alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Pilkada /
Koalisi Islam-Nasionalis di Pilkada DKI 2017
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfba4112e257dc728b4568/koalisi-islam-nasionalis-di-pilkada-dki-2017

Koalisi Islam-Nasionalis di Pilkada DKI 2017

Koalisi Islam-Nasionalis di Pilkada DKI 2017
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta secara resmi mendeklarasikan dukungannya terhadap calon gubernur Sandiaga Salahuddin Uno untuk bertarung dalam Pilkada DKI 2017. Dukungan deklarasi tersebut dirilis pada hari Rabu (25/8) pukul 14.00 WIB, di pondok pesantren tradisional Al Qudwah Al Muqoddasah, Cakung, Jakarta Timur.

Deklarasi PKB terhadap Sandiaga Uno ini bisa dikatakan sebagai deklarasi warga NU kepadanya. Warga NU saat ini memikili kecenderungan menyalurkan aspirasi politiknya melalu Partai yang berwarnakan dominasi hijau ini. Dengan ini bertambahlah dukungan partai Islam kepada Sandiaga Uno setelah sebelumnya PKS telah menyatakan sepakat untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra. Partai Gerindra dan PKS merupakan dua partai awal yang menggadang Sandiaga Uno maju sehingga ia bisa mendeklarasikan diri sebagai Calon Gubernur DKI.

Deklarasi yang dilakukan oleh PKB ini menjadi sangat menarik ketika dalam acara deklarasi ini turut hadir beberapa pimpinan partai tingkat DKI Jakarta. Terlihat sosok Nachrowi Ramli, Ketua DPD Demokrat Jakarta; Eko Patrio, Ketua DPW PAN DKI Jakarta; dan Abdul Aziz, Ketua PPP DKI Jakarta. Kehadiran mereka dalam deklarasi Sandiaga Uno sebagai calon gubernur mengisyaratkan bahwa mereka mendukung dan segera akan mendeklarasikan dukungan resmi terhadap Sandiaga Uno.

Dari acara deklarasi ini bisa terlihat peta kekuatan partai yang berada di belakang Sandiaga Uno. Peta koalisi terjadi antara semua partai yang berhaluan Islam dan Partai yang berhaluan Nasionalis. Terdapat dukungan dua partai Nasionalis yaitu Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Selanjutnya terdapat empat dukungan dari partai yang berhaluan islam, yaitu PKS, PPP, PKB, dan PAN. Gabungan dari enam partai ini bisa dikatakan merupakan koalisi partai Islam – Nasionalis di Pilkada DKI.

Lalu, siapakah cawagub yang akan diusung oleh koalisi Partai Islam – Nasionalis ini untuk berdampingan dengan Sandiaga Uno? Menarik lagi ketika melihat deklarasi yang dilakukan oleh PKB kemarin. Turut hadir Sosok Saefullah yang merupakan ketua PW NU DKI Jakarta. Saefullah saat ini sedang digadang-gadang untuk menjadi cawagub Sandiaga Uno. Hal ini tidak terlepas dari background Saefullah sebagai warga NU, sehingga dapat dipastikan PKB dan PPP menginginkan Saefullah untuk maju menjadi cawagub.

Selain itu statemen resmi dari PKS menyebutkan terkait cawagub, PKS akan ikut saja apa yang diusung oleh partai Gerindra. Sehingga tidak akan menjadi kontradiksi ketika yang akan diusung sebagai cawagub nanti adalah Saefullah. Demikian juga PAN dan Partai Demokrat juga memiliki kecendrungan merujuk Saefullah sebagai cawagub.

Dapat dipastikan pasangan Sandiaga Uno dan Saefullah bisa merepresentasikan wajah dari koalisi islam – Nasionalis yang digawangi oleh enam partai di atas. Kekuatan enam partai ini ketika terkonsolidasi dengan baik akan menjadi kekuatan besar dengan mengedepankan basis – basis massa mereka. Partai Gerindra dan Demokrat mempunyai basis massa yang nasionalis dan kalangan elit atas, lalu PKS mewakili massa gerakan tarbiyah, PKB dan PPP mewakili basis massa tradisional NU dan PAN mewakili basis massa Muhammadiyah. Dengan demikian, pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta Sandiaga Uno-Saefullah mampu menjadi tumpuan harapan untuk maju dan memenangkan Pilkada DKI nanti.

http://www.kompasiana.com/hajisobari...afbd75607efebb
Thread sudah digembok
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di