alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfbad898e31b314e8b456f/haruskah-ku-bertahan
Haruskah ku bertahan,,,
Dear agan/sist,minta sarannya dunk!!!
Pernikahan ane udah jalan 4 tahun,ane 30 laki 35,belum punya anak,dan yah,,,,,masih segini gininya.

Suami ane tu punnya kekurangan dan kelebihan.Kelebihannya orangnya humoris,periang,penyayang,setia,dan royal.Kalau dianya lagi baek,ane ngerasa dunia ini begitu indah,bisa tertawa lepas,dan gak kepikiran lagi dah ada duit ato enggaknya.Tapi kekurangannya,laki ane emosian,posesif,curigaan ke ane,suka cela,susah nabung,gak punya visi,cara hidup yang gak tepat,over royal ke orang lain.Kalau tu sikap buruk udah keluar spt emosi dan kecurigaannya,akh bikin kepala ane mumet dada ane sesak dan masa depan terasa suram.

Laki ane kalo emosi gak kenal tempat dan waktu,didepan orang banyak atau tengah malam gak mikir dia.Teriak bentak2 ane terus banting2 barang,bikin ane malu ama tetangga dan orang sekitar.Pemicu emosinya itu ; karena kesal ane ceroboh pada hal2 sepele,karena dia curiga,karna ane kekeh dengan pendapat ane,atau sesekali ane sering terselip lidah nyinggung dia(gak sengaja).Kekerasan fisik ;Sering nyubit ane kalau ketika becanda dia tersinggung ama ane,Hampir nyekek ane,hampir ninju ane (Ane tantangin dia,tapi kayaknya laki ane tahu apa yang bakal ane lakuin selanjutnya).Maunya ane kan dia bisa bilang baek2 dulu,tapi dia cuma manggut manggut aja besok2nya kayak gitu lagi.

Mulutnya juga sering gatel nyela dan matahin rencana ane.nyelanya gak frontal tapi tersirat gitu ;ya tentang ortu ane,kebiasaan daerah ane,kemampuan ane,hasil kerja ane,cara pikir ane.Segala rencana ane untuk kepentingan rumah tangga juga ditebasnya ;Mau buka usaha dilarang,mau beli kompor ketunda terus,mau beli tiker debat panjang dulu,mau pasang tiang jemuran diteras rumah sendiri anenya harus nangis dulu,udah kebayangkan kalo permintaan ane lebih dari itu,,,,,,

Yah,,,,kalau dimakanan ane kenyang,kalau dipakaian ane tercukupi.Susahnya ya diperabotan/kebutuhan rekreasi.Isi rumah masih minim banget,4 tahun nikah TV belum kebeli,mesin cuci gak kesampaian juga,sepeda motor belum ada,Apalagi yang sekunder lainnya.Ane tinggal diibu kota tapi nginjek ragunan aja belum pernah,Alesannya selain duit pas2an, laki ane males jalan2 kalau cuma berdua ane doang.

Padahal ane beli itu perabotannya dari tabungan dan hasil kerja sendiri.Pas nanya usul dia,dibantah habis2an atau pas main beli aja kesudahannya laki ane ngomel ngomel.Ane beli perabotan selain emang butuh juga biar pas tamu/saudara dateng gak keliatan ngenes banget kehidupan rumah tangga kami.huff,,,,,karena laki ane gitu,patah deh niat ane.masa bodo.

Diusia pernikahan 3 tahun kami,ane makin gondok.Laki ane belum bisa sejahterain keluarga tapi pake larang ane buka usaha/kerja.Padahal peluang ane banyak.Nah ane lamar kerja ke garmen diiringi penolakan/ditakut2i/pelarangan/gertakan dari laki ane.Ampun,,,,biarpun ane hobi jahit tapi ternyata kerja di garmen itu benar2 melelahkan dan penuh tekanan,sepulang kerja masih disambut ceracau laki ane dan pekerjaan rumah(nyuci,beres2,hidangin laki ane).Nerima gaji,,,,,rasa capek dan stress pudar juga,Tapi gaji ane,,,,,,,dipinta laki ane yang katanya buat modal.Ane disisain 400ribu dari 2 juta(padahal gaji ane 3 jutaan,ane simpan sendiri gak tau laki)/200ribu dari 1,7 juta waktu kerja di garmen kecil.Gak,,,,,dikasi,laki ane ngomel2 dan ngungkit segala pengorbanan dia selama ini.Ane lemes,,,,,kerja gak disupport laki tapi uangnya dipintain laki,ane cuma tahan 4 bulan.

Gaji ane yang dipintain laki ane itu,boro2lah balik modal plus bunga yang dijanjiin.Kayaknya habis buat biaya hidup dan kontrak rumah.Ane jadi bertanya2,ngapain aja laki ane keluar semaleman.Pekerjaannya makin hari makin gak jelas-(serabutan),hasilnya pas2an.Siang molor seharian,Sore atau magrib baru keluar rumah sampai jam 4 subuh.pernah ane tanya,katanya penghasilannya cuma ada dimalam hari.Ane males ribut buat tanya lebih detil,sesekali laki ane dapat proyek tapi gak tau gagal dan rugi terus.

Laki ane seperti gak berupaya untuk nabung,untuk ngumpulin duit tambah2 perabotan,Apalagi beli rumah,jauuuuuuh.Sepertinya pikirannya yang penting bisa makan dan tidur beratap,sudah cukup.Sekalinya ada duit banyak royal banget ama makanan,biarpun ane kebagian juga.Sekalinya kantongnya penuh udah kayak pahlawan kesiangan,tebar duit sana sini traktir sodara/teman2 yang padahal lebih kaya.Gak mikir tabungan belum terisi atau perabotan rumah masih seadanya.Ngelus dada!!

Harusnya standar hidup kami bisa lebih sejahtera,ane laki bini berpendidikan,sehat,berkeahlian,dan berpengalaman dibidang masing2.Laki ane udah mahir di otomotif,pinter daganng,pinter lobi orang,banyak kenalan dengan suplier,mentok2nya laki ane pinter nyupir.Nah,,,,diane,udah mahir ngejahit (konveksi/tailor/butik,,, udah ane coba,terakhir garmen).

Terakhir yang bikin ane bete,ane ajuin urus BPJS karena ane udah didiagnosa kena batu kandung kemih,Lagi2 laki ane ngelarang,alesannya bpjs lagi kacau.Padahal biaya sekali dateng ke urologi bisa 300rb(itu duit ane),belum tes2 lainnya yang belum ane lakuin.Laki ane nyaranin pake obat kampung.Gubrakkk deh,,,,,kalau diane obat kampung untuk obat2annya,untuk diagnosa tepatnya kan masih butuh dokter.Ne....udah seminggu ane nunda urus BPJS,mau pergi diem2 laki ane kan siangnya dirumah.

Udah berkali-kali ane kepikiran buat kabur,duit simpanan udah ada,dan ane bisa kerja di garmen untuk nyambung hidup.Pikir ane,ane bisa pulang kerja dengan tenang,bisa atur2 uang untuk bekal masa depan.Tapi ane takut,,,,,,,takut hukum karma dan Azab dari Tuhan,
Bertahan,,,,,,Sudahlah miskin,batin tersiksa pula....mau jadi apa.Apa saran agan/sist,please.
Quote:Original Posted By messy97
Dear agan/sist,minta sarannya dunk!!!
Pernikahan ane udah jalan 4 tahun,ane 30 laki 35,belum punya anak,dan yah,,,,,masih segini gininya.

Suami ane tu punnya kekurangan dan kelebihan.Kelebihannya orangnya humoris,periang,penyayang,setia,dan royal.Kalau dianya lagi baek,ane ngerasa dunia ini begitu indah,bisa tertawa lepas,dan gak kepikiran lagi dah ada duit ato enggaknya.Tapi kekurangannya,laki ane emosian,posesif,curigaan ke ane,suka cela,susah nabung,gak punya visi,cara hidup yang gak tepat,over royal ke orang lain.Kalau tu sikap buruk udah keluar spt emosi dan kecurigaannya,akh bikin kepala ane mumet dada ane sesak dan masa depan terasa suram.

Laki ane kalo emosi gak kenal tempat dan waktu,didepan orang banyak atau tengah malam gak mikir dia.Teriak bentak2 ane terus banting2 barang,bikin ane malu ama tetangga dan orang sekitar.Pemicu emosinya itu ; karena kesal ane ceroboh pada hal2 sepele,karena dia curiga,karna ane kekeh dengan pendapat ane,atau sesekali ane sering terselip lidah nyinggung dia(gak sengaja).Kekerasan fisik ;Sering nyubit ane kalau ketika becanda dia tersinggung ama ane,Hampir nyekek ane,hampir ninju ane (Ane tantangin dia,tapi kayaknya laki ane tahu apa yang bakal ane lakuin selanjutnya).Maunya ane kan dia bisa bilang baek2 dulu,tapi dia cuma manggut manggut aja besok2nya kayak gitu lagi.

Mulutnya juga sering gatel nyela dan matahin rencana ane.nyelanya gak frontal tapi tersirat gitu ;ya tentang ortu ane,kebiasaan daerah ane,kemampuan ane,hasil kerja ane,cara pikir ane.Segala rencana ane untuk kepentingan rumah tangga juga ditebasnya ;Mau buka usaha dilarang,mau beli kompor ketunda terus,mau beli tiker debat panjang dulu,mau pasang tiang jemuran diteras rumah sendiri anenya harus nangis dulu,udah kebayangkan kalo permintaan ane lebih dari itu,,,,,,

Yah,,,,kalau dimakanan ane kenyang,kalau dipakaian ane tercukupi.Susahnya ya diperabotan/kebutuhan rekreasi.Isi rumah masih minim banget,4 tahun nikah TV belum kebeli,mesin cuci gak kesampaian juga,sepeda motor belum ada,Apalagi yang sekunder lainnya.Ane tinggal diibu kota tapi nginjek ragunan aja belum pernah,Alesannya selain duit pas2an, laki ane males jalan2 kalau cuma berdua ane doang.

Padahal ane beli itu perabotannya dari tabungan dan hasil kerja sendiri.Pas nanya usul dia,dibantah habis2an atau pas main beli aja kesudahannya laki ane ngomel ngomel.Ane beli perabotan selain emang butuh juga biar pas tamu/saudara dateng gak keliatan ngenes banget kehidupan rumah tangga kami.huff,,,,,karena laki ane gitu,patah deh niat ane.masa bodo.

Diusia pernikahan 3 tahun kami,ane makin gondok.Laki ane belum bisa sejahterain keluarga tapi pake larang ane buka usaha/kerja.Padahal peluang ane banyak.Nah ane lamar kerja ke garmen diiringi penolakan/ditakut2i/pelarangan/gertakan dari laki ane.Ampun,,,,biarpun ane hobi jahit tapi ternyata kerja di garmen itu benar2 melelahkan dan penuh tekanan,sepulang kerja masih disambut ceracau laki ane dan pekerjaan rumah(nyuci,beres2,hidangin laki ane).Nerima gaji,,,,,rasa capek dan stress pudar juga,Tapi gaji ane,,,,,,,dipinta laki ane yang katanya buat modal.Ane disisain 400ribu dari 2 juta(padahal gaji ane 3 jutaan,ane simpan sendiri gak tau laki)/200ribu dari 1,7 juta waktu kerja di garmen kecil.Gak,,,,,dikasi,laki ane ngomel2 dan ngungkit segala pengorbanan dia selama ini.Ane lemes,,,,,kerja gak disupport laki tapi uangnya dipintain laki,ane cuma tahan 4 bulan.

Gaji ane yang dipintain laki ane itu,boro2lah balik modal plus bunga yang dijanjiin.Kayaknya habis buat biaya hidup dan kontrak rumah.Ane jadi bertanya2,ngapain aja laki ane keluar semaleman.Pekerjaannya makin hari makin gak jelas-(serabutan),hasilnya pas2an.Siang molor seharian,Sore atau magrib baru keluar rumah sampai jam 4 subuh.pernah ane tanya,katanya penghasilannya cuma ada dimalam hari.Ane males ribut buat tanya lebih detil,sesekali laki ane dapat proyek tapi gak tau gagal dan rugi terus.

Laki ane seperti gak berupaya untuk nabung,untuk ngumpulin duit tambah2 perabotan,Apalagi beli rumah,jauuuuuuh.Sepertinya pikirannya yang penting bisa makan dan tidur beratap,sudah cukup.Sekalinya ada duit banyak royal banget ama makanan,biarpun ane kebagian juga.Sekalinya kantongnya penuh udah kayak pahlawan kesiangan,tebar duit sana sini traktir sodara/teman2 yang padahal lebih kaya.Gak mikir tabungan belum terisi atau perabotan rumah masih seadanya.Ngelus dada!!

Harusnya standar hidup kami bisa lebih sejahtera,ane laki bini berpendidikan,sehat,berkeahlian,dan berpengalaman dibidang masing2.Laki ane udah mahir di otomotif,pinter daganng,pinter lobi orang,banyak kenalan dengan suplier,mentok2nya laki ane pinter nyupir.Nah,,,,diane,udah mahir ngejahit (konveksi/tailor/butik,,, udah ane coba,terakhir garmen).

Terakhir yang bikin ane bete,ane ajuin urus BPJS karena ane udah didiagnosa kena batu kandung kemih,Lagi2 laki ane ngelarang,alesannya bpjs lagi kacau.Padahal biaya sekali dateng ke urologi bisa 300rb(itu duit ane),belum tes2 lainnya yang belum ane lakuin.Laki ane nyaranin pake obat kampung.Gubrakkk deh,,,,,kalau diane obat kampung untuk obat2annya,untuk diagnosa tepatnya kan masih butuh dokter.Ne....udah seminggu ane nunda urus BPJS,mau pergi diem2 laki ane kan siangnya dirumah.

Udah berkali-kali ane kepikiran buat kabur,duit simpanan udah ada,dan ane bisa kerja di garmen untuk nyambung hidup.Pikir ane,ane bisa pulang kerja dengan tenang,bisa atur2 uang untuk bekal masa depan.Tapi ane takut,,,,,,,takut hukum karma dan Azab dari Tuhan,
Bertahan,,,,,,Sudahlah miskin,batin tersiksa pula....mau jadi apa.Apa saran agan/sist,please.


jangan kabur lah emoticon-Embarrassment




mending pamit baek² emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By d33k3y


jangan kabur lah emoticon-Embarrassment




mending pamit baek² emoticon-shakehand


enggggg,,,,,,iya juga sih,ntar dipertimbangkan lagi.Soalnya kalau ane udah berkemas2 didepan laki ane,gak bisa bawa barang banyak.Belum kalau tiba2 laki ane udah ngunci pintu biar ane gak keluar.

Intinya sih,,,ane masih ragu untuk pisah ama laki ane.Takut tar nyesel dan takut karma.
ya kalo beban sudah terasa berat dan ga kuat mikul,
di tarok aja tu bebanya gan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By messy97
enggggg,,,,,,iya juga sih,ntar dipertimbangkan lagi.Soalnya kalau ane udah berkemas2 didepan laki ane,gak bisa bawa barang banyak.Belum kalau tiba2 laki ane udah ngunci pintu biar ane gak keluar.

Intinya sih,,,ane masih ragu untuk pisah ama laki ane.Takut tar nyesel dan takut karma.


ahelah kalo takut ini takut itu ya jalanin aja telen semua emoticon-Cape d... (S)
lu bikin ni tred udah jelas kagak mau jalanin kan emoticon-army
Cerai aja sis, biar tau rasa.
berdoa..
supaya suaminya bs diberi hidayah..

dan sebisa mungkin jangan ceritakan aib suami ke orang lain, aplg yg jelas kenal..

berdoa jg supaya cepet dikasih keturunan, mungkin kalo ada anak dia bs berubah..

kalo sist muslim.. selama suami msh sholat, puasa ramadhan & gak merintahin sist maksiat.. dia msh ttp harus dihormatin..

didoakan aja supaya ke depan lbh baik..

masih banyak yg lbh menderita dr sist.. pasti sist kuat, pasti ada jalan keluar..

semoga dimudahkan ya... emoticon-Pelukemoticon-Peluk
sekarang ini kondisinya lg akur atau lg ribut nih??
ada 2 kemungkinan. suaminya salah (emang seperti itu kondisinya, males, n sifat2 enehnya itu). atau suaminya sebenernya ga begitu (mungkin dari sisi pandang ts emang begitu tapi suami sebenernya ga begitu, atau terpaksa begitu, atau ada alasan lain, atau kondisinya ga bener2 seperti itu). kalo yg curhat suaminya, yg selalu salah pasti tsnya. si ts jadi istri begini2, padahal gw udah begini3.
Boros tuh suaminya
Masa 4 tahun ngga punya TV /motor
Terus curigaan gitu ke istri emoticon-Cape deeehh
aduh sist ko ane sedih ya ente bisa sampe di cubit di cekek gitu ente masih tahan aja emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By MissNia
sekarang ini kondisinya lg akur atau lg ribut nih??

Lagi akur sist,ne juga udah buatin kopi untuk suami dengan hati terus bertanya
"Haruskah ku bertahan?
"Haruskah ku bertahan??
"Haruskah ku bertahan???

Ane emang concern soal kesehatan,selagi bisa diupayakan,kenapa tidak dijaga.

Ane concern juga soal financial,selagi ada peluang/kemampuan kenapa tidak diraih dan direncanakan.Ane tau banget gak enaknya hidup berkekurangan,apalagi ane ingin memastikan hari tua ibu ane terjamin.

Ane merasa berhak dapatkan kebahagiaan ane ;Dihargai,diperlakukan baik2,berekreasi,menikmati passion ane,mewujudkan mimpi2/target2kecil ane.Standar ane gak tinggi.

Tapi logika ane masih belum cukup menguatkan ane untuk ambil tindakan,sisi agamanya,sosialnya,dan sebenarnya ane sayang suami sih.Hikkkks!!!!! maka ane share kemari.

IntanRaden,,,Kalau suami lagi baek,,,,,,Dunia terasa indah,beban terasa lepas.Ane bukan tipe cewek yang ngambek lama2,suamipun juga begitu.Pagi berantem hebat,,,,sorenya udah ketawa ketiwi,makanya bisa bertahan dah,,,,
Quote:Original Posted By jaka.tra
ada 2 kemungkinan. suaminya salah (emang seperti itu kondisinya, males, n sifat2 enehnya itu). atau suaminya sebenernya ga begitu (mungkin dari sisi pandang ts emang begitu tapi suami sebenernya ga begitu, atau terpaksa begitu, atau ada alasan lain, atau kondisinya ga bener2 seperti itu). kalo yg curhat suaminya, yg selalu salah pasti tsnya. si ts jadi istri begini2, padahal gw udah begini3.
.Suami ane gak pemales,cuma ribet,,,timbang ini timbang itu terus keundur,gak jadi,gigit jari dah !!!!
Miskin ane bisa tahan sembari ane bantu cari solusi,tapi mulutnya pedes penuh celaan bikin ane hilang semangat.

klo dari cerita sis, suami egonya besar jg ya.. kesannya suami seolah2 harga dirinya terinjak klo liat istri bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. suami ga mau ngeliat klo sis berhasil. sedangkan suami ga punya power untuk mencukupi kebutuhan kalian..

klo emang mau bertahan, semoga suatu hari sis ga menyesali keputusan yang sudah2 seperti "kenapa dulu ga kerja dan mulai nabung waktu masih muda dan kuat", "kenapa dulu ga mulai usaha". karena penyesalan2 itu pasti akan datang klo kalian ga berubah..

btw, sindir menyindir itu ga baik sis.. apalagi klo caranya salah..
Quote:Original Posted By ademinkaskus
Boros tuh suaminya
Masa 4 tahun ngga punya TV /motor
Terus curigaan gitu ke istri emoticon-Cape deeehh

Super boros,super dermawan bak pahlawan kesiangan.Royal baik sama ane,anak kecil,sodara,dan temen.Pernah duit dia cuma ada 500 ribu didompet,kasih adik sepupu gw rp 200rb lantaran adik sepupu gw mau berangkat keseberang.Padahal adik sepupu ane abis terima gaji dan Ane lagi ngirit2 buat beli bedak/alat2 dapur/pakaian rumah.
Ane juga pernah ngamuk,,,,suami tiba2 kasih duit cepek ke sodara ane sesudah 2 hari sebelumnya ngasih gocap,padahal ane udah berbulan2 gak beli bedak.
Ane bilang simpen tu duit buat dana darurat/tabungan.ngapain orang
yang sehat dimanjain.Itu didepan mata ane,,,,dibelakang tau deh.
habit suami sis banyak yg salah terutama dalam pengelolaan keuangan sih, yah boleh sekali kali royal tapi liat kondisinya juga. yg parah sis yg kerja kenapa gajinya diminta sm suami jujur ane sih gengsi udah ngelarang kerja masa gaji istri diminta,klo udah habit dari lahir susah diubahnya,klo saran ane sih cere aja lagian kan belum punya anak. masalahnya klo ga ngerubah habit mau sampe kaya gitu,udah hemat hemat eh duitnya buat traktir orang padahal untuk hidup sehari hari masih kurang
Quote:Original Posted By ummu.zatsa
berdoa..
supaya suaminya bs diberi hidayah..

dan sebisa mungkin jangan ceritakan aib suami ke orang lain, aplg yg jelas kenal..

berdoa jg supaya cepet dikasih keturunan, mungkin kalo ada anak dia bs berubah..

kalo sist muslim.. selama suami msh sholat, puasa ramadhan & gak merintahin sist maksiat.. dia msh ttp harus dihormatin..

didoakan aja supaya ke depan lbh baik..

masih banyak yg lbh menderita dr sist.. pasti sist kuat, pasti ada jalan keluar..

semoga dimudahkan ya... emoticon-Pelukemoticon-Peluk

Alhamdulillah suami ane bukan tukang maksiat,Cuma sifatnya aja yang selalu nyakitin perasaan ane.Iya,,,,sis,ane terus berdoa jalan terbaik untuk kami berdua.

Quote:Original Posted By messy97
Alhamdulillah suami ane bukan tukang maksiat,Cuma sifatnya aja yang selalu nyakitin perasaan ane.Iya,,,,sis,ane terus berdoa jalan terbaik untuk kami berdua.


yaa ada banyak faktor sih kenapa laki2 bs arogan.. krn emang watak/karakternya, krn lingkungannya, krn beban pikiran, dsb dsb..

dulu sebelum nikah gimana? apa udah arogan? kalo iya, berarti emang karakternya. jd hrs ekstra sabar & kuat sambil trs berdoa..

kalo cm krn beban pikiran, maaf mungkin faktor ekonomi.. ya sist bantu dukung dia.. bahwa hidup sederhana tuh gpp yg penting sakinah (tentram/tenang).. ttp manis, menyejukkan pandangan, masakin kesukaannya, pijitin kalo pulang kerja, ajakin sholat sunnah jamaah malem atau dhuha. suruh sholat jamaah di masjid..
kalo dia ngelihat perubahan istrinya jd menyenangkan, mudah2an dia jd perhatian, kasih sayang dan gak curigaan trs..

semoga dimudahkan ya... emoticon-Kissemoticon-Kiss

Quote:Original Posted By messy97

Super boros,super dermawan bak pahlawan kesiangan.Royal baik sama ane,anak kecil,sodara,dan temen.Pernah duit dia cuma ada 500 ribu didompet,kasih adik sepupu gw rp 200rb lantaran adik sepupu gw mau berangkat keseberang.Padahal adik sepupu ane abis terima gaji dan Ane lagi ngirit2 buat beli bedak/alat2 dapur/pakaian rumah.
Ane juga pernah ngamuk,,,,suami tiba2 kasih duit cepek ke sodara ane sesudah 2 hari sebelumnya ngasih gocap,padahal ane udah berbulan2 gak beli bedak.
Ane bilang simpen tu duit buat dana darurat/tabungan.ngapain orang
yang sehat dimanjain.Itu didepan mata ane,,,,dibelakang tau deh.


Kalo menurut ane coba Komunikasikan dulu keluhan sista selama berumah tangga sama dia, kasih warning aja kalo ga berubah ya udah cerai aja... kalo dia benar2 sayang sama kamu mah dia pasti akan mau berubah..ya kecuali kalo dia ngga sayang n mau berkorban mah ya me dingan cerai mumpung masih muda lom punya anak lagi ,terus sis juga masih bisa kerja di garment

Oya sis kok gaji di garment nya kecil ya kalo dibandung mah biasa pada dapat 3 juta tuh sebulan