alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b7b7c31cbfaa63398b4585/turki-tahan-tiga-mahasiswa-asal-indonesia
Turki tahan tiga mahasiswa asal Indonesia
Turki tahan tiga mahasiswa asal Indonesia
Seorang warga Turki melewati bendera negaranya.
Turki, negeri yang dikata pelbagai kalangan sebagai model bagi dunia Arab, agaknya tambah streng pascapercobaan kudeta oleh faksi militer pada pertengahan Juli lalu. Pemerintahannya tak henti menangkapi orang-orang oposan, utamanya yang dicurigai punya kaitan dengan Fethullah Gulen, ulama setempat yang eksil di Amerika Serikat.

Setelah upaya kudeta berlangsung, kiai bermazhab Hanafi itu dituding sebagai pemimpin teroris dan sang perancang kudeta. Semua yang ada persinggungan dengan gerakannya--yakni hizmet, atau pelayanan--jadi sasaran cokok. Termasuk sebagai tangkapan adalah dua mahasiswi asal Indonesia yang tengah menempuh pendidikan lanjutan di Turki.

Kabar mengenai pembekukan warga Indonesia itu disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, pada Kamis (18/8). Menurutnya, dua pelajar berinisial DP dan YU--masing-masing berasal dari Jawa Tengah dan Aceh--diringkus pada 11 Agustus di Daura karena diduga terlibat gerakan Hizmet.

"Kedutaan Besar Indonesia di Ankara telah berupaya untuk menemui (kedua) mahasiswi," ujar Arrmanatha dikutip The Jakarta Post. "(KBRI) pun telah menyiapkan seorang pengacara untuk memberikan bantuan hukum kepada mereka.'

Dilansir BBC Indonesia, Arrmanatha mengatakan proses penyelidikan mengenai "sejauh mana mereka dicurigai terlibat gerakan Gulen" masih berlangsung. Namun, hingga saat ini, "belum ada konfirmasi atau indikasi keterlibatan mereka dalam kelompok Gulen," katanya.

DP dan Yu mendapatkan beasiswa dari sebuah lembaga swadaya masyarakat asal Turki bernama Pacific Countries Social and Economic Solidarity Association atau PASIAD. Ia lembaga bentukan pengusaha-pengusaha Turki untuk membantu negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Perkumpulan itu termasuk sebagai yang diklaim pemerintah Turki memiliki sangkutan dengan Gulen.

Pada 28 Juli 2016, Kedutaan Besar Turki di Jakarta mengumumkan bahwa PASIAD terkait dengan Fethullah Gulen dan meminta sembilan sekolah yang tersebar di Indonesia ditutup karena bekerja sama dengan PASIAD.

Pada 3 Juni silam, seorang mahasiswa asal Indonesia bernama Handika Lintang Saputra, 21 tahun, juga ditangkap pihak berwenang. Dia diciduk aparat keamanan Turki karena dicurigai terlibat organisasi teror bersenjata yang terafiliasi dengan Fethullah Gulen.

Arrmanantha mengatakan bahwa Handika masih menunggu jadwal sidang pengadilan. "KBRI Ankara juga telah beberapa kali bertemu dengan Handika di rumah tahanan dan mendesak jaksa penuntut untuk mempercepat proses waktu sidang," katanya dikutip Viva.

Bertambatan dengan upaya kudeta yang gagal, otoritas Turki telah menahan lebih dari 35 ribu orang--yang kesemuanya dianggap memiliki hubungan dengan gerakan Gulen. Menurut Reuters, 17.740 orang dari jumlah itu telah dibebaskan secara resmi, 11.597 dilepaskan dari kurungan, dan 5.685 lainnya masih harus meringkuk di sel.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengarahkan telunjuknya kepada Fethullah Gulen yang telah tinggal di pengasingannya di Penssylvania sejak 1999. Namun, pihak yang menjadi sasaran syak menampik tudingan.


Gulen sendiri malah balik menduga pemerintah Turki sendiri yang merekayasa kudeta.

"Saya tidak yakin (masyarakat internasional) memercayai tudingan Presiden Erdogan," ujarnya pada Sabtu (16/7) dari Pennsylvania. "Ada kemungkinan kudeta itu dilancarkan (Partai Keadilan dan Pembangunan--partai Erdogan)," tambahnya.

Turki tahan tiga mahasiswa asal Indonesia


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...asal-indonesia

---

Wah kok bisa begitu
dan akhirnya saling menyalahkan... skenario kudeta kek.. emoticon-Leh Uga
ooo... si esdogyarr ni to yg jadi kebanggaan para turkiman sm turkimin
😩
Pejwan
Konspirasi nih, saling menyalahkan
×