alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfb30b54c07abe518b456f/pns-wanita-paling-banyak-meminta-cerai-kenapa
PNS Wanita Paling Banyak Meminta Cerai. Kenapa?
PNS Wanita Paling Banyak Meminta Cerai. Kenapa?

Berdasarkan data dari Pengadilan Agama ( PA) Banjarbaru, Kalsel, di tahun 2015 tercatat ada 126 perkara perceraian yang melibatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dari jumlah perkara tersebut, sebagian besar yang melayangkan gugatan adalah PNS perempuan. "Hampir 70 persen cerai gugat (diajukan istri), sementara sisanya cerai talak (diajukan suami)," kata Panitera PA Banjarbaru, Murthada.

Ia mengungkapkan, tingginya angka perceraian bukan hanya terjadi di tahun 2015. Di tahun 2014 juga jumlahnya mencapai ratusan.

Sementara hingga di pertengahan tahun 2016 jumlah PNS yang bercerai sudah mencapai 33 orang. "Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini yang paling banyak menggugat juga si istri," ungkapnya.

Lebih lanjut Murthada menyatakan, sebagian besar PNS yang bercerai adalah seorang guru dan petugas kesehatan.

"Yang banyak guru dan bidan. Kalau guru mungkin karena mereka banyak punya tunjangan jadi lebih berani menceraikan suami," katanya.

Namun ia mengatakan, PNS yang bercerai di PA Banjarbaru bukan hanya pejabat di ruang lingkup Banjarbaru. Melainkan ada juga PNS dari luar daerah.

"Banyak PNS dari daerah lain tinggal di Banjarbaru, jadi jumlah perceraian PNS di Banjarbaru relatif tinggi lantaran perceraian harus dilakukan di PA tempat mereka tinggal," katanya.

Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi perceraian PNS? Murthada menuturkan, ada banyak faktor yang melatarbelakangi perceraian. Namun yang paling banyak ialah faktor ekonomi.

"Kebanyakan perempuan yang menjabat sebagai PNS berani menggugat cerai, lantaran mereka punya penghasilan sendiri. Sementara suaminya dianggap tidak cukup memberikan nafkah untuk keluarga," ujarnya.

Selain faktor ekonomi, ia mengungkapkan perceraian PNS juga seringkali dipicu adanya orang ketiga. "Orang ketiga juga yang melatarbelakanginya adalah ekonomi, di mana pasangan ingin bercerai lantaran mendapatkan seseorang yang lebih mapan," ungkapnya.

Banyaknya PNS menggugat cerai suami bukan hanya di PA Banjarbaru. Jumlah perkara yang diterima PA Martapura juga menyebutkan bahwa ASN wanita lebih banyak menggugat (cerai gugat) dibandingkan cerai talak. "Iya banyak istri yang menggugat suami," kata Panitera PA Martapura Mukhyar.

Ia mengungkapkan, jumlah PNS yang bercerai di PA Martapura tidak terlalu tinggi. Di tahun 2015 sendiri ada sekitar 16 ASN yang bercerai. Sama halnya dengan di PA Banjarbaru, ASN yang bercerai sebagian besar ialah guru dan bidan. "Sementara di tahun ini baru ada enam orang," ungkapnya.

Secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel M Thamrin mengakui jika banyak PNS wanita yang menggugat cerai suaminya.

"Kebanyakan dari mereka karena ada ketidakcocokan. Biasanya suami tidak terlalu memahami bagaimana kehidupan seorang PNS," katanya.

Tidak ada saling pengertian tersebut yang mengakibatkan percekcokan di rumah tangga. "Kami pastinya akan menjaga ASN wanita, jika mendapatkan perlakuan tidak baik dari suaminya," tambah Thamrin.

sumur

=============

Serem bre punya bini guru PNS, gak seneng dikit ente yg bakal ditalak emoticon-Takut
enaknya dapet ttm binor yang seorang pns gan, apalagi yang tenaga teknis yang sering dapet sppd ke luar kota emoticon-Wowcantik
serem amat gan punya bini PNS
mending cari gendakan emoticon-Traveller
Pengen ganti brondong mungkin bray..

emoticon-Leh Uga
etah lah saya juga ga tau mungkin masalah pendapat istri yg lebih gede dan ketidakpuasannya dari kedua pasangan? ?????????????????????????
Gimana kaga , kalo gak si laki nya yang selingkuh ya si perempuan nya yg selingkuh entah dengsn atasan atau bawahan nya ,
Efek kerjaan yg banyak waktu luang nya di kantor daripada bete enak nete .
Harta dan tahta kalo gak di olah dengan baik ya merusak rumah tangga
Quote:Original Posted By zanaf231
serem amat gan punya bini PNS

sekarang makin serem gan....apalagi klo sering dinas luar emoticon-Big Grin klo dibilang krn faktor penghasilan lebih tinggi itu rada2 bullshits sebenarnya,krn ane pny sumber yg paling sering justeru pihak ketiga, klo ngga sesama PNS ya rekanan...
PNS gurih-gurih nyooii pokoknyah... emoticon-Leh Uga
Ada Uang Abang disayang, Tak Ada Uang Abang dicerai...
suami pns suka ke spa sih emoticon-Mad
habis cerai besoknya kepergok sama atasan di hotel emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By kencing.dibotol
enaknya dapet ttm binor yang seorang pns gan, apalagi yang tenaga teknis yang sering dapet sppd ke luar kota emoticon-Wowcantik


pas main masih pake full seragam pns bre... beuhhh...
pns suka nyari sampingan bre, emoticon-Embarrassment
punya gaji tetap, kalo cerai merasa gampang nyari pengganti mungkin menjadi alesan berani cerai emoticon-Big Grin

menurut Ane loh yah emoticon-Wink
saran buat jomblo dari pada cari cewek PNS mending cari cowo PNS.. emoticon-Leh Uga

"Kebanyakan perempuan yang menjabat sebagai PNS berani menggugat cerai, lantaran mereka punya penghasilan sendiri. Sementara suaminya dianggap tidak cukup memberikan nafkah untuk keluarga," ujarnya.

Selain faktor ekonomi, ia mengungkapkan perceraian PNS juga seringkali dipicu adanya orang ketiga. "Orang ketiga juga yang melatarbelakanginya adalah ekonomi, di mana pasangan ingin bercerai lantaran mendapatkan seseorang yang lebih mapan," ungkapnya.



====

Pantesan sekarang suami2 lebih seneng istrinya dirumah aja urusin rumah tangga, soalnya kalau ada duit lebih daripada suami, udah serasa nggak butuh laki2 lagi sih emoticon-Ngakak
Kurang lihai urusan ranjang mungkin
biasa nya sih istri pns laki cuma ongkang2 kaki doank dirumah .mknya byk yg minta cerai emoticon-Ngakak
mungkin korban SSI member forum sebelah bray. emoticon-Big Grin
kalo dilingkungan anek malah suami yg nyrain istrinya yg PNS gara2 selingkuh sesama PNS....
itu berawal dari facebook bro trus akhirnya crot-crotan...ketahuan cerai langsung....emng tuh lakinya rada gaptek kerjaanya pedagang