alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kurtubi: Arcandra Diperlukan Agar Tak Ditipu Kontraktor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b8386496bde6ca158b4567/kurtubi-arcandra-diperlukan-agar-tak-ditipu-kontraktor

Kurtubi: Arcandra Diperlukan Agar Tak Ditipu Kontraktor

Kurtubi: Arcandra Diperlukan Agar Tak Ditipu Kontraktor

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat, Kurtubi, menilai bahwa Arcandra Tahar masih dibutuhkan meskipun jika nantinya tidak diangkat kembali menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pasca pemecatan secara hormat akibat masalah dwikewarganegaraan.

"Jika dia tidak diangkat kembali menjadi Menteri ESDM, negeri ini harus mengupayakan agar Arcandra tetap mengabdikan diri di sektor migas dan minerba," ujar Kurtubi dalam acara bincang-bincang di Jakarta, Sabtu (20/8).

Kurtubi kemudian menjelaskan bahwa di samping masalah kewarganegaraan, Arcandra sebenarnya adalah orang yang mumpuni, termasuk dalam mengontrol biaya yang diajukan oleh investor migas.

Kurtubi lantas menjabarkan satu contoh konkret, yaitu dalam proyek pembangunan fasilitas Liquified Natural Gas (LNG) blok Masela di darat (onshore).

"Terbukti ketika Inpex mengusulkan biaya untuk LNG plan di Masela US$22 miliar, setelah dievaluasi oleh Arcandra, turun menjadi US15 miliar. Keahlian seperti itu dibutuhkan oleh bangsa ini," kata Kurtubi.

Keahlian ini, kata Kurtubi, sangat dibutuhkan karena sektor migas di Indonesia menganut sistem bagi hasil dengan kontraktor, di mana seluruh cost ditanggung oleh negara.

"Agar negara tidak dibohongi oleh kontraktor, kita harus memiliki orang-orang ahli seperti Arcandra untuk mengontrol usulan biaya dari kontraktor yang ingin membangun fasilitas migas di offshore, onshore. Dia masih dibutuhkan," ucap Kurtubi.

Namun untuk mengabdi kepada negara, kata Kurtubi, tidak harus menjadi menteri. "Bisa kita attach di Pertamina atau di perusahaan minerba tunggal negara yang sedang kita rencanakan, itu dibutuhkan keahlian seperti Arcandra," tutur Kurtubi.

Ketika ditanya ihwal kemungkinan Arcandra diangkat kembali menjadi menteri, Kurtubi hanya menjawab, "Jika kewarganegaraannya sudah selesai dan presiden ingin mengangkat dia kembali, ya itu hak prerogatif presiden. Yang penting keahliannya, pemahamannya, dan jiwa nasionalismenya."

Sebelumnya, Plt Menteri ESDM, Luhut Panjaitan, juga mengatakan bahwa sosok seperti Arcandra masih dibutuhkan di sektor ESDM. (yul)
ce en en

ane ikut pak kurtubi aja dah.... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
kandidat mentri baru emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di