alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57976bc9d89b09887e8b456b/anggota-komisi-iii-desak-kapolri-jelaskan-sp3-kasus-kebakaran-hutan
Anggota Komisi III Desak Kapolri Jelaskan SP3 Kasus Kebakaran Hutan
Anggota Komisi III Desak Kapolri Jelaskan SP3 Kasus Kebakaran Hutan

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman mengatakan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian harus menjelaskan alasan Polri, khususnya Polda Riau, menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) terhadap 15 perusahaan yang diduga terlibat dalam pembakaran hutan di Provinsi Riau.

"Kapolri harus berikan penjelasan secara terbuka alasan-alasan dikeluarkannya SP3 kasus kebakaran hutan," katanya di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Dia juga meminta Presiden Joko Widodo memanggil Kapolri terkait hal ini. Isu kebakaran hutan, kata Benny, bukan hanya isu nasional, namun juga dibahas oleh masyarakat global.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, kasus ini menyebabkan kerusakan lingkungan hidup dan menghilangkan nyawa manusia sehingga menimbulkan tanda tanya saat polisi menerbitkan SP3.

"Publik bertanya kenapa Polisi gampang keluarkan SP3 karena kasus kebakaran hutan memiliki dimensi internasional dan nasional," ujarnya.

Benny mengatakan, jika tidak ada penjelasan detail dari kepolisian bisa jadi akan menimbulkan dugaan dan prasangka publik. Dia mencontohkan ada rumor yang menyebutkan bahwa Presiden memerintahkan Kapolri terbitkan SP3 karena mendapatkan tekanan dari pengusaha.

"Ada rumor menyebutkan Presiden perintahkan Kapolri terbitkan SP3 karena Presiden mendapatkan tekanan dari pengusaha sehingga hal ini butuh penjelasan," ucapnya.

Benny menegaskan, Komisi III DPR akan terus mengawasi perkembangan kasus tersebut karena penegakkan hukum tidak bisa tajam ke bawah, namun tumpul ke atas.

Sebelumnya, kebakaran hutan hebat terjadi di Riau pada Juli tahun lalu. Dalam kebakaran tersebut ditemukan unsur kesengajaan yang akhirnya menyeret 15 perusahaan serta 25 orang ke meja hijau.

Namun, polisi menerbitkan SP3 pada Januari 2015 atau tiga bulan setelah penetapan tersangka korporasi.

Adapun ke-15 perusahaan tersebut adalah PT Bina Duta Laksana (HTI), PT Ruas Utama Jaya (HTI), PT Perawang Sukses Perkasa Indonesia (HTI), PT Suntara Gajah Pati (HTI), dan PT Dexter Perkasa Industri (HTI).

Lalu, PT Siak Raya Timber (HTI), dan PT Sumatera Riang Lestari (HTI). Lalu, PT Bukit Raya Pelalawan (HTI), PT Hutani Sola Lestari, KUD Bina Jaya Langgam (HTI), PT Rimba Lazuardi (HTI), dan PT PAN United (HTI).

Kemudian, PT Parawira (Perkebunan), PT Alam Sari Lestari (Perkebunan), dan PT Riau Jaya Utama.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar sebelumnya menegaskan, pihaknya memiliki alasan kuat untuk menghentikan penyidikan kasus kebakaran hutan yang melibatkan 11 perusahaan di Riau.

Jika ada pihak yang merasa keberatan, kata Boy, Polri terbuka dengan perlawanan tersebut. "Kalau masyarakat merasa ada yang dirugikan, gugat saja keputusan itu. Terbuka kok, ada praperadilan. Kalau memang itu dinilai sesuatu yang tidak patut," kata Boy di Mabes Polri, Kamis (21/7/2016).
Perkara, kata Boy, dihentikan lantaran kurangnya bukti yang memberatkan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut merupakan dalang di balik kebakaran hutan di Riau.

"Apakah alat bukti yang ia miliki kuat atau tidak. Semuanya menjadi ranah penilaian oleh penyidik," ujar Boy.

Menurut Boy, penghentian suatu perkara tersebut tidak dilakukan secara tiba-tiba. Penghentian berdasarkan pencermatan dari hasil penyidikan yang diambil dari bukti dan keterangan para saksi apakah ada unsur perbuatan melawan hukum.

Jika tidak terdapat unsur melawan hukum, maka suatu perkara tak bisa dipaksakan untuk berlanjut.

sumur: http://nasional.kompas.com/read/2016...campaign=Khlwp

youtube-thumbnail


Lingkungan udah ancur2an malah SP3...emoticon-Nohope Ni negara jadi jongos pengusaha memang lama2, rakyat kecil dikorbankan molo untuk kepentingan yang punya duit lebih banyak, aparat malah jadi jongos pengusaha...emoticon-Mad Masih mending yang loreng getol cari pembalak molo drpd yang coklat malah sibuk main2in kasus.
Apa cuma gua yg gak ada pitur uplod gambar ? emoticon-Bingung (S)
penjelasan ala kadarnya
Oh, mau dibuldozer? emoticon-Leh Uga
Trus, klu mmg layak dihentikan mau apa? Klu mmg layak diteruskan, kasi sumur dan penjelasan knp yg katanya para pembela dan pecinta lingkungan diam aja?
Jd tlg berikan sumur pendukung krn pemirsa jarang yg mau ribet nyari sumur pendukung. Jd harap maklum.

emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By mbahmomon
penjelasan ala kadarnya


Miris...emoticon-Nohope
"Ada rumor menyebutkan Presiden perintahkan Kapolri terbitkan SP3 karena Presiden mendapatkan tekanan dari pengusaha sehingga hal ini butuh penjelasan," ucapnya.


hanya rumor,, katanya.. mungkin emoticon-Sorry emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh
Coba cek diperusahaan2 itu ada direksi/komisaris mantan org berbintang gk? emoticon-Malu
Quote:Original Posted By bukan69
"Ada rumor menyebutkan Presiden perintahkan Kapolri terbitkan SP3 karena Presiden mendapatkan tekanan dari pengusaha sehingga hal ini butuh penjelasan," ucapnya.


hanya rumor,, katanya.. mungkin emoticon-Sorry emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh


Dari dolo para pemimpin negara ni kenapa selalu tunduk ama pengusaha mafia...miris...emoticon-Cape d... (S) Udah ratusan ribu rakyat keracunan karbondioksida bahkan ada juga bayi yg ampe meninggal, malah di SP3 pelaku2nya....dagelan apa lagi ini...emoticon-Mad
Quote:Original Posted By acabindonesia
Dari dolo para pemimpin negara ni kenapa selalu tunduk ama pengusaha mafia...miris...emoticon-Cape d... (S) Udah ratusan ribu rakyat keracunan karbondioksida bahkan ada juga bayi yg ampe meninggal, malah di SP3 pelaku2nya....dagelan apa lagi ini...emoticon-Mad



ya silahkan di usut kasusnya
ga ada yg berani di bulldozer luhut


emoticon-Recommended Seller
kayak gak tau aja alasan kenapa bisa di SP3 emoticon-Big Grin
apa lagi kalo buka.. emoticon-Malu (S)
Ditimpuk henhpong ntar, kader santunnya disentil-sentil. Apa lagi sekarang mau maju jadi cawagub santun
Inget.. ada yg mau buldozer..
Quote:Original Posted By be.funny
kayak gak tau aja alasan kenapa bisa di SP3 emoticon-Big Grin
apa lagi kalo buka.. emoticon-Malu (S)


Tahun depan berarti siap2 aja ada korban mati berikutnya gara2 asap di sumatera ama kalimantan...miris...emoticon-Cape d... (S)
ini yang dulu heboh katanya mau nuntut 7M kalog ga salah