alexa-tracking

Pakai Paspor Filipina, 177 WNI Manfaatkan Kuota Jemaah Haji Filipina

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b839d914088de2748b4579/pakai-paspor-filipina-177-wni-manfaatkan-kuota-jemaah-haji-filipina
Pakai Paspor Filipina, 177 WNI Manfaatkan Kuota Jemaah Haji Filipina

Novi Christiastuti - detikNews
Pakai Paspor Filipina, 177 WNI Manfaatkan Kuota Jemaah Haji Filipina
Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Manila - Sebanyak 177 warga negara Indonesia (WNI) memakai paspor Filipina untuk berangkat Haji. Dengan dibantu sindikat pemalsu paspor, para WNI itu memanfaatkan kuota jemaah haji Filipina.

Para WNI itu hendak terbang ke Madinah, Arab Saudi menggunakan pesawat Philippine Airlines (PAL) dengan nomor penerbangan PR 8969 di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA), Manila, pada Jumat (19/8) dini hari. Mereka semua hendak menjalankan ibadah haji. Biro Imigrasi NAIA melarang 177 WNI untuk naik pesawat, saat mendapati mereka bukan warga negara Filipina.

Dituturkan Biro Imigrasi NAIA, seperti dilansir media lokal Filipina, philstar.com dan gmanetwork.com, Sabtu (20/8/2016), penyelidikan awal menyebut para WNI itu menggunakan paspor Filipina agar bisa naik haji dengan kuota yang disediakan untuk jemaah haji Filipina oleh otoritas Arab Saudi.

Baca juga: Pakai Paspor Palsu untuk Berangkat Haji, 177 WNI Ditahan di Filipina

Mereka didampingi oleh lima warga Filipina, yang diyakini sindikat pemalsu paspor dan penyelenggara haji untuk para WNI itu. Menurut lima warga Filipina itu, sudah tidak ada kuota haji tersisa bagi Indonesia.

"Tidak ada lagi slot haji untuk warga Indonesia, sebut mereka (lima warga Filipina itu)," sebut Biro Imigrasi NAIA.

Para WNI itu diketahui tiba di Filipina secara terpisah, sebagai turis, selang beberapa minggu sebelum jadwal keberangkatan mereka ke Saudi. Para WNI itu sama-sama menyatakan Jolo, Sulu sebagai alamat sementara mereka di Filipina. Dengan membayar US$ 6 ribu - US$ 10 ribu (Rp 78 juta - Rp 131 juta) per orang, mereka mendapatkan paspor Filipina untuk berangkat haji.

Baca juga: Pakai Paspor Filipina untuk Naik Haji, 177 WNI Bayar Rp 131 Juta Per Orang

Komisioner Biro Imigrasi Bandara NAIA, Jaime Morente menyatakan, pihaknya meningkatkan pengawasan setelah mendapat informasi soal rencana keberangkatan sekelompok WNI dengan paspor Filipina. Kelompok WNI itu, sebut Morente, memiliki jadwal terbang ke Madinah, Saudi dari Bandara NAIA untuk tanggal 18 dan 19 Agustus.

Otoritas imigrasi bandara telah mendapat dua nama warga Filipina, yang disinyalir akan 'mengawal' para WNI berpaspor Filipina itu. Namun hasil penyelidikan di lapangan berujung temuan lima warga Filipina yang 'mengawal' para WNI itu. Kelimanya telah ditahan otoritas Filipina.

(nvc/hri)

http://m.detik.com/news/berita/3279485/pakai-paspor-filipina-177-wni-manfaatkan-kuota-jemaah-haji-filipina#

Modus baru atau baru ketahuan nih
Modus baru ketahuan emoticon-Ngacir
Megang paspor negara laen, wni-nya harus ilang emoticon-Mad
berangkat ibadah dengan menipu gitu ibadahnya berkah gak? kalo ibadah gak berkah mending gak usah deh... hal baik kok diawali dengan hal buruk
horang gila emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
Hilang duit+tambah dosa karena nipu. Mending sumbangin tuh duit ke orang yang membutuhkan.
ngebetnya sampai segitu emoticon-Big Grin
kalo kekeh mau Tetep haji tapi kehabisan kouta mending haji nya sendiri sendiri aja...
Quote:Original Posted By spicebox15
berangkat ibadah dengan menipu gitu ibadahnya berkah gak? kalo ibadah gak berkah mending gak usah deh... hal baik kok diawali dengan hal buruk


Jangan berburuk sangka dulu, sepertinya mereka juga tertipu oleh sindikat mungkin dgn iming2 bisa cepat berangkat.
Quote:Original Posted By sabarihong
Jangan berburuk sangka dulu, sepertinya mereka juga tertipu oleh sindikat mungkin dgn iming2 bisa cepat berangkat.


iya sih, kalo emang nggak ngerti ya berarti korban juga, dosanya sama yang nipu. kalo ngerti trus tetep dijabanin baru...
Quote:Original Posted By spicebox15
berangkat ibadah dengan menipu gitu ibadahnya berkah gak? kalo ibadah gak berkah mending gak usah deh... hal baik kok diawali dengan hal buruk


yang salah adalah arab karena membatasi kuota
orang filipina hanya membantu
reposting
kuota mahal endingnya emoticon-Traveller
Presiden nya lagi galak sama darurat narkoba, skrg ketemu mafia haji, nah lu....?!
130 juta kenapa kaga haji plus tong!!!!
kasus bagus... kalo yang 177 bisa balik ke Indonesia terus kewarganegaraan nya ga dicabut, berarti arcandra bisa balik jadi menteri lagi...

horeee...
150 jutaan buat haji doang. pantesan rupiah jebol terus nilainya.
jd wn Singapore donk. atau Karena embel2 urusan agama jd aturan hukum nasional gugur??
haloooo?
dulu kayaknya presiden ke-3 kita wn kehormatan jerman ya, kalau presiden ke-3 punya passport jerman yaaa hebat donk negara ini
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By dika160507
jd wn Singapore donk. atau Karena embel2 urusan agama jd aturan hukum nasional gugur??
haloooo?
dulu kayaknya presiden ke-3 kita wn kehormatan jerman ya, kalau presiden ke-3 punya passport jerman yaaa hebat donk negara ini
emoticon-Ngakak


makanya baca jangan setengah setengah . bj habibie menolak pasport jerman . dia cuma jd permanet resident disono . beda bgt sama mentri yg kemaren


Quote:Original Posted By yuuka.tano
130 juta kenapa kaga haji plus tong!!!!

haji plus tempat ane 6 tahun nunggunya.
yg ini tanpa nunggu.