alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bf7c32dac13eb9748b4569/kementan-ingin-jadikan-gorontalo-lumbung-jagung-nasional
Kementan Ingin Jadikan Gorontalo Lumbung Jagung Nasional
Kementan Ingin Jadikan Gorontalo Lumbung Jagung Nasional

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo. Kunjungan kerja juga dalam rangka ikut melakukan panen raya jagung.


Melihat potensi yang dimiliki wilayah Gorontalo, Amran percaya wilayah itu bisa jadi lumbung pangan, khususnya jagung. Sebab, dari sisi kondisi wilayah dan budaya bercocok tanam warga, Gorontalo punya modal besar untuk berdiri sebagai daerah lumbung jagung di tanah air.


"Potensi ini yang ingin kita angkat. GPMT (Gabungan Pengusaha Makan Ternak) bahkan sudah mau beli jagung itu dengan harga Rp3900, itu bagus kan," kata Amran usai memimpin Rapat Koordinasi Pangan dalam Rangka Peningkatan Luas Tambah Tanam (LTT) di Gorontalo, Kamis (25/8/2016).


Potensi yang ada itu sudah terbukti jika digarap serius. Buktinya, sejak tahun lalu, Amran menyebut pertumbuhan produksi jagung di Gorontalo meningkat hingga 60 persen.


Kementan Ingin Jadikan Gorontalo Lumbung Jagung Nasional

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat meninjau gudang penyimpanan jagung. Foto: Metrotvnews.com/ Arga Sumantri.


Tahun ini, sudah sekitar 200 hektare lahan sudah ditanami jagung di Gorontalo. Hasil panen jagung yang didapat tahun ini mencapai satu juta ton. Atas dasar itu, Kementan ingin tahun depan luasan area penanaman jagung ditambah dua kali lipat, atau sekitar 400 ribu hektar.


"Kita target sampai satu juta hektar tiga kali tanam lagi. Target kita membuka lahan 400 hektare. gorontalo kita jadikan lumbung pangan Indonesia khususnya jagung," jelas Amran.


Selain Gorontalo, ada sejumlah daerah lain yang juga potensial jadi lumbung pangan, khususnya jagung. Ada sekitar tiga wilayah yang disebut Amran dinilai mampu berkembang dan sangat potensial.


"Ada NTB, Jawa Timur, dan Lampung," ungkap Amran.


Selain menarget Gorontalo jadi lumbung jagung tanah air. Amran juga ingin menyetop impor jagung. Target dia, impor disetop hingga akhir tahun ini.


"Harusnya enggak ada alasan lagi buat kita impor jagung," pungkas Amran.


Kamis 25 Agustus, Amran melakukan panen raya, dia juga mengunjungi sejumlah tempat lain. Beberapa yang dikunjungi yakni gudang penyimpanan jagung, tempat lumbung ternak sapi, dan lahan jagung milik Angkatan Udara Republik Indonesia yang dikelola warga. Semua lokasi itu terletak di Kabupaten Gorontalo.


Selain menghadiri Panen Raya, Amran juga sempat berdialog dengan sejumlah petani di Desa Ayumolinggo. Tak hanya berdialog, secara simbolis, Amran juga menyerahkan sejumlah bantuan bagi para petani jagung dengan total nilai Rp10, 9 milyar.


Nampak mendampingi kunjungan kerja Amran, Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, dan pejabat terkait lainnya.


Baca: Mentan Ingin Menyetop Impor Jagung

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...agung-nasional

---

Kumpulan Berita Terkait PANEN JAGUNG :

- Kementan Ingin Jadikan Gorontalo Lumbung Jagung Nasional Kementan Ingin Jadikan Gorontalo Lumbung Jagung Nasional

- Kementan Ingin Jadikan Gorontalo Lumbung Jagung Nasional Panen Raya, Harga Jagung Diperkirakan Anjlok