alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Darmin Yakin Harga Rumah Turun dengan Paket Kebijakan XIII
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bf3b2298e31be6278b4567/darmin-yakin-harga-rumah-turun-dengan-paket-kebijakan-xiii

Darmin Yakin Harga Rumah Turun dengan Paket Kebijakan XIII

Pemerintah baru meluncurkan paket kebijakan ekonomi ketiga belas. Salah satu isi paket ini terkait kemudahan perizinan pembangunan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Darmin Yakin Harga Rumah Turun dengan Paket Kebijakan XIII


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dalam paket kebijakan tersebut pemerintah berupaya memotong separuh lebih rantai perizinan dalam membangun rumah, khususnya bagi golongan MBR. Karena itu, dia optimistis harga properti ini akan turun.

“Biaya pengurusan izin dan rekomendasi macam-macam itu 20 - 25 persen (terhadap harga rumah). Hitung-hitungannya, akan turun kira-kira 70 persen, dengan deregulasi kemarin. Dampak ke harga rumah 14 - 17 persen, atau mendekati 20 persen,” kata Darmin di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2016.

Meskipun demikian, pemerintah tidak bisa mengeneralisasi bahwa harga rumah untuk golongan MBR sama. Walaupun yakin akan turun, harga rumah juga tergantung lokasinya. Sebab, harga tanah di masing-masing daerah berbeda-beda.

Terkait anggapan sejumlah pengusaha bahwa harga rumah sulit turun melalui paket kebijakan, Darmin membantahnya. Sebab, banyak kemudahan bagi pengusaha dalam membangun sehingga biaya produksi bisa ditekan.

“Memang tidak ada hubungannya secara langsung. Tapi kalau biaya memproses izin turun 70 persen, masa harga rumahnya tidak terpengaruh. Karena menurut mereka sendiri, biaya izin macam-macam itu kira-kira 20 persenan,” ujar Darmin.

Dalam paket kebijakan ekonomi ketigabelas yang diluncurkan kemarin, waktu untuk mengurus persetujuan menjadi lebih singkat dengan dipangkasnya 22 izin pembangunan rumah MBR. Dari 33 izi saat ini, disederhanakan menjadi 11 izin.

Perizinan yang dihapus di antaranya terkait dengan izin lokasi yang memakan waktu 60 hari dan rekomendasi peil banjir atau acuan ketinggian tanah yang pengurusannya 30 - 60 hari. Kemudian persetujuan dan pengesahan gambar site plan selama lima hari, izin cut and fill lima hari, dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin) memakan waktu 30 hari.

Selebihnya ada beberapa perizinan yang digabung, seperti izin pemanfaatan tanah (IPT) dengan izin pemanfaatan ruang (IPR). Ada juga perizinan yang diperpendek masanya, seperti Izin Mendirikan Bangunan dari 30 hari menjadi tiga hari dan penerbitan Surat Keputusan penetapan hak atas tanah dari 213 hari menjadi tiga hari.

Dengan penyederhanaan ini, biaya yang dikeluarkan untuk mengurus izin perumahan pun terpangkas. Dampak selanjutnya, kata Darmin, akan menggairahkan pengembang dalam membangun rumah bagi MBR.

Sumber: Katadata
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
[/B]Dalam paket kebijakan ekonomi ketigabelas yang diluncurkan kemarin, waktu untuk mengurus persetujuan menjadi lebih singkat dengan dipangkasnya 22 izin pembangunan rumah MBR. Dari 33 izi saat ini, disederhanakan menjadi 11 izin.

Perizinan yang dihapus di antaranya terkait dengan izin lokasi yang memakan waktu 60 hari dan rekomendasi peil banjir atau acuan ketinggian tanah yang pengurusannya 30 - 60 hari. Kemudian persetujuan dan pengesahan gambar site plan selama lima hari, izin cut and fill lima hari, dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin) memakan waktu 30 hari.

Selebihnya ada beberapa perizinan yang digabung, seperti izin pemanfaatan tanah (IPT) dengan izin pemanfaatan ruang (IPR). Ada juga perizinan yang diperpendek masanya, seperti Izin Mendirikan Bangunan dari 30 hari menjadi tiga hari dan penerbitan Surat Keputusan penetapan hak atas tanah dari 213 hari menjadi tiga hari.[/B]

tpi syng yg di daerah masi lama
Izin amdal kok dihilangkan ? Berarti gk tau dong dampak perumahan terhadap lingkungan sekitar bagaimana emoticon-Bingung
saya juga yakin pak, besok hujan deres emoticon-Ngacir
penghasilan menengah gimana?
Set dah, ternyata udah V. X3 aja
pesimis ane kalo soal ini...
bisa dicek, hampir semua pengembang memang menerapkan patokan harga yang mirip2, seperti kartel...
ditunjang lagi kebutuhan akan rumah yang tinggi...
perum perumnas masih ada gak sih? biar pengembang swasta gak asal kasih harga tinggi
mantab juga nih
mana ada harga rumah turun
Mana ada harga rumah turun kecuali akan kena gusuran atau tanahnya ambles itu sudah
gw sudah punya rumah ga usah ngurusin harga rumah..
tolong paket ekonominya buat harga sembako, kebutuhan sandang dan pangan di perhatikan..

jangan harga kebutuhan papan trus yg di godok kebijakannya..
emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
Hitung-hitungannya, akan turun kira-kira 70 persen, dengan deregulasi kemarin. Dampak ke harga rumah 14 - 17 persen, atau mendekati 20 persen,” kata Darmin di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2016.
Ngomongin MBR/masyarakat berpenghasilan rendah di tempat mewah... ngaco. Harusnya di wil permukiman kumuh....
Diubah oleh bapakpejabat
Quote:


Wahai sodara kembarku, ane juga bingung apa hubungan dipangkasnya izin ini dengan harga rumah atau tanah..
ini mah bukan nurunin harga rumah, tp naikin margin developer emoticon-Big Grin
daripada ribet2 sok mau nurunin harga rumah pake kebijakan ngaco kaya gini, knp ga sekalian aja bikin acuan maksimal harga rumah dan kenaikannya di tiap daerah. jd harga rumah ga dihajar mulu sama kartel developer
emoticon-Ngakak wanjirr singkat sih boleh

tapi jadinya amburadul emoticon-Ngakak

emoticon-Malu yo wess terserahlah, negara punya buapak mu emoticon-Ngakak
ane percaya kok
emoticon-Traveller
trus harga sembako kapan turunx
Quote:


Sudah sampai ke-13

Ada yang tahu, paket nomer berapa yang berhasil ?emoticon-Ngakak

Kebanyakan paket & resapel
ane percaya
emoticon-Traveller
oaku pracoyo. sing ono mung ditukuni tengkulak banjur di dol manehemoticon-Ngakak
Ane aminin aja deh bray. Moga kecipratan rumah murah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di