswa yang menonton sungguh meriah dan riuh menutup acara di ruangan teater tersebut. Menurut ane kegiatan tersebut dapet dua keuntungan dari waktu yang singkat, kebersamaan untuk berkumpul bersama serta mengedukasi para siswa akan arti kemerdekaan Indonesia.

Setelah rangkaian acara singkat namun penuh dengan makna tersebut mereka mengajak para siswa serta guru-guru untuk keluar dari ruangan teater dan berkumpul bersama di salah satu kawasan di sekolah mereka yang terdapat air mancur dengan patung naga, lambang dari sekolah JIS. Dengan sisa waktu pelajaran yang ada, disana anak-anak Indonesian club menjual macam-macam makanan khas Indonesia yang kemudian dijual dengan harga murah.

Itu Gan pengalaman ane melihat perayaan kemerdekaan di JIS, salah satu sekolah internasional di Jakarta. Semoga menggugah ya emoticon-Smilie
mantap emoticon-I Love Indonesia
baca duluemoticon-Cool
Pertamax kah...?
sip...
ntar ane nyimak dulu emoticon-Cool
Quote:Original Posted By nagie
baca duluemoticon-Cool


Quote:Original Posted By frankfreak
ntar ane nyimak dulu emoticon-Cool


ane juga emoticon-Cool
Quote:Original Posted By semprot.crooot




ane juga emoticon-Cool


dah bebas brehemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By nagie
dah bebas brehemoticon-Leh Uga


udah lah emoticon-Cool

oh ya kenalkan si penjilat laknat
Cara Unik Siswa JIS Dalam Merayakan Kemerdekaan Indonesia
Mbuh emoticon-Cool
Quote:Original Posted By semprot.crooot




ane juga emoticon-Cool


Cepet amat masa bakti ente om
picnya gan mana
Quote:Original Posted By frankfreak
Cepet amat masa bakti ente om


momod ternyata sayang sama ane brayemoticon-Cool
Koran sore ini emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By iyan.raambo123
Koran sore ini emoticon-Ngacir


ane lupa .. jadi ane musti blz ape? emoticon-Cool
Quote:Original Posted By cimakcimik


ane lupa .. jadi ane musti blz ape? emoticon-Cool


bales APA? kamsudnya?
Merdeka dengan aneka makanan indonesia juga ya gan, keren. Harusnya kasih ke fakir miskin juga gan..
ane cinta Indonesia
emoticon-Cool
kata Jis jd ke inget kasus yg ntu emoticon-Turut Berduka
gemboxed