alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfe9be642eb629418b4569/topi-adat-batak-presiden-jokowi-di-balige-ternyata-keliru
Topi Adat Batak Presiden Jokowi di Balige Ternyata Keliru
Topi Adat Batak Presiden Jokowi di Balige Ternyata Keliru
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo menggunakan pakaian adat Batak menyapa warga ketika tiba di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, 21 Agustus 2016. ANTARA/Septianda Perdana



TEMPO.CO, Medan - Penyematan perangkat adat Batak yang terdiri atas talitali ikat kepala atau topi khas Batak serta ulos dan tongkat untuk Presiden Joko Widodo saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba Samosir, pada Ahad, 21 Agustus 2016, dinilai keliru.

Tokoh masyarakat Kabupaten Samosir, Wilmar Simanjorang, mengatakan talitali atau topi khas Batak yang dipakai Jokowi sama sekali bukan yang biasa digunakan Raja Batak. Menurut Simanjorang, talitali yang dipakai Jokowi adalah hasil kreasi kontemporer.

"Talitali atau topi khas Batak yang dipakai Jokowi memang tidak lazim," kata Simanjorang kepada Tempo, Kamis, 25 Agustus 2016. Simanjorang menduga, yang mengusulkan menggunakan model talitali yang dipakai Jokowi saat acara karnaval di Balige bukan kesepakatan raja adat tujuh daerah di kawasan Danau Toba.

Menurut Simanjorang yang pernah menjabat Bupati Kabupaten Samosir, tak sembarang orang boleh memakaikan talitali kepada seorang raja. Jadi ada dua kesalahan. Pertama, talitali atau topi Batak yang dikenakan Jokowi tidak lazim dipakai orang terhormat, atau tamu atau pemimpin besar seperti Presiden.

"Kedua, yang memakaikan talitali ke kepala Jokowi juga harus raja adat dan usianya lebih tua dari Jokowi dan punya wibawa," tutur Simanjorang.

Simanjorang juga mengkritik tongkat yang diserahkan kepada Jokowi saat berkunjung ke Pulau Samosir. Menurut Simanjorang, tongkat Batak ada dua jenis, yakni Balahat Raja, tongkat untuk raja; dan Tunggal Panaluan, tongkat untuk panglima perang.

"Yang dipakai Presiden di Pulau Samosir itu sepertinya bukan tongkat Balahat Raja melainkan Tunggal Panaluan. Kepada seorang raja atau Presiden seharusnya diberikan Balahat Raja." ujar Simanjorang.

Serupa seperti talitali, katanya, kekeliruan pemberian tongkat itu terjadi karena panitia penyambutan Jokowi tak melibatkan raja adat tujuh di daerah kawasan Danau Toba.

Dari perangkat kebesaran adat Batak yang dipakai Jokowi, Simanjorang menilai hanya ulos yang tepat. Presiden Jokowi mengenakan ulos Ragidup Sirara yang biasa diberikan untuk kaum bapak atau pribadi terhormat atau para raja.

Sedangkan Ibu Negara Iriana mengenakan Ulos Tumtuman, yakni ulos dengan motif yang sangat langka dan digunakan kaum ibu. "Kalau ulos yang dipakai Jokowi dan Ibu Negara saya nilai tepat," kata Simanjorang.

Tokoh masyarakat Karo, profesor Meneth Ginting, menilai kehadiran Jokowi ke wilayah Danau Toba yang seharusnya mempersatukan subetnis Batak, termasuk Karo, justru belum tercapai. Penyebabnya, kata Ginting, tokoh-tokoh adat Karo tidak dilibatkan dalam pertemuan penyambutan Jokowi.

"Jadi saya bisa memahami kenapa ada pro dan kontra saat Jokowi mengenakan pakaian adat. Idealnya memang tokoh adat tujuh daerah dan subetnis Batak diajak bicara," kata Ginting kepada Tempo.

Namun yang terpenting, kata guru besar Universitas Sumatera Utara itu, kehadiran Jokowi untuk menghidupkan kembali wisata Danau Toba harus didukung. "Tapi kami warga Karo berharap jika pun Danau Toba jadi tempat wisata kelas dunia, harus tetap memperhatikan kelestarian alam dan norma-norma adat. Wisatalah yang menyesuaikan diri dengan ekosistem. Bukan ekosistem dipaksa berganti demi wisatawan," ujar Ginting.


https://nasional.tempo.co/read/news/...ernyata-keliru
keliru bukan berarti boleh diolok2 kan?

emoticon-Cool



bawahnya bawah ane mahokkkk emoticon-Najis
Bajunya keliru gak. emoticon-Big Grin
atas ane emoticon-Betty


oh jadi keliru toh?
karungin aja disainernya... banyak alibi doang bisanya emoticon-Mad
telat pak, seharusnya pas lagi disana ngingetinnya emoticon-Frown
nasi udah jadi bubur, tinggal kecapin, kasih kerupuk, kacang sama suir2 daging ayam plus sambel cabe biar enak emoticon-Big Grin
Ini tim yg nyiapin semuanya emang niat bikin jokowi malu atau gimana... Bnr2 kacau
cosplay COC
lumayanlah ada hiburan buat rakyat
inilah satu dari satu kehebatan jokowi emoticon-Wakaka
Topi Adat Batak Presiden Jokowi di Balige Ternyata Keliru

Lah yang make pakaian sama banyak tuh kenpa jokowi doang yang dijadikan meme? Mungkin karena memang jokowi ini menjual orangnya, coba orang dibelakangnya dijadiin meme sekalian. Tujuan paai pakaian tersebut tentu untuk menghirmati warga setempat, coba kalau ke batak pakai pakaian Jawa, apa tidak makin dibully tuh? Masalah salah kostum, designernya yang dibully bukan yang pakai emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By Ultramen.T
Topi Adat Batak Presiden Jokowi di Balige Ternyata Keliru

Lah yang make pakaian sama banyak tuh kenpa jokowi doang yang dijadikan meme? Mungkin karena memang jokowi ini menjual orangnya, coba orang dibelakangnya dijadiin meme sekalian. Tujuan paai pakaian tersebut tentu untuk menghirmati warga setempat, coba kalau ke batak pakai pakaian Jawa, apa tidak makin dibully tuh? Masalah salah kostum, designernya yang dibully bukan yang pakai emoticon-Jempol


ga liat pnjang rumbai ny beda gitu???
ternyata jari jokowi ada lima 5 ya, mirip pancasila
Yah bagian busananya di pecat saja tuh btw ongkos bikinnya kena berapaan tuh?
jangan dihina apalagi diketawain. itu kan baju adat batak emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By Auto....Banned
keliru bukan berarti boleh diolok2 kan?

emoticon-Cool






Setuju gan emoticon-Smilie

Sekalian ngingetin emoticon-Malu
Quote:Original Posted By PrincessOkSoo
Bajunya keliru gak. emoticon-Big Grin



bray, masa dikatain homo sm merboy mahok


emoticon-Leh Uga



panasbung udah kapok blm hina presiden?
kirain pak tarno..plok plok plok jadi apa hap..hap..hap..
pak harto juga pernah pakai tapi kok gak ada rumbai2 gitu..
Quote:Original Posted By Auto....Banned



bray, masa dikatain homo sm merboy mahok


emoticon-Leh Uga



panasbung udah kapok blm hina presiden?


dimana...link bukti? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By PrincessOkSoo
dimana...link bukti? emoticon-Big Grin



lah ono liat postingan #4 emoticon-Wkwkwk