alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengadilan Tinggi Surabaya Bebaskan Pengusaha Cabul Sonny Sandra
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b7eb5edcd770741d8b4568/pengadilan-tinggi-surabaya-bebaskan-pengusaha-cabul-sonny-sandra

Pengadilan Tinggi Surabaya Bebaskan Pengusaha Cabul Sonny Sandra

TEMPO.CO, Surabaya -Pengadilan Tinggi Surabaya, Jawa Timur, membebaskan terdakwa pencabulan anak, Sony Sandra. “Perkara diputus pada 3 Agustus 2016,” kata Juru Bicara Pengadilan Tinggi Surabaya, Untung Widarto di kantornya, Jumat, 19 Agustus 2016.

Putusan ini mementahkan vonis Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri yang menghukum Soni 10 tahun penjara. Namun, majelis hakim banding memperberat hukuman Soni yang dijatuhkan PN Kota Kediri, dari sembilan tahun menjadi 13 tahun penjara. "Kami menaikkan vonis terdakwa dari PN Kota Kediri dengan asumsi vonis 10 tahun di PN Kabupaten Kediri tidak perlu lagi."

Menurut Untung, putusan itu didasarkan pada tiga pertimbangan. Pertama, kasus pencabulan itu terjadi hampir bersamaan. Kedua, PN Kota Kediri dan PN Kabupaten Kediri jaraknya berdekatan. Ketiga, korban pencabulan di PN Kabupaten ternyata didakwakan disetubuhi di wilayah kerja PN Kota Kediri juga.

Mengacu pada pasal 64 KUHP, majelis banding menilai perkara itu semestinya didakwa dengan satu dakwaan di satu pengadilan. "Bukan pasal 65 KUHP seperti yang digunakan jaksa selama ini," kata Untung. Jaksa menganggap perbuatan cabul yang dilakukan terdakwa masuk dalam beberapa perbuatan.





 


Dalam pasal 64 disebutkan bahwa perbuatan yang dilakukan terus menerus (perbuatan berlanjut) dikenai satu hukuman pidana yang terberat. "Apa pidana terberat untuk pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan terus menerus? Yaitu 15 tahun kurungan penjara." Namun, kata dia, majelis hakim menilai hukuman 13 tahun yang dijatuhkan kepada terdakwa sudah berat.

Dengan demikian, terdakwa tetap dinyatakan bersalah di PN Kota Kediri dengan pidana 13 tahun. Adapun di PN Kabupaten Kediri dinyatakan bersalah tapi tidak dijatuhi pidana. "Mengacu pada KUHP, itu kan hanya prinsip aturan penjatuhan pidana saja."

Penasehat hukum terdakwa, Sudiman Sidabuke, keberatan dengan penerapan pasal 65 KUHP soal penggabungan perbuatan pidana yang menjadi dasar putusan hakim. Menurut Sudirman, kliennya tak seharusnya diadili di dua pengadilan berbeda. Dengan tindak pidana dan materi pemeriksaan yang sama, seharusnya kasus ini cukup disidangkan di satu pengadilan saja. Kerena itu ia mengajukan banding.

https://m.tempo.co/read/news/2016/08/19/063797304/pengadilan-tinggi-surabaya-bebaskan-pengusaha-cabul-sony

Kok bisa gitu ya? emoticon-Bingung
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Quote:


mungkin ada campur tangan antek asing brayy emoticon-Entahlah
Quote:


Boleh juga tuh, jadi tambah ngefans sama asing kalo gini ceritanya emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Sdh seharusnya begitu.....kan sdh ada vonis di PN Kota ngapain ada vonis di PN Kab dg kesalahan yg sama? Akan jd sesat klo trdakw divonis 2x u/ kesalahan yg sama. Tp lumayan lah diperberat 3 th di PT Sby
tetap di hukum..itu yang penting.
Pengadilan Tinggi Surabaya Bebaskan Pengusaha Cabul Sonny Sandra

sonny sandra 58 orang jadi korban predator mengerikan emoticon-Big Grin
Quote:


widih komuknya emoticon-Najis
Rame ki emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Quote:


buset emoticon-Takut
Intinya tetep di bui ya emoticon-Traveller
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Kasih sanksi social gan. Sebar ke seluruh socmed biar kapok dah
Yang penting ditambah hukumannya
Quote:


komuk pendukung hoktod nih emoticon-Najis
trit sepi dr tukang sara, lngsung skip lah ni tritemoticon-Leh Uga
Quote:


jangan gitu gan, yang salah satu tikus satu rumah dibakar itu bodoh namanya. ntar kena karungin kasian orang dirumah gan.. dah banyak contoh soalnya. di medsos galaknya minta ampun pas ditangkap mirip ayam dicabut bulunya


entahlah moga aja yang benar ditunjukkan benar yang salah dihukum berat walapun ane pesimis liat oknum hukum kita. nih orang banyak juga yang bela kemarin.
Org yg ngebela org kek gini. Moga2 aja kluarga dia gk jadi korban predator kek yg dibelanya.
Sungguh menjijikan
di kediri kan di vonis di 2 pengadilan berbeda...PN Kabupaten 10 thn sama PN kotamadya 13thn. nah yang di PN Jatim salah satu pengadilannya di batalkan....diambil yang paling banyak 13 tahun...yang 10 tahun dibatalkan

bukan berarti dibebaskan, cuma biar satu pengadilan aja yang vonis...gak dobel2...
halaah yg tabrak orang aja lepas emoticon-Ngacir
mau ngarep apa coba hukum indo
Bukan bebas. Malahan hukumannya ditambah.
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di