alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57aa70db62088139268b4571/pemerintah-lengkapi-aturan-repatriasi-dana-di-sektor-riil
Pemerintah lengkapi aturan repatriasi dana di sektor riil
Pemerintah lengkapi aturan repatriasi dana di sektor riil
Wajib pajak berkonsultasi dengan petugas saat melakukan pendaftaran peserta program pengampunan pajak (Amnesti Pajak atau Tax Amnesty) di Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jawa Timur II, Juanda Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (8/8/2016).
Untuk melengkapi aturan teknis kebijakan amnesti pajak, pemerintah akhirnya menuntaskan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur investasi di sektor riil.

Aturan itu diterbitkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang tertuang dalam PMK Nomor 122 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengalihan Dana Wajib Pajak ke Dalam Negeri (Repatriasi) serta Penempatan Investasi di Luar Pasar Keuangan. Peraturan tersebut melengkapi dua PMK, yakni PMK no 118 dan PMK no 119, dan satu Keputusan Menteri Keuangan yang sudah terlebih dahulu dirilis.

"PMK ini mengatur investasi di sektor riil, properti, logam mulia, dan bentuk lainnya yang sah," kata Kepala Subdirektorat Pengelolaan Portofolio Surat Utang Negara Kemenkeu, Novi Puspita Wardani, yang ditemui di Hotel Mulia Selatan, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Jika dua PMK sebelumnya mengatur aliran dana repatriasi bisa masuk ke dalam tiga instrumen pengelolaan dana, maka PMK ini hanya membolehkan dana repatriasi yang masuk harus melalui perbankan yang ditunjuk sebagai gateway (daftar bank gateway bisa dilihat di sini) saja.

"Ini dilakukan agar monitor terhadap dana repatriasi yang masuk ke sektor non keuangan dapat dilakukan lebih optimal," kata Novi.

Salah satu bagian PMK No. 122 tahun 2016 juga diatur mengenai ketentuan status manajer investasi yang mengelola dana repatriasi itu. Yaitu manajer investasi itu dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau anak usahanya, mengelola reksadana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif dengan aset jaminannya proyek sektor riil senilai minimal Rp200 miliar.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida mengatakan, pembahasan PMK ketiga tersebut berlangsung lama karena terkait dengan batasan waktu penempatan dana di dalam negeri minimal selama tiga tahun. Namun, mekanisme penguncian waktu itu menjadi sulit kalau dananya ditempatkan ke sektor riil.

Dengan diterbitkannya PMK terbaru ini, Kementerian Keuangan hanya tinggal menambahkan peraturan mengenai Special Purpose Vehicle (SPV). Novi mengaku saat ini Kemenkeu sedang berkoordinasi dengan Ditjen Pajak untuk menerbitkan aturan yang akan diterbitkan dalam waktu dekat.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pembiayaan, Pengelolaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Loto Srianita Ginting pernah mengungkapkan, Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pembiayaan, Pengelolaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Loto Srianita Ginting pernah mengungkapkan, salah satu poin pembahasan penempatan dana di sektor riil adalah skema penempatan dana, apakah berdasarkan sektor usaha atau hanya terbatas untuk proyek infrastruktur prioritas.

Terkait sektor usahanya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, yang akan menentukan dan mengumumkan sektor usaha atau proyek prioritas yang mendapat kucuran dana repatriasi hasil amnesti pajak itu.

Sementara itu, hingga hari Senin (8/8/2016) dana yang sudah dideklarasikan dalam program amnesti pajak sudah mencapai Rp9,27 triliun dengan total dana tebusan mencapai Rp193 miliar.

"Saat ini sudah ada 55 perusahaan sebagai gateway bagi program amnesti pajak yang terdiri dari 18 bank, 18 manajer investasi, dan 19 perantara pedagang efek," ujar Sri Mulyani dalam Kompas.com.

Jumlah gateway tersebut, sambung Sri, sudah diperluas dari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi alasan untuk tidak mengikuti program yang akan berakhir Maret 2017 tersebut.
Pemerintah lengkapi aturan repatriasi dana di sektor riil


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...di-sektor-riil

---

Wah.. Agak ribet yah.. Ijin nyimak lagi yah gan.. emoticon-Big Grin