alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57975112529a451a2a8b4577/yg-ngerti-tentang-kpr-masuk-yeee
Yg ngerti tentang KPR masuk yeee
Misi gan...
Cuma mau sharing dan tanya seputaran masalah perumahan
Maaf kalau salah kamar.....

Tahun 2015 lalu adik ane (sekarang da almarhum) booking fee plus DP in perumahan di salah satu sudut kota Medan.
DP sudah lunas.. Alhasil tinggal tunggu konfirmasi dari pihak developer untuk pembayaran akad kredit.

Di tahun 2016.. Tepatnya d bulan Februari, adik saya jatuh sakit.. Seminggu d rawat di Rs.. Nah, tepat Senin 22 Februari di pagi harinya..
Adik saya ngomong "harusnya hari ini bayar akad kredit bang"
Saya jawab " tapi sakit, apa tidak bisa d tunda atau pihak developernya datang kemari, kan tinggal bayaran dan ttd aja"
Adik saya "bisa sih di lain hari.. Tapi di Senin dan Kamis aja"

Skip.....

Hal yg tidak diinginkan terjadi,
Adik saya di panggil Allah untuk kembali kepadaNYa
Dihari dimana alm akan melakukan akad kredit (Senin 22 feb. Selepas isya)

Skip....

2 Minggu setelah pemakaman adik saya, saya konfirmasi ke developer... Sama developer disuruh lengkapi berkas...

2 bulan setelahnya (lama, emang ia.. Soalnya ada masalah di administrasi keluarga) berkas pun siap... Dan saya antar ke pihak developer.. Done berkas tidak ada yg kurang

1 bulan setelah berkas saya antar... Tepatnya di Mei.. Developer memberikan surat pernyataan tidak perpanjang/pembatalan pembelian rumah...
Done.. Surat selesai 3 hari setelahnya...

Nah... Sampai detik ini....
Saya konfirmasi ke pihak developer.. Kapan booking fee, Dp bisa d kembalikan ....
Jawaban pihak developer (pic yg menangani) menawan tidak tahu......

Saya bingung...
Apa ia selama itu.. 2 bulan dari surat pernyataan pembatalan dikirim belum ada jawaban..

Yg bikin aneh... Pic/petugas pengurusnya tidak tahu kapan ??????

Developernya saya rahasiakan dulu...
Rencana Sabtu ini saya mau ke developer untuk menanyakan kepastian kapan dana d balikin

Apa saya perlu ke LPSK atau masukin koran jika tidak ada jawaban.pasti...

Yg ngerti dan paham... Saya minta bantuan agan sekalian


Terima kasih
Salam
Cendol dan bata
Saya tidak mengerti tentang kpr, saya hanya mengerti tentang isi hati dan g-string wanita, karwna saya tampan

emoticon-Cool
salam TAMPAN
Ga ngerti bree, cb tnya bwh ane emoticon-Peace
mungkin bawah ane gan yg tauemoticon-Sorry
Mungkin bawah ane tau
wah gatau ane gan, blom punya rumah emoticon-Big Grin
Mahok bawah ane ahlinya emoticon-Cool
ane gak ngerti, tapi dah terlanjur masuk emoticon-Frown
tapi gak sampe ngecrot kok emoticon-Smilie

oh, atas ane om maho
Yg ngerti tentang KPR masuk yeee
bawah ane braay ngerti dia emoticon-Leh Uga
yg saya tau sebelom akad kredit uang nasabah kpr blom masuk k bank sama sekali jadi masi ngendap d developer(kalaupun uda disetor k bank itu cuma berapa persenya ja) jadi untuk kasus agan ini dp+booking fee harusnya langsung dikembalikan
kalaupun tak ada halangan jika pihak nasabah membatalkan uang ttp balik kecuali booking fee
developer sering beralasan klw dp agan dh disetor k bank agan langsung datengin banknya aj
dari cerita ente diatas berarti itu belum proses terjadinya akad kredit untuk KPR gan.
apabila sdh terjadi akad kredit di bank dan telah terjadi pencairan dari bank yang dibayarkan ke developer serta keluar asuransi maka itu yg akan dibayarkan oleh asuransi jiwa.
Karna ini belum terjadi KPR, otomatis DP dari developer itu menjadi tanggung jawab sesuai yang tertulis diperjanjian antara adek ente dan developernya.
Nah skrng ada gak perjanjian di awal antara adek ane dan developer terkait DP?
apakah DP itu hangus bila tdk jd membeli rmh atau DP itu akan dikembalikan 100% bila tdk jd beli rmh atau d tolak KPR nya oleh bank.
Ane kaga ngarti..ane keluar aje dah.
emoticon-Traveller
yg atas ane jwb udh betul semua gan
itu msh tahap awal bgt,blm ada kaitan sm bank kpr
kalo mshl dp minta balikin coba liat di brosur biayanya kena fee untuk pembatalan
kalo tanda jadi emng ga bs dibalikin nominalnya kecil 500-2jt
kalo dp itu hrg dp brp persen dr harga rmh tp biasanya bisa dibalikin
ane ga ngerti . tapi boleh masuk kaan emoticon-Traveller
ane pernah gan tp dgn kasus yg beda, dp ane kembali dgn potong booking fee.
ane dulu d tolak bank karena kelamaan utk akad kredit, pas posisi ane kerja di mining yg schedule nya 4 bulan sx cuti.
syarat nya cuma ngembaliin bukti pembayaran dan 15 hari sudah cair.
Aku ndak paham ...
Saya kagak tau gan, mungkin bawah ane anak dpr
emoticon-Hammer2
wah kok lama amat yah...
2 bulan duit belum d balikin...
apa kagak bakal balik?
Harusnya DP bisa kembali gan tapi dipotong booking fee. Konfirmasi aja dulu ke developernya, kalau mereka masih ribet mending tulis aja surat pembaca di koran.
Quote:Original Posted By clearscreen
dari cerita ente diatas berarti itu belum proses terjadinya akad kredit untuk KPR gan.
apabila sdh terjadi akad kredit di bank dan telah terjadi pencairan dari bank yang dibayarkan ke developer serta keluar asuransi maka itu yg akan dibayarkan oleh asuransi jiwa.
Karna ini belum terjadi KPR, otomatis DP dari developer itu menjadi tanggung jawab sesuai yang tertulis diperjanjian antara adek ente dan developernya.
Nah skrng ada gak perjanjian di awal antara adek ane dan developer terkait DP?
apakah DP itu hangus bila tdk jd membeli rmh atau DP itu akan dikembalikan 100% bila tdk jd beli rmh atau d tolak KPR nya oleh bank.


Ia gan.. Belum akad.. Makanya ane usahain minta balik DP....perjanjian DP balik.. Kalau boking fee. Kalau kita ngebatalin hangus.
Dalam kasus ini... Ok deh separah2nya boking fee hangus...
Cuma uang DP.. Masa si pic/developernya. Ga tau kapan bisa balikin DP nya...

Mana tau ada yg ngalamin...

Duit alm. Rencana mau kita belikan tanah dan bangunkan rumahnya sesuai cita2nya semasa hidup.. Buat ibu kami

Ok deh.. Tq infonya.
Semoga bisa membantu saya