alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b7a142d44f9f956d8b4568/jika-hasan-tiro-dipermudah-kenapa-arcandra-tidak
Jika Hasan Tiro Dipermudah, Kenapa Arcandra Tidak?
Jika Hasan Tiro Dipermudah, Kenapa Arcandra Tidak?

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah pernah mengembalikan status kewarganegaraan dua tokoh asal Nangroe Aceh Darussalam, Hasan Tiro dan Zaini Abdullah, mereka mengantongi kewarganegaraan Swedia setelah mencari suaka saat pergolakan di Aceh. Tindakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu menjadi tolak ukur untuk mengembalikan kewarganegaraan Arcandra Tahar.


Kala itu, SBY menggunakan Pasal 20 Undang-undang nomor 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan sebagai dasar untuk mengembalikan kewarganegaraan dua mantan tokoh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu. Pasal itu

berbunyi, 'Orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara dapat diberi Kewarganegaraan Republik Indonesia oleh Presiden setelah memperoleh pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, kecuali dengan pemberian kewarganegaraan tersebut mengakibatkan yang bersangkutan berkewarganegaraan ganda.'


Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Ikrar Nusa Bhakti mempertanyakan sikap pemerintah terhadap Arcandra Tahar. Kata dia, Hasan Tiro dan Zaini Abdullah yang dulu merupakan tokoh gerakan separatis dapat dengan mudah memperoleh kewarganegaraan mereka kembali.


"Kenapa pada Arcandra yang tidak pernah melakukan pemberontakan atau melakukan kampanye anti Indonesia kemudian tidak diberikan?" kata Ikrar saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat (19/8/2016).


Zaini Abdullah yang dulu merupakan juru runding GAM kini menjadi Gubernur Nangroe Aceh Darussalam. Kemudahan juga diberikan kepada masyarakat Aceh yang tinggal dan menjadi warga negara Malaysia. Kemudahan mengembalikan kewarganegaraan diatur dalam Perjanjian Helsinki. Pembangunan di Aceh pun terbilang sukses dalam beberapa waktu terakhir.


Presiden harus berkonsultasi dengan DPR untuk menerapkan pasal 20 dalam UU tentang Kewarganegaraan itu. Ikrar berpesan, DPR tak perlu mempersulit proses pemberian kewarganegaraan karena berbagai kepentingan sempit yang mereka miliki.


Sebab, Arcandra sendiri ogah kembali ke Amerika Serikat. Pria kelahiran Pariaman itu ingin mengabdikan ilmu dan pengalaman yang dimiliki demi pengelolaan minyak dan gas yang lebih baik di Indonesia.


Jika Hasan Tiro Dipermudah, Kenapa Arcandra Tidak?
Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Ikrar Nusa Bhakti

Ikrar mengatakan, Arcandra pun harus memberikan penjelasan dan permintaan maaf atas apa yang dilakukannya. "Lalu, dia menyatakan bahwa saat ini telah menyatakan untuk menjadi warga negara Indonesia secara penuh," kata Ikrar.


Arcandra Tahar diberhentikan sebagai Menteri ESDM setelah menjabat selama 20 hari. Waktu yang pendek untuk menjabat sebagai menteri. Arcandra diketahui mengantongi paspor Amerika Serikat sejak 2012, paspor itu berlaku hingga 2022.


Sebelum dipanggil Presiden Joko Widodo, Arcandra merupakan CEO Petroneering LLC, sebuah perusahaan pengelolaan minyak laut lepas di Houston, Texas. Arcandra telah tinggal di Amerika Serikat sejak 1996. Kini, Arcandra tak memiliki kewarganegaraan karena aturan yang ada di Amerika Serikat dan Indonesia.


Usai diberhentikan secara terhormat, Arcandra muncul di Istana Kepresidenan jelang upacara penurunan bendera peringatan 71 Kemerdekaan Indonesia. Arcandra membawa beberapa berkas saat memasuki Istana. Pria asal Pariaman ini enggan berkomentar terkait pencopotannya.


Arcandra pun tak banyak komentar saat ditanyakan kemungkinan untuk kembali duduk di posisi Menteri ESDM yang dijabat selama 20 hari. Ia mengatakan, mengabdi kepada negara tak harus menjadi menteri.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...arcandra-tidak

---

Kumpulan Berita Terkait KEWARGANEGARAAN ARCANDRA TAHAR :

- Jika Hasan Tiro Dipermudah, Kenapa Arcandra Tidak? Jika Hasan Tiro Dipermudah, Kenapa Arcandra Tidak?

- Jika Hasan Tiro Dipermudah, Kenapa Arcandra Tidak? Untung Rugi Pemberlakuan Dwi Kewarganegaraan

- Jika Hasan Tiro Dipermudah, Kenapa Arcandra Tidak? Persoalan Arcandra tak Harus Menjadi Pemicu Wacana Revisi UU Kewarganegaraan

Orang jenius dikecewakan
Ini masalahnya kepentingan politik
Tarik-menarik kepentingan politik vs mafia minyak...
Yang beginian kasusnya udah banyak emoticon-Ngakak (S)

Irfan Bachdim aja bisa, Sergio Van Dijk juga bisa, Gloria bisa, trus ketua partai yang itu juga bisa tuh. Nah yang ini kepentingannya beda bray emoticon-Ngakak (S)
Kepentingan sih ini, msh hitung2an untung-rugi
salah lagi?
belum ada win win solution nya nih emoticon-Traveller
karena presiden kita kan, hanya petugas partai. ga berani gerak bosss.

tp kalo pak jok mau mengembalikan ane salut deh
Konteksnya aja beda...,
jombleo...

Narik arcandra ke kabinet itu pihak istana gak cek dlu identitas ybs ?
Trus ybs dah ada paspor us itu nggak info dlu ke yg mau angkat dia jd mentri ? Opurtunis sejati, gak mau rugi emg...

Bandingin sama eks gam, maksud & tujuan jg udah beda..., istana psti juga dah tau paspor org2 gam itu, mangkanya ditwarin ke wni lgi...

Nah nih mksudnya istana kmaren2 itu tau gak kwrganegaraan si at itu ?, kalo tau harusnya jdiin wni dlu bru diangkat jd mntri...

Quote:Original Posted By alka7ex
karena presiden kita kan, hanya petugas partai. ga berani gerak bosss.

tp kalo pak jok mau mengembalikan ane salut deh


Kembaliin apanya gan ?
Jdi wni ?,

kan at jd wna atas kmauan dia sndiri, udah sumpah setia ke us, lalu sumpah lgi jd wni ?
emoticon-Big Grin

At waktu sumpah buat setia ke us, gak sadar ?, gak ngrti aturan indo ? [Blablabla] too many reason gan...
Quote:Original Posted By andezet
Konteksnya aja beda...,
jombleo...

Narik arcandra ke kabinet itu pihak istana gak cek dlu identitas ybs ?
Trus ybs dah ada paspor us itu nggak info dlu ke yg mau angkat dia jd mentri ? Opurtunis sejati, gak mau rugi emg...

Bandingin sama eks gam, maksud & tujuan jg udah beda..., istana psti juga dah tau paspor org2 gam itu, mangkanya ditwarin ke wni lgi...

Nah nih mksudnya istana kmaren2 itu tau gak kwrganegaraan si at itu ?, kalo tau harusnya jdiin wni dlu bru diangkat jd mntri...



setubuh sama agan ini aja
semoga diberi kemudahan
Karena berbeda permasalahan, jangan disamakan.

Lagipula orang yg punya kewarganegaraan lebih dari satu berarti dia tidak konsisten. Negara Indonesia maunya orang yg konsisten oleh karenanya uu melarang dwi kewarganegaraan.
Masa sekelas menteri gak konsisten.. Dan mengapa dari awal dia mau menjadi wn usa? Kan sebetulnya bisa saja berkarir dengan menjadi wni? Apakah wni tidak layak menjadi pemimpin sebuah perusahaan berkelas. Tapi kenapa pak habibi bisa mendapatkan hak spesial dari jerman? Ada yang bisa membantu saya?
Karena saya dari dahulu tertarik dengan permasalahan dwi kewarganegaraan.
Quote:Original Posted By andezet


Kembaliin apanya gan ?
Jdi wni ?,

kan at jd wna atas kmauan dia sndiri, udah sumpah setia ke us, lalu sumpah lgi jd wni ?
emoticon-Big Grin

At waktu sumpah buat setia ke us, gak sadar ?, gak ngrti aturan indo ? [Blablabla] too many reason gan...


gini boss, situ jg harusnya udah tau. orang pinter di indo knp pada keluar negeri karena ga ada fasilitas bagus di indonesia untuk menunjang penelitiannya, makannya keluar. tapi terkadang banyak orang pinter diluar pengen balik gann mau mengabdi, tapi masalah lagi nih disini ga ada kerjaan yang sesuai bidangnya dan kelasnya.

pak candra ditarik jokowi doi pasti seneng lah, jadi mentri pulak, mengabdi ke indo doi seneng pak jok seneng rakyat seneng karena dapet angin segar untuk dunia perenergian indonesia. masalah fatal ngegetok pa chandra karena masalah passpor itu, itu ga bisa dipungkiri, bener2 fatal.

yg ane binggung knp pak joko ga mau bersabar buat menuhi regulasi 1 1. jangan maen angkat. inget masalah kereta cepat pa joko pengen cepet2 bagun, pa jonan pengen menuhi regulasi 1 1.

dari hal tsb. diambil kesimpulan, pak joko terlalu terburu2. andaikan pak joko mau ikuti regulasi 1 1 dan bersabar. mungkin pa chandra ga bakal kepentok ini.

rakyat kecewa loh, dapet tenaga seger malah dilepass.
skr pak JK bilang gini pak chandra bisa masuk mentri lg dengan memenuhi regulasi ada 2 opsi 1. manual pake naturalisasi 5 thn. 2 cepat pake bantuan dpr.

pake opsi 2 emg enak. cuman emg dpr mau ngizinin? secara isinya orang2 KMP, dan ane yakin pak joko pun tau hal ini.

intinya pak chandra kena checkmate. di indo ditarik tapi ditendang.
balik ke AS bisa kerja lg(biasanya perusahaan yang mengakui kemanpuan seseorang mau2 aja2). tapi ga bakal jd CEO karena mungkin sudah diisi orang lain.

emg presiden kita tipikalnya pengen buru2 molo. gak kereta, brexit, mentri.

ane yakin juga boss, pak joko ditekan sana sini. karena esdm itu posisi basah panas seger enak.

kalo ga ditekan pasti ga bakal dipermasalahan. ujung2nya sih politik.

namanya indo, posisi diisi orang2 politik yg ga ngerti apa2. posisi ini diisi tni, itu apa ini apalag emoticon-Ngakak
Setuju ane gan. Itu orang oportunis sejati. Gak penting banget. Saya pikir orang indonesia banyak yang lebih pinter. Gak usah naturalisasi2...gak usah mikir yang diluar2...mikir aja yang di negara sendiri
×