alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Mengenal Andi Taufan Garuda Putra Pemilik Bisnis Investasi Yang Lagi Happening
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b7ac87a09a39c5678b4569/mengenal-andi-taufan-garuda-putra-pemilik-bisnis-investasi-yang-lagi-happening

Mengenal Andi Taufan Garuda Putra Pemilik Bisnis Investasi Yang Lagi Happening

Mengenal Andi Taufan Garuda Putra Pemilik Bisnis Investasi Yang Lagi Happening


Pernah dengar bisnis investasi p2p lending?

Kalau ia berarti anda termasuk yang kekinian. Nah kali ini kita coba berkenalan dengan pemilik bisnis P2P lending yang lagi happening alias lagi kekinian. Andi Taufan Garuda Putra, dari Amartha Microfinance - Amartha.com

Besar dari keluarga menengah, Andi Taufan Garuda Putra berbeda dari kebanyak anak muda. Meski menjadi lulusan kampus ternama, Institut Teknologi Bandung, tidak menjadikan pemuda kelahiran 24 Januari 1987 canggung untuk terjun langsung menolong orang yang berniat usaha tapi tidak punya modal.

Demi mimpinya berbisnis dan menjadi Indonesia bebas dari kemiskinan, Andi pun rela meninggal pekerjaannya di perusahaan IT papan atas, IBM Global Business Services, selama dua tahun untuk strategi Teknik Informatika dan implementasi sistem SAP.

Masa depan cerah yang dimiliki Andi Taufan Garuda Putra dipertaruhkan untuk mendirikan lembaga keuangan bernama Amartha Mircrofinance yang bertujuan melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil.

Dengan adanya koperasi Amartha Mircrofinance, kaum Ibu bisa meminjam dana untuk modal usaha ataupun kepentingan lainnya tanpa harus memberikan jaminan.

Melalui Amartha Mircrofinance, Andi memberikan pembiayaan mulai 500 ribu rupiah dengan cicilan yang diberikan terhitung kecil, bahkan bisa dicicil sampai 50 kali.

Pengusaha kecil tidak perlu kesulitan menambah modal. Ibu-ibu tidak hanya mengasuh anak tapi punya andil besar menambah penghasilan suami. Selain itu, ekonomi masyarakat di pedesaan juga akan semakin meningkat.

Andaikan ada banyak orang yang peduli dengan kaum kecil seperti Andi Taufan Garuda Putra, tentu Indonesia akan lebih cepat berkembang.

Memulai Bisnis p2p lending Amartha Micorfinance Bermodal 10 Juta Rupiah

Berdirinya Amartha microfinace tidak lepas dari keprihatinan Andi Taufan Garuda Putra melihat kesenjangan sosial ekonomi masyarakat di pedesaan.

Bermula saat pertemuannya dengan seorang ibu di desa Ciseeng, Kabupaten Bogor. Kepada Andi, ibu tersebut bercerita bahwa warung kecil miliknya terancam tutup karena uang untuk modal warung digunakan untuk biaya pengobatan sang anak.

Mendengar hal tersebut, Andi pun memberikan pinjaman sebesar 500 ribu rupiah agar si ibu bisa kembali membuka warung kecilnya.

“Saya meminjamkan dengan kesepakatan bahwa ia akan mengembalikan beserta bagi hasil dari keuntungan usaha. Ia setuju,” cerita Andi Taufan Garuda Putra.

Akhirnya, ia pun memutuskan mengawali projeknya di Desa Ciseeng. Hal ini tidak lepas karena mayoritas penduduknya tidak memiliki akses layanan ke perbankan.

Setelah Andi Taufan Garuda Putra melakukan riset, Amartha Mircrofinance resmi didirikan April 2010 dengan modal awal sebesar 10 juta rupiah.

Dalam dua tahun omset Amartha berhasil mengalami meningkat hingga 100 juta rupiah.

Mendapatkan Banyak Penghargaan

Berkat keyakinan dan kegigihannya, Andi Taufan Garuda Putra sukses menjembatani kesenjangan sosial untuk menjadi sebuah gerakan di mana semua orang dapat berpartisipasi untuk memberdayakan masyarakat.

Karena kerja kerasnya itu, Andi pun diganjar penghargaan Ashoka Young Change Makers Awards pada Desember 2010.

Berkat penghargaan itulah keluarga yang semula tidak setuju dengan keputusan Andi Taufan menjadi seorang enterpreneur, kini berbalik mendukung penuh langkah pemuda 29 tahun itu.

Selain itu, beberapa penghargaan lain juga berhasil didapatkannya, yakni:

  • Finalis Indonesia MDGs Awards, Februari 2012.
  • Finalis IPA Social Innovations and Enterpreneurship (Solve) Award, November 2011.
  • Penerima SATU Indonesia Award Oktober 2011.
  • Finalis Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI), Juli 2011.
  • Penerima Ashoka Young Change Makers Awards Desember 2010.
  • Kini, Amartha Mircrofinance telah memiliki lebih dari 20 ribu anggota dan 3 juta dolar dana pembiayaan bagi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di pedesaan.


Dengan semangat perubahan untuk memajukan ekonomi kerakyatan, mendorong Andi Taufan Garuda Putra membawa Amartha bertransformasi dari lembaga keuangan mikro menjadi peer-to-peer lending melalui marketplace Amartha.com.

Di platform keuangan berbasis teknologi itu, Andi mengajak masyarakat berinvestasi untuk membantu para UKM yang membutuhkan modal.

Dengan minimal investasi sebesar 3 juta rupiah, para investor yang menanamkan modalnya di Amartha.com, tidak hanya mendapatkan keuntungan 15 hingga 20 persen per tahun, namun juga sebuah impact sosial.

Impact sosial yang dimaksud adalah meningkatkan taraf hidup dan usaha para peminjam.

Ingin seperti Andi Taufan yang bisa memberikan impact dalam investasinya? Yuk mulai berinvestasi
Urutan Terlama
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 03


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di