alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Sebut RI Tidak Krisis Ekonomi, Benarkah?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfde4a12e257cd7a8b4569/sri-mulyani-sebut-ri-tidak-krisis-ekonomi-benarkah

Sri Mulyani Sebut RI Tidak Krisis Ekonomi, Benarkah?

Jakarta -Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan Indonesia tidak sedang mengalami krisis ekonomi. Ekonomi Indonesia masih tumbuh sekitar 5%, meskipun melambat dari tahun-tahun sebelumnya.

Demikian disampaikan Sri Mulyani semalam, menjawab pertanyaan DPR soal kondisi ekonomi saat ini.

Benarkan Indonesia tidak sedang mengalami krisis ekonomi?

"Kalau dikatakan krisis, jauh sekali, tidak ada tanda-tanda ke arah sana," ujar Ekonom BCA David Sumual kepada detikFinance, Jumat (26/8/2016).

Menurutnya, kondisi ekonomi Indonesia saat ini memang tengah mengalami perlambatan, namun untuk disebut krisis ekonomi itu sangat jauh. Saat ini, ekonomi Indonesia masih tumbuh 5%. Angka ini dinilai lebih baik dibanding negara-negara lain yang mencatatkan pertumbuhan yang minim bahkan hingga minus.

Selain pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih bertumbuh di angka yang cukup baik, tingkat inflasi di Indonesia juga cukup terkendali. Konsumsi masyarakat juga masih aman. Terlebih, angka defisit terhadap APBN juga masih dalam batas aman di bawah 3%.

Dalam negara yang mengalami krisis, kata David, tentu tidak mungkin bisa mencapai pertumbuhan ekonomi 5%. Biasanya, lanjut David, negara bisa disebut krisis ekonomi saat harga-harga melambung tinggi, angka inflasi mencapai di atas ratusan persen, dan defisit terhadap APBN juga di atas puluhan persen. Sebut saja Venezuela dan Brasil.

Saat ini, di Indonesia yang terjadi hanyalah perlambatan ekonomi bukan krisis ekonomi.

"Kayak di Venezuela defisit APBN di atas 10%, inflasi di atas ratusan persen, Brasil juga demikian. Kita defisit APBN di bawah 3%, ekonomi tumbuh 5%, inflasi sekitar 4%, jadi yang terjadi bukan krisis, yang terjadi perlambatan. Kalau dikatakan krisis nggak ada, fundamental kita kuat, malah ada pembalikan ke arah membaik," terang dia.

Lebih jauh David menjelaskan, Indonesia memang pernah mengalami krisis ekonomi di tahun 1998 dan 2008. Tahun 2009 dan 2014, perekonomian juga sulit. Sektor komoditas seperti pertambangan dan perkebunan yang dulu sempat jadi primadona mulai tumbang. Namun, perlahan ekonomi Indonesia mulai pulih.

Saat ini, kata David, Indonesia tidak bisa lagi menggantungkan diri kepada sektor komoditas. Indonesia harus mencari sumber pertumbuhan lain untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Sektor yang menyerap tenaga kerja lebih banyak atau padat karya bisa menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi ke depan.

"2009-2014 properti, komoditas, perkebunan booming, sekarang masih lambat jadi perlu digantikan seperti sektor jasa, infrastruktur, manufaktur, kini mulai meningkat. Sektor-sektor jasa, pariwisata, berpotensi tumbuh," ucap dia.

Perlahan tapi pasti, David menyebutkan, ekonomi Indonesia mulai pulih. Saat ini, Indonesia bisa kembali tumbuh di angka 5%. Ibaratnya, kata David, cuaca ekonomi Indonesia mulai cerah dari sebelumnya mendung dan gelap.

"Sekarang cuacanya cerah dari sedikit mendung, gelap. Ibaratnya ini, silver lining after the rain," ujar David.
(drk/ang)

http://finance.detik.com/read/2016/0...onomi-benarkah
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 4
syukur dah klo gitu.
semoga aja beneran gag krisis.
Hanya melambat pemirsah emoticon-Embarrassment
Jangan mau digoblogin provokator emoticon-fuck2
Panasbung brisik amat sih. Tunggu 8 tahun lagi ya. Salam 2 periode
Kalo ada yg pernah ngalamin krisis 98 pasti tahu rasanya krisis kayak gimana

Suku bunga dobel digit, usaha susah jalan
kalo krisis mah nasibnya udah kek yunani....
tp yah tetep kita mesti waspada
Diubah oleh feedback.
Kalo dibandingkan dengan Orde Lama, ya terhitung bagus buangettss.
Coba kalo dibandingkan dengan Orde Baru, jaaaauuuhhh...
Quote:


Lady gaga mau 2 periode emoticon-Leh Uga


kalo rakyat udah bener bener pekok baru dah mungkin emoticon-Leh Uga



dan kecuali kalo ada film "Jackowi Adalah Kita Part 2" emoticon-Ultah

Quote:


Wah ada penggemar si rambut jagung mejeng nih
palingan juga parameternya yang diutak atik emoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
jelaslah bu sri bilang gitu agar menenangkan pasar.
klo bu sri bilang kita lagi krisis bakal ricuh.

kayak 2008 dulu padahal lagi krisis tapi bilangnya aman2 aja.
untungnya 2008 bisa selamet.
Quote:


berarti gak salah dong?wong udah terbukti benar masih jg diragukan keahliannya ...
Quote:


Nyatanya 2008 memang cuma indonesia-cina-india yg selamat dari krisis global.. Cm 3 negara itu yg msh mencatat pertumbuhan ekonomi di 2008,negara lain minus bahkan sampai belasan persen

Indonesia dan India 2008 selamat krn mengandalkan konsumsi domestik

Faktanya bahkan memang indonesia skrg termasuk mendingan dibanding negara lain yg ekonomi melambat lbh parah

Objektif ya

Skrg sih ekonomi jauh mendingan dibanding 2 tahun lalu yg bener bener loyo semenjak bbm naik, biarpun usaha tetap ga serame zaman sby nih
Diubah oleh 8sin.
Quote:


Gw sih gk ragu dengan keahlian bu sri, tapi ane meragukan pimpinannya yg gk tau apa2.
Quote:


Beneremoticon-Big Grin
Quote:


Usaha jg susah jalan skrang gan.lesu dimana mana..
ada cara supaya inflasi 0 % ?emoticon-Big Grin
nasbung doang yg makin menderita.. usaha gw masih tetap lancar emoticon-Ngakak
Quote:


taruhan Potong baik mbok puan klo sampe 2 periode emoticon-Wakaka
Quote:


Klo masih aman aman kenapa emas batangan padadi borongin sekarang harga melambung batang aga ada
Diubah oleh rottendinner
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di