alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
ASEAN-Tiongkok Peringati 25 Tahun Sebagai Mitra Dialog
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfbbc6582b2e602a8b456a/asean-tiongkok-peringati-25-tahun-sebagai-mitra-dialog

ASEAN-Tiongkok Peringati 25 Tahun Sebagai Mitra Dialog

ASEAN-Tiongkok Peringati 25 Tahun Sebagai Mitra Dialog

EIJING, NETRALNEWS.COM - Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Tiongkok memperingati 25 tahun kemitraan dialog antara kedua pihak dengan menggelar resepsi di rumah kenegaraan Diaoyutai, di Beijing, Kamis (25/8) malam.

Peringatan semalam disemarakkan dengan pameran 20 foto yang menggambarkan hubungan serta kemitraan antara ASEAN dan Tiongkok, sejak dideklarasikan pada 25 tahun silam.

Di antara 20 foto yang ditampilkan terdapat foto Presiden kedua RI Soeharto saat menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Tiongkok Qian Qichen, serangkaian pertemuan Forum Regional ASEAN (ARF) di Jakarta pada 22 Juli 1996.

Ditampilkan pula Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri yang bersalaman dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao saat negara-negara ASEAN dan Tiongkok sepakat mendeklarasikan Kemitraan Strategis ASEAN-Tiongkok untuk perdamaian dan kemakmuran bersama dalam KTT ke-7 ASEAN-Tiongkok di Bali pada Oktober 2008.

Komitmen ASEAN dan Tiongkok untuk makin mempererat hubungan serta kerja sama juga diperkuat pendirian Pusat ASEAN-Tiongkok.

Presiden The Chinese People's Association for Friendship with Foreign Countries (CPAFFC) Li Xiaolin dalam pidatonya mengatakan sejak ASEAN dan Tiongkok bersepakat sebagai mitra dialog pada 1991, hubungan kedua pihak menjadi semakin baik dilandasi rasa saling menghargai, saling menghormati, saling membantu dalam semangat kebersamaan serta sinergi positif.

"Di bidang politik, ASEAN dan Tiongkok telah sama-sama menunjukkan kedewasaannya antara lain ditandai dengan saling kunjung antarpejabat tinggi, dialog yang intensif dilakukan di beberapa tingkatan, dan sektor kerja sama," ujarnya pula.

Komitmen ASEAN dan Tiongkok untuk terus membangun kebersamaan dengan sebagai mitra dialog dapat menjadi contoh yang baik antara ASEAN, Tiongkok, dan negara-negara lain di Asia Timur, kata Li Xiaolin menambahkan.

Pada bidang ekonomi, ASEAN dan Tiongkok juga telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.

ASEAN dan Tiongkok telah membangun kerja sama Zona Perdagangan Bebas (FTA), yang merupakan terbesar di antara negara-negara berkembang.

"ASEAN dan Tiongkok pun telah bersepakat untuk meningkatkan komitmen FTA, sehingga hasilnya dapat kita rasakan saat ini. Selama 25 tahun silam volume perdagangan kedua pihak mengalami kenaikan dari sekitar 8 miliar dolar AS pada 1991 hingga mencapai 472,2 miliar dolar AS pada 2015," katanya pula.

Sedangkan dalam hubungan antarmasyarakat, pertukaran pelajar, saling kunjung wisatawan antara ASEAN dan Tiongkok, juga semakin meningkat jumlahnya. Diharapkan dengan capaian tersebut, hubungan serta kerja sama ASEAN dan Tiongkok akan semakin cemerlang.g.

Resepsi peringatan 25 tahun kemitraan dialog ASEAN-Tiongkok dihadiri Wakil Menteri Luar Negero Liu Zhenmin, anggota Dewan Negara Yang Jiechi, Ketua Komite ASEAN di Beijing Duta Besar Magdalene Teo serta beberapa Duta Besar Negara ASEAN termasuk Duta Besar RI untuk Tiongkok dan Mongolia Soegeng Rahardjo.la.

http://www.netralnews.com/news/inter...i.mitra.dialog
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


ini klonenganmu koh? emoticon-Big Grin
Diubah oleh shzw2
baiklah... emoticon-Traveller
Quote:


bukan .



×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di