alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Suara Adzan dari Makkah yang Konon Terdengar di Masjid Sulawesi Tenggara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfda4d96bde6aa268b4567/suara-adzan-dari-makkah-yang-konon-terdengar-di-masjid-sulawesi-tenggara

Suara Adzan dari Makkah yang Konon Terdengar di Masjid Sulawesi Tenggara

Suara Adzan dari Makkah yang Konon Terdengar di Masjid Sulawesi Tenggara


Bau-bau - Masjid Agung Keraton di Buton, Sulawesi Tenggara punya cerita menarik. Konon, suara adzan dari Makkah terdengar langsung di dalam masjidnya.

detikTravel bersama rombongan media dari Jakarta berangkat ke Buton atas undangan Kementerian Pariwisata, untuk meliput Festival Budaya Tua pada awal pekan ini, Senin (26/8). Sekaligus, mampir ke berbagai destinasi di Buton dan Bau-bau seperti ke Benteng Keraton Buton di Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara.

Benteng Keraton Buton punya banyak cerita menarik. Setelah detikTravel ulas sebagai benteng terluas di dunia, cerita menarik lainnya adalah soal Masjid Agung Keraton Buton yang berada di dalam komplek bentengnya di posisi paling depan.

"Masjid ini sudah ada sejak tahun 1511. Awalnya bukanlah masjid, melainkan sebagai tempat pertemuan rahasia. Lalu setelah Islam masuk ke Buton, fungsi bangunannya berubah sebagai masjid," kata kata pemandu wisata Benteng Keraton Buton, Laode M Adam Vatiq atau yang akrab disapa Adam.

Suara Adzan dari Makkah yang Konon Terdengar di Masjid Sulawesi Tenggara


Adalah Syekh Abdul Wahid dari Arab Saudi, yang berdagang dan menyebarkan Islam di Buton pada sekitar abad ke-14. Setelah Islam masuk, sistem kerajaan pun berubah menjadi kesultanan dan maypritas penduduk kala itu memeluk Islam.

Kembali ke cerita masjidnya, masjid yang kemudian diberi nama Masjid Agung Keraton Buton ini memiliki dua lantai. Lantai bawah untuk jamaah laki-laki dan lantai atas untuk jamaah wanita. Arsitektur aslinya tetap dipertahankan dengan banyak tiang-tiang yang menjadi pondasinya.

"Di masjid ini terdapat lubang yang posisinya ada di bagian imam salat. Dari lubang inilah, menurut sejarah dan cerita terdengar suara adzan dari Makkah," ungkap Adam.

Adam melanjutkan, lubang tersebut begitu dijaga oleh para pengurus masjid. Jangankan lubangnya, masjidnya juga sangat dijaga sampai sekarang. Wisatawan tidak dapat masuk ke sana, kecuali saat sedang waktu salat.

"Hanya imam masjid saja yang dapat membuka lubang itu. Bahkan seorang gubernur sekalipun jika tidak mendapat izin dari sang imam, tidak bisa melihat lubangnya," tegas Adam.

Jabatan seorang imam masjid mempunyai derajat yang tinggi dalam pemerintahan Kesultanan Buton (serta tetap dipertahankan hingga kini). Imam masjid punya hak penuh untuk mengelola Masjid Agung Keraton Buton ini, sekaligus bertanggung jawab atas umat Muslim setempat.

"Amaitaka amaitami, artinya kalau sudah hitam maka hitam. Sama seperti aturan yang berlaku, harus ditaati. Keputusan besar masjid ini ada ditangan imam," ujar Adam.



Dari pantauan detikTravel, bagian tempat imam tertutup dengan sajadah. Kala itu, hanya ada beberapa pengurus masjid yang sedang menyapu dan membereskan bagian dalam masjid untuk melaksanakan salat Ashar. Karena waktu kunjungan terbatas, awak media pun tidak sempat menemui sang imam.

"Selain itu, masjid ini juga punya banyak keunikan. Masjid ini punya 12 tangga yang melambangkan 12 rakaat shalat, dan jumlah lingkaran gendang 99 sama seperti Asmaul Husna. Jumlah tulangan di masjid tersebut berjumlah 313, sama seperti jumlah tulang dalam tubuh manusia. Lalu 13 lubang di masjid, jumlah yang sama dengan lubang pada tubuh manusia. Dua belas lubang terlihat, dan satunya tidak," papar Adam.

detik.com
kaum satu ini emang juaranya berkhayal dan berhalusinasi terutama tentang hal2 yg berbau mistis (mayat bangkit dr kubur, mayat tiba2 ga bisa diangkat , pengangkat mayat terbang dll) emoticon-Ngakak
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
bujug dr mekkah bs kedengeran smp sulawesi

emoticon-Selamat
Diubah oleh Auto....Banned
setuju ama ts.. jaman udh 2016 masih percaya gituanemoticon-Cape deeehh
konon kabarnya, konon ceritanya.....
nunggu rekamannya aja klo saiya.
Kalo bisa dengar adzan dari Mekkah bukannya malah bikin bingung? emoticon-Bingung
Adzan maghrib jam 10 malam ................................................. emoticon-Ngacir
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
melewati manado suaranya sementara mute dulu
Buset deh
Itu toak sembernya segede apa bisa lintas samudera n benua ..?

Rekues kecilin volume dikit boleh gak ya?
cara bedain suara azan dr makah sama dr masjid lainnya gimana?
Quote:


cari mati lo?emoticon-Wakaka

wooowwww bisa kedengeran emoticon-Wow emoticon-Wkwkwk
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Adzan pakek skype emoticon-Recommended Seller
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Quote:


menjunjukkan, guoblognya dan tuololnya ga abis2emoticon-Wakaka
Quote:


anjrooooottttttttt... ngakak bradaemoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
12 Rakaat shalat??

Bukan nya 17? 4+2+4+4+3


bisa kedengeran gan,
via streamingemoticon-Betty
Quote:

cocokmologi tuh brey, kek lo ga tau aje emoticon-Leh Uga
Ane juga bisa dengerin suara Adzan dari Makkah, ane pake alarm emoticon-Ngakak

Quote:

mau kena bakar ya lo emoticon-Mad (S)
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di