alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/579754ac162ec23d2a8b4567/menko-polhukam-pemerintah-kaji-kebijakan-tidak-penjarakan-koruptor
Menko Polhukam: Pemerintah Kaji Kebijakan Tidak Penjarakan Koruptor
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini pemerintah sedang mengkaji kebijakan untuk tidak memenjarakan terpidana korupsi.

Kebijakan ini dilatar belakangi asumsi bahwa koruptor tidak merasakan efek jera saat dipenjara. Untuk itu, pemerintah merancang hukuman alternatif.

Selain itu, pertimbangan lain untuk tidak memenjarakan koruptor karena kondisi sel di Indonesia yang sudah tidak memadai untuk menerima tambahan narapidana dalam jumlah banyak.

"Kalau dia (koruptor) terbukti merugikan negara, kita bisa hukum dengan mengembalikan uang negara, ditambah penalti, dan pemecatan dari jabatannya. Kalau masuk penjara, maka penjara kita bisa penuh nanti," ujar Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa.


Terkait rancangan kebijakan tersebut, menurut dia, pemerintah saat ini telah membentuk tim pengkaji penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

Pemerintah, lanjut Luhut, juga sedang membandingkan praktik hukuman alternatif yang digunakan sejumlah negara lain terhadap para pelaku tindak pidana korupsi.

Namun, Menko Polhukam menerangkan pembahasan mengenai aturan ini masih pada tahap awal sehingga perlu lebih dimatangkan lagi konsep pemberian hukuman dan efek jeranya.

"Kita masih bicarakan masalah (hukuman) itu, saat ini masih terlalu awal," katanya.

Saat ini, tindak pidana korupsi diatur UU Tipikor dan KUHP. Hukuman bagi mereka yang terbukti korupsi adalah penjara, tidak ada hukuman lain.

http://nasional.kompas.com/read/2016/07/26/18403061/menko.polhukam.pemerintah.kaji.kebijakan.tidak.penjarakan.koruptor?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Ide yg luwar biyasaaah papa luhut

emoticon-Leh Uga
Luhut anjinggg
iaa jgn di penjara,lsg suntik mati buang ke laut is the best punishment
Sita seluruh hartanya aja pak. Pasti kapok dah
dihukum mati aja..... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Ga keberatan sih gw, tapi bener2 harus jadi miskin.. tinggal digubuk, dll.
Kalo ga dpnjara lalu dimiskinkan kira2 prosedur memiskinkany gmna ya? Institusi KPK lalu kerjaany apa ya? Mudah mudahan aja KPK yg memiskinkan para koruptor2 Dan KPKlah yg mngerjakan tugas tugas amanah tsb emoticon-Angel


Ga dpnjara ga apa apa, tapi KPK yg mlakukan prosedur memiskinkan koruptor smpe bahas msalah2 koruptor emoticon-Cool jadi KPK tu polisinya bagi para Koruptor2 emoticon-Kiss
Asal benar2 dimiskinkan dan diberi hukuman kerja sosial slama 20 tahun gue seneng2 aja emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By oatmeal11

"Kalau dia (koruptor) terbukti merugikan negara, kita bisa hukum dengan mengembalikan uang negara, ditambah penalti, dan pemecatan dari jabatannya. Kalau masuk penjara, maka penjara kita bisa penuh nanti," ujar Luhut di kantornya, Jakarta

http://nasional.kompas.com/read/2016...campaign=Kknwp

Ide yg luwar biyasaaah papa luhut

emoticon-Leh Uga



argumen yang lemah emoticon-Big Grin

lol, penjara bakal penuh emoticon-Big Grin

goblokemoticon-Big Grin

menkopolhukam sampe ngurusin ginian

pesindennya luhut apa jongoswi sih? emoticon-Big Grin


eh presiden emoticon-Embarrassment
menkumham nya kemana? emoticon-Big Grin

urusan nasional sekarang luhut terus yang ngomong emoticon-Big Grin
memang seharusnya ga usah dipenjara,tapi langsung digantung aja emoticon-Leh Uga
sita aja semua hartanya, gak usah disisain..
termasuk rekening2 di anak istrinya..
terlibat korupsi, jadiin gelandangan aja 1 keluarga..
gubragg...apa bener terus berefek jera kalau hny memiskinkan tidak dipenjara??..ini hny ngeles utk melindungi koruptor saja...koruptor jera klo dihukum yg lebih berat sekaligus dimiskinkan...faktanya yg dibui buinya mewah dan tetep tidak miskin..malah ada yg tidak dibui tidak diborgol disambut bak pahlawan dan tetep kaya..emoticon-Wkwkwk
negri ora jelass
yang dimiskinan jangan cuma pelakunya tapi juga anak2, bapak dan ibu-nya, biar kerasa tuh.

kalo pingin bikin jera, incer keluarganya, keluarganya juga harus dikasih denda ato hukuman sosial, pasti kerasa banget tuh. bakal mikir 100 kali sebelum korupsi.
Hukum mati aja beres di lapas masing"...

Jangan berlagak melindungi HAM tapi nyedot duit negara...

Jangan belagak beradab dan beragama, tapi tingkah laku dan perbuat, bertentangan semua...

Jangan jadi bangsa yg munafik!!!
kalo penjara penuh, ya dibangun lagi dong pak, di lapindo, wisma atlet/beli aja tuh sebelahnya sumber waras, Dari sabang smpe meraoke masih banyak kok lahan kosong
Quote:Original Posted By greg101



argumen yang lemah emoticon-Big Grin

lol, penjara bakal penuh emoticon-Big Grin

goblokemoticon-Big Grin

menkopolhukam sampe ngurusin ginian

pesindennya luhut apa jongoswi sih? emoticon-Big Grin


eh presiden emoticon-Embarrassment


memang iya kok gan penjara udah makin penuh..
hukuman penjara sekarang udh dianggap kuno dan gak efektif.
di ruu kuhp nantinya juga akan memberikan pedoman bagi para hakim untuk tidak menjatuhkan pidana penjara sebagai hukuman.

gue lebih setuju kalo koruptor itu di miskinkan, entah harta yg dia dapet dr korupsi atau gak pokoknya sita semua hartanya tanpa harus membuktikan kalo itu harta didapat bkn dr korupsi, trs dicabut hak2 politiknya, trus klo perlu diasingkan di hutan sono.
saiya setuju koruptor gag perlu dipenjara.
sita semua hartanya, mampusin orangnya.
itu yg lbh pantes.
Quote:Original Posted By lokiloki91
memang iya kok gan penjara udah makin penuh..
hukuman penjara sekarang udh dianggap kuno dan gak efektif.
di ruu kuhp nantinya juga akan memberikan pedoman bagi para hakim untuk tidak menjatuhkan pidana penjara sebagai hukuman.

gue lebih setuju kalo koruptor itu di miskinkan, entah harta yg dia dapet dr korupsi atau gak pokoknya sita semua hartanya tanpa harus membuktikan kalo itu harta didapat bkn dr korupsi, trs dicabut hak2 politiknya, trus klo perlu diasingkan di hutan sono.


nope

tujuan luhut bukan kesitu dia ada tujuan untuk meringankan hukuman buat para koruptor.

penjara penuh bukan alesan

untuk koruptor dan keluarganya dimiskinkan itu gua 100000000000000000 % setuju sama elu

hukuman penjara udah kuno dan gak efektif itu dapet kesimpulan darimana?

gua lebih setuju hukuman "komplit" buat koruptor (di penjara, dimiskinkan, hak politik dicabut dsb)


Bunuh aja sekeluarga... Dri anak sampe ortunya.... emoticon-Marah
×