alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfddb0902cfe1c618b456b/anak-makassar--masuk-sinih-luhhh
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

kenalin bray....
ane adalah gw brayyy....
ane suka sejarah brayy
ane mau kupas cuilan-cuilan masalah lu makassar brayy...
dibantu brayyy...

oh iya brayy.....
ane sudah kena virus kegelapan dari hatabomba
doakan ane sembuh brayyy.........


BRAYYY.... PERTAMA ANE BAHAS SEJARAH PENJUAL KACAMATA MAKASSAR
Nnih brayyy............

alhamdulillah sampe sekarang mata masih bagus,
belum pake kacamata buat alat bantu lihat / membaca.
pake kacamata cuma buar me-reduce / mengontrol tingkat ketamvanan privadi

berdasarkan informasi seorang teman yang baik hati dan tidak sombong,
ane peroleh sebuah kacamata tua bermerek shuron buatan amerika.
yang menarik dan tidak biasanya, kacamata ini diimpor oleh "celebes optical co" yang berada di jalan muurstraat.
biasanya teman2 dapet kacamata tua dari pulau jawa atau luar makassar.

anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

nih satu lagi brayy...

Spoiler for :


nih bray berdarsarkan tulisannya

celebes optical co
manufacturing katja mata
muurstraat 118-makassar
----- kanjti china -----

pemilik / manajer direktur / Chef Optician
mr henry c.o wong,
awal berdiri kemungkinan sebelum tahun 1939


anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

setelah dicocokan dengan buku telp tahun 1939, terdapat daftar lokasi toko kacamata dimaksud, dan masih berdasarkan buku telpon tersebut, tidak ditemukan toko kacamata lainnya hanya ditemukan di toko celebes optical co saja. namun belum tentu tidak ada toko kacamata lain, siapa tau belum terdaftar dalam buku telp / lainnya. bagaimanapun juga klo perusahaan udah ada nomor telp.nya berarti sudah termasuk bonafit / perusahaan besar lahh....

muurstraat / buitenmuurstraat sekarang berada di jalan timor yang sebelumnya pula bernama jalan pintu dua. dari dulu hingga kini, jalan timor merupakan daerah bisnis pecinan yang ada id makassar, selain passserstraat (jalan nusantara) dan tempelstraat (jalan sulawesi)

Spoiler for jalan timor jaman duluk:


saat ini kacamata belum dapat digunakan terkait dengan tingginya tingkat keminusan lensa sampe2 pas digunakan berjalan 10 meter terasa pusing dan beberapa kali hampir jatoh. ntahlah mau diganti lensanya atau tetap aslinya tapi gak bisa dipake

Spoiler for :
ane mau ungkapi perasaan ane disini brayy....
lu pantengin aja brayy... klo boker di kamar mandi brayy...

anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

bangunan 2 lantai di paotere
bangunan 2 lantai di paotere
waterkaastel paotere
Rumah mewah pemilik pengusaha tionghua bernama jan sie heng.
Chinees buitenverblijf jan sie heng
foto circa 1890 - 1910

keterangannya cuma gitu aja,
tidak ada informasi apa mengenai usahanya,
luas lahan termasuk kolam yang hampir kelilingin rumahnya,
tapi lewat foto ini bisa liat2 keindahan bangunan milik pengusaha.
dugaan sih kolam masih termasuk bagian dari lahan pemilik bangunan

Spoiler for nih bray rumahnya dari belakang luas amir brayy....:

Spoiler for petanya brayy...:


sebelum dibangun oliefabriek insulinde (foto ex pabrik terlampir), kejayaan masa lalu kopra makassar, lokasi lahan dimiliki seorang pengusaha tionghua, klo liat foto pertama, di lantai 2 bangunan, terlihat seorang pria dengan kemeja dan celana panjang dengan topi laken di kepalanya, kemungkinan besar beliau keturunan tionghua. depan rumah terdapat 2 penjaga dan bendi yang sedang berpose / bersiap2 mengantar sang majikan. liat komposisinya sudah tentu pemilik bukan orang kismin

Spoiler for orang kismin:


sebelah utaran, kolam terhubung dengan kanal panampu (foto kanal terlampir), ketinggian kolam tergantung intensitas debit air yang melalui kanal tersebut, saat ini jalur kanal yang sebelumnya berbelok ke utara, lika-liku alirannya disingkatkan sehingga langsung tembus ke laut. belum diketahui pula kegunaan kolam ini, apa untuk tambak / keindahan / lainnya.

Spoiler for kanal panampu:


awalnya bangunan seorang diri, sebelum dibangunan rumah kayu disampingnya yang juga mengalami perubahan antara foto 1 dengan lainnya, begitupun pohon di tengah kolam, seperti anak krakatoaa yang tumbuh di dalam air.
Spoiler for ada tambahan bangunan brayy....:


terdapat jalan penghubung yang membelah kolam guna mempersingkat lajur ke laut atau jalan gusung dari pada harus memutari kolam.
saat ini lahan digunakan sebagai lokasi penumpukan petikemas yang disewakan perusda kepada pt tanto intim line, sebelah utara lahan digunakan sebagai lokasi perumahan2
begitu ceritanya

Spoiler for si tamvan berada di lokasi sekarang brayyy............:


BRAYYY.......
FOOT FOOT BANTIMURUNG
JAMAN DULUK

anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

nih foto2 laennya brayy.........
Spoiler for 1900-1920:

Spoiler for 1932:


Saya anak dari orang tua saya emoticon-Mewek mau ape lu emoticon-Cool
bangun gan udah siang emoticon-nyantai
brayyy.....
ah elu brayyy....

TOKO LAMPU MAKASSAR

meniti dikit demi sedikit, kebetulan dapet kartu nama toko lampu, sekiranya bisa ditampilkan ke khalayak ramai mengenai toko dimaksud.
begini bray, kartu nama yang didapet mengucapkan selamat berbahagia, dikirim oleh toko lampu kepada suatu keluarga yang ada di jalan lombok makassar atas pernikahan / mendapat keturunan, untuk apa ucapan ini masih simvang siur brayyy... belum bisa dibandingkan sama foto2 lain yang didapet. namun yang pasti bukan ucapan terima lotere.

anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

toko lampu lokasinya di jalan sulawesi (tempelstraat) dan berada di sisi selatan vihara ibu agung bahari makassar. kartu ucapan dari toko lampu tertera tanggal 26 juli 1956 dimana sudah ada perubahan ejaan dari lampoe menjadi lampu, perubahan nama jalan dari tempelstraat menjadi jalan sulawesi (sebelumnya pun jalan klenteng). perubahan nomor telp. awalnya 522, setelah kemerdekaan 522 digunakan oleh lie hong tek yang ada di jalan banda, dan terakhir di kartu bernomor 4288
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............
dari data foto dan gambar arsip yang ada, diketahui bangunan yang menjadi lokasi toko lampu sudah ada sebelum diproklamirkan kemerdekaan indonesia 17 agustus tahun 1945, tertera pada keterangan foto tahun sekitar 1900-1920. saat itu belum diketahui apa bangunan ini menjadi lokasi toko lampu atau bukan. namun tahun di buku telp 1939 (foto 5) toko lampu diketahui sudah ada dan berlokasi di bangunan tersebut.
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

pada foto tahun 1948, tampak toko lampu saat terbuka. posisi fotografer berada di belakang patung klenteng di depannya, dengan beberapa penduduk dan mobil willys tampak setengah.
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............
diketahui toko lampu menyediakan jasa jual beli lampu, juga sebagai kontraktor kontruksi pipa air dan kelistrikan. secara pasti belum dapat mengetahui jenis lampu apa yang dijual, tapi perkiraan lampu2 minya kebutuhan rumah tangga. karena untuk penerangan jalan berada tanggung jawab geemente makassar yang saat itu orang londo.
saat ini eks bangunan toko lampu menjadi bagian komplek kelenteng / vihara.
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

sekiang
Bawah saya anak homo emoticon-Najis
huft... apaan nih?
ullallaaa.....
hallo brayyy....
ketemu lagi di dunmay

ROEMAH SOBAT TE MAKASSAR
(foto sultan van buton La Ode Muhammad Hamidi)

belum bisa kasih penjelasan dari sisi sejarah bray, ntah sejarah pendirian rumah sobat serta penginapannya, cuma menginfokan letak lokasi rumah sobat pada jaman londo

baik bray pertama kita saksikan kedatangan sultan van buton di makassar yang berada di lokasi rumah sobat. ada 2 foto di lokasi yang sama.
pada foto pertama dan kedua, sultan buton beserta pengawal dan rombongan lainnya (atau penduduk makassar yang menyaksikan, sapa tau ada yg bisa mecirikan perbedaan atribut pakean) berada di pendopo roemah sobat. pendopo ini ada pilar berjumalh 14 yang masing-masing 7 pilar di kanan dan kirinya. pada pendopo ini pertemuan2 atau tuk menyambut tamu dilakukan.

sultan van boeton di roemah sobat te makassar circa 1900
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

sedangkan di foto ke 2, sultan dan rombongan difoto berdiri tanpa menggunakan bangku sehingga hanya 11 termasuk sultan yang menjadi fokus objek foto, belum bisa analisis foto mana yang dijepret duluan.

sultan van boeton di roemah sobat te makassar circa 1900
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

selanjutnya foto ke 3, foto yang berjudul passantenhuis (roemah sobat) pasanggrahan. passanggrahan / pesanggrahan / guest house / bungalow digunakan sebagai rumah peristirahatan / penginapan berbentuk rumah panggung. umumnya pesanggrahan tarifnya lebih murah dari pada hotel / lainnya, ntahlah klo yang dateng seorang sultan.

Passantenhuis (Roemah Sobat) te Makassar Pasanggrahan te Makassar circa 1910
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

lokasi bangunan di foto 1, 2 , 3 berada pada 1 lokasi, yaitu antara passerstraat ( jalan nusantara) dan boomstraat (jalan kalimantan) , foto 1 dan 2 posisi pendopo menghadap passerstraat dan foto ke 3 bangunan berada diposisi dekat dengan boomstraat.

peta
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

peta 2
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

sekarang lokasi passanggrahan roemah sobat menjadi rumah dinas pom angkatan darat di makassar, belum diketahui kapan perubahan itu terjadi. saat ini (2016) bangunan mess prajurit yang masih asli bangunan jaman belanda sedang dilakukan renovasi dengan menambah bangunan kedepan tuk memperluas ruang tamu.

kondisi sekarang
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

gerbang masuk passanggrahan dari jalan kalimantan (boomstraat)
(si tampan kebanjiran)
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

perlu diketahui bray-bray sekalian, sekarang lokasi roemah sobat weg (sekarang jalan kodingareng makassar) terdapat tempat ngopi kawang2 ingsang pelabuhang makassar
setelah foto renovasi, berikut ditampilkan foto2 aktivitas sultan buton lainnya bray. sekian

Spoiler for radja:
oh gitu ya jon emoticon-army
ane bukan anak makasar bre, sumpaaahhh ane jujurr emoticon-Frown
misi om emoticon-Traveller
freak amat ts nya reserved empat kali emoticon-Wakaka

ane anak tangerang, mau apa ente emoticon-Mad
coba ngasih penjelasan baru tentang nama jalan pintu 2 makassar
(sekarang jalan timor)

sebelumnya brayy....dah beberapa x mau tulis ini, namun urung dilakukan bray. jadi tolong angkat tangan keatas bray biar dapet bola semangat dan bisa nulis serta kalahkan bhu...

ASAL MULA PENAMAAN PINTU 2 MAKASSAR (JALAN TIMOR)

di beberapa web dijelaskan asal muasal penamaan jalan pintu dua, salah satunya dijelaskan : "Sementara gelaran untuk Pintu Dua disebabkan ada pintu masuk yang dulunya berdiri di perapatan Jalan Timor dan Jalan Irian yang sekarang diberi nama Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo.Kedua pintu dibuat oleh kolonial Belanda sebagai skat untuk memantau aktivitas pedagang Tionghoa. Karena ada juga warga Tionghoa yang bergabung menjadi Laskar Merah Putih, kelompok yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia"

http://jimmy-chichi.blogspot.co.id/2...ama-jalan.html

berdasarkan foto dan penjelasan makassar masa lalu yang didapet dari web-web perpustakaan / universitas negeri kincir anging, mau jelasin bray alasan lain penamaan jalan pintu dua.

seperti yang kita gak ketahui, dari timur ke barat jalan pintu dua (timor) bersinggungan dengan pasar sentral, jalan nusakambangan, jalan irian (wahidin) jalan lombok, jalan bacan, jalan sulawesi dan paling barat jalan nusantara. spesial buat persinggungan jalan timor dan jalan sulawesi, berdasarkan peta dan foto jaman belanda yang ada, persimpangan tersebut tidaklah lurus seperti yang sekarang ini, namun terjadi sedikit terdapat patahan diantaranya (foto polisi di simpang jalan dan foto peta). dugaan patahan inilah yang memunculkan ide 2 buah pintu jalan.
terlebih bedasarkan foto yang pernah di upload oleh bapak Irsal Kasim (foto ke 2, jalan sepi, difoto dari simpang serui sulawesi menghadap benteng roterdam).

simpang tempelstraat (jalan sulawesi) dan muurstraat (jalan timor)
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

dijelaskan judul foto klo gak salah tweede tempelstraat (jalan sulawesi II). ini menandakan terdapat pemisahan nama jalan sulawesi, klo sudah ada II berarti ada yang pertama. setelah mengecek beberapa peta, diantara tempelstraat (jalan sulawesi) tidak ditemukan jalan yang paralel (sejajar) utara dan selatan yang menggunakan nama jalan yang sama, namun di tempelstraat itu sendiri, terdapat patahan diantara jalan sulawesi tersebut sehingga memunculkan dugaan bahwa penamaan jalan sulawesi I dan II dipisahkan di persimpangan jalan sulawesi dan jalan timur yang terdapat patahan.

tweede tempelstraat
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

jika diambil dari sumbu persimpangan dengan jalan timur
tempelstraat I, dari simpang jalan timur hingga tentara pelajar
tempelstraat II, dari simpang jalan timur hingga ribura'ne
titik tolak 2 sumbu / 2 pintu / 2 jalan sulawesi yang mengilhami dinamakan jalan pintu 2 makassar
pernah juga ada pendapat bahwa dinamakan jalan pintu dua dikarenakan sisi barat jalan pintu dua merupakan pintu gerbang pelabuhan yang ke dua, namun saat itu akses pelabuhan sepanjang jalan nusantara dan martadinata terdapat akses jalan, tidak pada saat ini terdapat 4 gate (pintu) pelabuhan.

ini peta
anak makassar !!! masuk sinih luhhh............

pengen liat literatur lain yang jelasin pintu gerbang simpang timur dan irian seperti di jelasin web diatas, tapi belum dapet tambahan informasi lebih lanjut.

sementara gini dulu dugaannya bray, bisa salah bisa salah banget, yaaa...... namanya aja mengajukan teori hahahaaa....., oh iyah, setelah foto peta ada foto2 gapura cina untuk menghormati kunjungan gubernur jenderal ACD de graeff ke makassar pada september 1927. sapa tau, gerbang itu dimaksud di web diatas

Spoiler for gerbang:

apaanih bray ane makassar
Gak jelas ini tread mau bikin sejarang Makasar atau cuman ngejelasin kacama doank emoticon-No Hope
Jangan kasar kasar lu bray















emoticon-Betty (S)
Kacamata kuda ada gak gan?
bukan makasar boleh kan gans ?
ane gembok aja ya om emoticon-Traveller