alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57972179162ec2e46a8b4568/10-makanan-indonesia-yang-terenak
10 Makanan Indonesia yang terenak
Salah satu alasan yang menjadikan saya betah tinggal di Indonesia adalah makanannya. Makanan Indonesia begitu enak dan juga banyak digemari orang, termasuk turis asing yang datang ke Indonesia.
Tidak heran, wisata kuliner di Indonesia banyak digemari dan telah menjadi trend tersendiri.
Saya sendiri bukannya tidak suka makanan asing. Tetapi jujur saja, lidah saya ini lebih cocok dengan makanan khas yang berasal dari Indonesia. Mungkin lidah saya lidah “kampung” yang sekali mencicipi makanan khas Eropa, rasanya malah tidak enak meski disajikan sedemikian rupa.
Eh, tapi kadang lidah saya juga tidak cocok sih dengan makanan khas Indonesia dari daerah tertentu. Ehm bisa jadi ini sih soal kebiasaan makan saja.
Nah, diantara banyaknya jenis makanan Indonesia, ada 10 jenis makanan yang saya favoritkan. Dan boleh dibilang kesepuluh jenis makanan ini adalah makanan terenak yang ada di Indonesia.
Anda boleh setuju atau tidak dengan daftar yang saya buat berikut ini.

1. Rendang

Makanan ini Menjadi favorit saya nomor satu dan layak saya jadikan makanan terenak. Betapa tidak, makanan yang berbahan dasar daging sapi ini memiliki rasa khas tersendiri yang membuat perut saya tidak bisa menahan untuk menyantapnya.
Daging lembut yang “tenggelam” dengan kuah bumbu rempah yang dicampur dengan kunyit, ketumbar, dan beberapa bumbu lain membuat sajian ini tak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi saat santap siang, makanan ini selalu menjadi favorit saya.
Kalau saya datang ke rumah makan Padang, saya pasti memesan nasi dengan rendang. Nilai kepuasan yang saya dapatkan melebihi ketika saya selesai makan makanan cepat saja di restoran waralaba ayam goreng terkemuka.
Kenimkmatan rasa rendang juga sudah diakui oleh dunia internasional. Banyak orang yang mengakui dengan enaknya rendang yang khas buatan Indonesia ini.
Spoiler for gambar :


2. Soto

Soto saya masukan sebagai makanan lainnya yang saya anggap enak. Tapi, perkiraan enak ini sebenarnya cukup relatif karena ada begitu macam jenis soto di Indonesia. Bahkan, hampir tiap daerah punya bahan dan racikannya sendiri sehingga satu jenis soto dari daerah tertentu berbeda rasanya dengan daerah lain.
Umumnya, soto disajikan dengan kuah kental yang didalamnya terdapat daging, baik itu ayam, sapi, maupun kambing. Campuran kuah, daging, serta bumbu dan bahan lain seperti bawang, kacang, dan lain sebagainya yang membuat saya menyukai makanan ini.
Spoiler for gambar:


3. Bakso

Bakso adalah makanan berbentuk bulat seperti bola pingpong dengan berbagai makanan. Bahannya terbuat dari daging dan disajikan dengan kuah yang bercampur dengan ragam lain seperti mie, bihun, dan yang lainnya.
Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang cukup terkenal. Jelas, karena rasanya juga enak. Saya sendiri cukup sering makan bakso. Maklum, saya penggemar bakso garis keras. Apalagi penjual bakso mudah ditemukan. Yah, namanya juga makanan populer dan enak pasti banyak yang mencari sehingga banyak juga yang menjual.
Spoiler for gambar:


4. Nasi Goreng

Meskipun saya anggap, makanan ini adalah pilihan terakhir ketika bingung mau makan apa, tapi harus diakui kalau nasi goreng itu memang enak. Nasi putih yang biasanya rasanya hambar tiba-tiba menjadi ada rasa yang membuat lidah terus bergoyang. Wajar saja, karena nasi putih tersebut digoreng sedemikian rupa dicampur bumbu dan disajikan bersama bahan lainnya, seperti telur, ayam, ati, dan lain-lain.
Banyak orang yang suka nasi goreng. Hal ini terbukti dengan banyaknya penjual nasi goreng di pinggir jalan. Tak hanya pinggir jalan, tidak sedikit restoran yang juga menyakikan makanan ini.
Tidak berlebihan kan jika saya menyebut makanan ini populer dan salah satu makanan terenak yang mungkin cocok di semua lidah orang Indonesia.
Spoiler for gambar:


5. Mie Ayam

Mie ayam sama populernya dengan bakso. Bahkan, tidak sedikit penjual bakso juga menjual mie ayam. Namun, jarang sekali penjual mie ayam yang juga menjual bakso. Karena itu, saya memisahkan mie ayam dengan bakso.
Mie ayam itu memang enak karena jenis mie yang digunakannya terasa enak di lidah. Sangat berbeda dengan mie pada penjual bakso atau mie instan. Meskipun kedua jenis mie tersebut juga enak.
Seperti namanya, mie ayam disajikan dengan mengombinasikan mie dengan ayam yang dicincang. Kombinasi inilah yang membuat lidah saya tidak berhenti jika sedang makan mie ayam.
Spoiler for gambar:


6. Bubur Ayam

Kalau ini adalah jenis makanan yang banyak ditemukan saat pagi hari. Meskipun ada juga yang menjual pada saat sore dan malam hari. Yang pasti, sajian makanan yang terbuat dari nasi (yang telah menjadi bubur) dengan campuran bahan ayam, telur, saledri, bawang, lengkap dengan berbagai bumbu menjadikan bubur ayam nikmati dimakan saat sarapan.
Terserah apakah disantapnya diaduk atau tidak diaduk. Yang jelas, bubur ayam ini makanan enak dan wajib ditemani kerupuk. Maknyuuuss lah kalau kata Pak Bondan mah….
Spoiler for gambar:


7. Sate

Sate adalah sajian khas Indonesia yang menurut saya patut dibanggakan. Sajian yang berupa daging dipotong kecil-kecil, ditusuk sejenis bambu, kemudian dibumbui, dan kemudian dibakar. Rasanya ehmm enak.
Sate jenis apapun saya suka, terutama sate ayam dan sate sapi. Sate kambing sebenarnya saya gak terlalu masalah. Hanya saja lebih bau dan jadi pantangan bagi beberapa orang dengan kondisi medis tertentu.
Namun, ada sate jenis sate kambing yang menurut saya paling nikmat. Sate tersebut adalah sate maranggi dari Purwakarta. Sate ini lebih harum dan dagingnya dibandingkan sate kambing lainnya.
Spoiler for gambar:


8. Ayam Goreng/Bakar

Ayam goreng adalah makanan sederhana. Disajikan dengan cara digoreng, kemudian tinggal ditambahkan bumbu lainnya. Jenis makanan yang hampir pasti ditemukan di pinggiran atau di restoran.
Biasanya jenis ayam goreng yang paling enak adalah daging dari jenis ayam kampung. Rasanya enak. Ayam goreng dari restoran cepat saji kalah rasanya oleh ayam goreng ini.
Alternatif lain bagi yang kurang digoreng adalah ayam bakar. Jenis ayamnya biasanya sama, hanya saja cara memasaknya berbeda. Namun, bagi saya pribadi, ayam bakar terasa lebih nikmat.
Spoiler for gambar:


9. Mie Instan (Indomie, dkk)

Yah, Anda tidak salah baca. Saya memasukan produk Mie Instan (terutama Indomie) sebagai makanan paling enak. Enaknya Indomie ini sudah merambah ke seluruh dunia, sampai Afrika lho. Bahkan ada sebuah artikel terkait 10 mie instan paling enak di dunia, produk mie instan dalam negeri masuk ke dalam daftar tersebut (seingat saya Indomie dan Mie Sedap).
Alasan lainnya karena mie instan secara tidak langsung sudah jadi makanan pokok, apalagi saat bencana. Ketika bencana alam, bantuan makanan yang datang adalah mie instan. Ketika bencana akhir bulan uang tinggal seadanya, mie instan adalah solusinya.
Spoiler for gambar:


10. Pecel Lele

Lele kering yang digoreng kemudian disajikan dengan sambal dan lalab membuat jenis makanan ini terasa enak di lidah. Apalagi, kalau saya menikmati lele ini dengan sambal yang super pedas.
Yang membuat makanan ini jadi super enak juga lantaran lele yang digoreng kereng yang kemudian disajikan dengan kubis dan kemanggi. Harga untuk makanan ini juga sangat terjangkau.
Nah itulah, 10 jenis makanan paling enak versi saya pribadi. Sebenarnya, ada banyak makanan lain yang saya suka. Sebut saja gado-gado, opor ayam, lontong, kupat tahu, dan banyak lagi. Tapi kan gak mungkin disebutkan satu-satu.
Spoiler for gambar:


Setuju atau gak dengan rekomendasi saya? Atau punya pilihan makanan lain? Tulis di komentar yuk

Sumber: Plimbi

oh tidak ane pertamax lagi nih maaak
emoticon-Mewek
Kaporit ane semua
yg gratis yg enak gan
Perkedel... emoticon-Genit
emoticon-Matabelo Wooh.. IndieMie masuk 10 besar makan terenak Indonesia
Quote:Original Posted By kucingkuncung
Kaporit ane semua



Favorit Kali Gan Tapi Itu Semua Yg Bikin Kenyang Gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Embarrassment
Hmm sudah kuduga
Kalo sate masuk
Martabak + mi ayam emoticon-Matabelo
Sayur asem+lalapan pete breeh emoticon-2 Jempol
gak enak kalo gak ada makanannya emoticon-Cape deeehh
Mantap mi goreng kagak masuk? emoticon-Entahlah
klo gwe mudik mesti minta Ayam Lodho sama sompil..broseng aj d gugel tuh mkanan emoticon-Ngacir2
gado2 juga jon emoticon-Leh Uga
Soto lah sampe keringetan makannya emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By daniyalkhan



Favorit Kali Gan Tapi Itu Semua Yg Bikin Kenyang Gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Embarrassment

Maksud ane ntu bre..klo minumnya dawet ireng bre emoticon-Ngakak
bikin laper aja emoticon-Nohope cek dapur dlu dagh



emoticon-Ngacir
mie instan ... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kucingkuncung
Maksud ane ntu bre..klo minumnya dawet ireng bre emoticon-Ngakak


Ane Mah Tetap emoticon-Blue Guy Cendol (L) Nomor 1 Bray emoticon-Cool
bar mangan ora udud, eneg jon