alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57971f5a1cbfaaba598b4567/lapangan-lapangan-sepakbola-paling-unik-dilewati-kereta-api-amp-terapung-di-laut
Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut
Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut

Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut

Cierny Balog - Lapangan-lapangan sepakbola berikuti ini bikin geleng-geleng kepala. Ada yang dilintasi rel kereta api, di tengah pulau kecil hingga di atas lautan beku!

Traveler yang suka bermain sepakbola, rasanya harus datang ke tempat-tempat berikut ini. Lapangan sepakbolanya bukan berada di tengah kota atau pinggir jalan, melainkan di tempat-tempat yang tidak biasa. Bermain sepakbola pun jadi pengalaman tak terlupakan dan tentu saja lebih seru!

sumber detik

1. Dilintasi rel kereta api

Negara Slovakia punya stadion unik bernama Stadion Dobroc berada di kawasan Cierny Balog, Brezno District. Dari Kota Bratislava, ibukota negara Slovakia, butuh dua jam naik mobil untuk tiba di sana. Stadion ini klub amatir TJ Tatran Cierny Balog, yang pinggiran lapangannya dilintasi rel kereta api!

Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut
Kereta api yang melintasi pinggir lapangan sepakbolanya (vlareha/Youtube)

Ceritanya begini, lintasan kereta api tersebut adalah lintasan dari Cierny Hron Railway. Keretanya sudah ada sejak tahun 1909 yang diperuntukan untuk mengangkut hasil penebangan kayu-kayu dan hasil alam lainnya dari gunung. Keretanya punya lintasan sepanjang 131,9 km dan menghubungkan antara Cierny Balog dan Hronec.

Kereta apinya sendiri merupakan kereta api uap. Sempat digunakan sebagai transportasi umum di tahun 1928, akhirnya keretanya diberhentikan di tahun 1992. Tapi beberapa tahun setelahnya, kembali dibuka sebagai kereta wisata.

Di tahun 1933, klub sepakbola TJ Tatran Cierny Balog mendirikan stadion yang mana bagian pinggiran lapangannya tetap masih terdapat lintasan rel kereta api tersebut. Jadilah kini, kereta api wisata itu akan masuk ke stadionnya dan melintasi pinggiran lapangannya.

Jika ada kereta yang lewat, permainan sepakbola akan dihentikan sementara. Sementara itu, para penonton akan memotret keunikan kereta api masuk ke stadion sepakbola dan orang-orang di dalamnya akan melambai-lambai keluar jendela.

Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut
Nonton sepakbola sekalian melihat kereta yang melintas (vlareha/Youtube)

Begini cuplikan Stadion Dobroc milik TJ Tatran Cierny Balog yang dilintasi kereta api:

Spoiler for Video:


2. Lapangan sepakbola terapung

Tahukah Anda, Thailand punya lapangan sepakbola yang terapung di atas laut. Lapangan itu berada di Pulau Panyi yang masuk dalam Provinsi Phang Nga di Thailand bagian selatan, yang sudah ada sejak tahun 2011 silam.

Lapangan itu dibuat oleh kreatifitas masyarakat di sana yang mayoritas adalah nelayan demi mendatangkan turis. Lapangannya memang tidak seluas lapangan sepakbola sungguhan. Luasnya hanya 16 x 25 meter, tapi cukup untuk bermain si kulit bundar sampai puas.

Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut
Lapangan sepakbola terapung di Thailand (AFP)

Lapangan sepakbola itu terbuat dari ban pelampung. Lalu, bagian atasnya diselimuti dengan triplek dan karpet hijau yang halus. Dua gawang pun tersedia lengkap, meski ukurannya kecil seperti pada permainan 'mini soccer'.

Turis dapat bermain bola dan bergerak seimbang. Peraturan unik di sana jangan sampai kencang-kencang menendang bola, karena bisa tercebur ke laut. Kapan lagi, bisa main sepakbola di atas lapangan terapung...

Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut
Jangan tendang kencang-kencang bolanya ya! (AFP)

3. Lapangan sepakbola di tengah pulau kecil

Henningsvaer yang merupakan daerah kepulauan sekaligus menjadi desa nelayan di wilayah Lofoten, Vagan, Nordland county, Norwegia. Desanya hanya seluas sekitar 30 hektar, dihuni 500 orang dan memiliki banyak pulau. Di sanalah disebut-sebut terdapat lapangan sepakbola terindah di dunia yang berada di tengah pulau kecil!

Lapangan sepakbola itu namanya Stadion Henningsvaer (meski tidak ada tribun penonton atau fasilitas lain selayaknya stadion sepakbola). Dibangun sejak tahun 2013, stadionnya punya standar lapangan sepakbola dan memiliki rumput hijau buatan.

Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut
Stadion Henningsvaer yang disebut paling indah di dunia! (Imgur)

Yang bikin berdecak kagum, Stadion Henningsvaer berada di tengah-tengah pulau kecil. Kanan, kiri, depan dan belakangnya adalah laut. Panorama Gunung Vagakaillen yang bagian puncaknya tertutup salju di musim dingin, terlihat jelas dari lapangannya.

Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut
Bermain sepakbola di atas pulau kecil (Henningsvaer IL/Facebook)

Usut punya usut, ternyata pembangunan stadion ini didasari oleh rasa resah penduduk setempat. Mereka mengaku kesulitan untuk bermain sepakbola dan anak-anak tak punya lahan bermain yang luas. Kalau mau main sepakbola, harus jalan jauh dulu ke desa lain. Para penduduk kemudian menyumbang uang dan dibantu pemerintah Kota Vagan untuk membangun lapangan sepakbola.

Jika dilihat dari udara, lapangan sepakbolanya begitu mencolok. Berwarna hijau di tengah-tengah perbukitan tandus dan dikepung lautan. Unik nan cantik!

4. Lapangan sepakbola di atas laut beku

Pernah terbayang main speakbola di atas lautan membeku? Ini sungguhan ada di Greenland, pulau paling besar di dunia yang berada di dekat Kutub Utara. Tepatnya di Desa Uummannaq yang merupakan desa terpencil di bagian barat lautnya.

Desa Uummannaq sudah ditempati orang-orang Inuvit atau disebut juga Eskimo sejak tahun 1700-an. Para penduduknya, kini tercatat sebanyak 1.300 orang yang menempati kawasan pesisir dengan mata pencaharian sebagai nelayan.

Saat musim dingin dari bulan November sampai Mei, suhu di sana mencapai angka minus 20 derajat Celcius. Udaranya sangat dingin, sampai-sampai jalanan ditutupi salju yang tebal. Tak sampai di situ, lautan di sekitar desanya pun membeku!

Lapangan-lapangan Sepakbola Paling Unik, Dilewati Kereta Api & Terapung di Laut
Main sepakbola di atas laut yang membeku (Andrew Evans/BBC Travel)

Lautanya membeku menjadi es dengan ketebalan 2 meter. Dengan kondisi laut yang sseperti itu, otomatis para nelayan akan sulit melaut dan memancing ikan. Tapi bagi anak-anak di sana, lautan yang membeku tersebut justru menjadi tempat bermain.

Lautan yang membeku tersebut malah dijadikan lapangan sepakbola. Dengan memakai jaket tebal, sepatu boot, sarung tangan dan syal, anak-anak Desa Uummannaq akan bermain bola di atas lautan beku. Mereka kegirangan, sebab desanya sendiri tidak mempunyai lapangan sepakbola.

Uniknya, anak-anak kecil itu tahu mana es yang aman untuk dipijak. Jadilah mereka dapat bermain sepakbola sampai puas, walau udaranya cukup dingin dan pijakannya licin. Asyiknya lagi, mereka tak malu untuk mengajak turis yang datang untuk bermain bersama.
wah biasaaahemoticon-Matabelo
jadi pengen main disanaemoticon-Matabelo

sensasinya beda
bedeh keren bener gan emoticon-Belo
pasti tiket untuk kesana mahal ya, emoticon-Belo
Wew emoticon-Wow Ad ya kek gitu
Unik plus keren bre emoticon-Matabelo
Widihhhh

emoticon-Matabelo
Bisa ada keretanya gitu emoticon-Leh Uga
mejeng di pekiwan calon HT nih lumayan
nice share ganemoticon-Shakehand2
Warbyasah
Kl dilewatin pas tengah lapangan
tempat gwe mlah buat angon sapi...potonh rumput yg murah bgt emoticon-Wkwkwk
Kirain di tv aja ada iklannya, nonton live jg ada emoticon-Leh Uga
Boleh Lah Boleh Lah Gan Mantap Nih Bisa Jadi Referensi Ane Bray emoticon-Shakehand2
Indonesia gak ada Jon?
lapangan sepak bola yang dihiasi tai kucing, n jebakan betmen lain keknya banyak loh jon
warbyasah ... emoticon-Ngakak
warbyazaaaaaaah emoticon-Matabelo
ohhh ini...




tempat ane dari motor mobil lewat semua....



dari kotoran kambing sampai manusia juga ad







emoticon-Cool
iya. unik banget emoticon-Traveller
Disini di jalanan komplek gan, gawangnya pake sendal. Maghrib bubar emoticon-Ngakak
Kaya lagi baca di detik.crot
Quote:Original Posted By daniyalkhan
Boleh Lah Boleh Lah Gan Mantap Nih Bisa Jadi Referensi Ane Bray emoticon-Shakehand2


Ngejangnya, maksumal bener lu bray..
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Lekas dikirbal