alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/579707ae54c07a37118b4567/diskusi-pengusaha-toko-obat-apotek-dan-sejenisnya
[DISKUSI] Pengusaha Toko Obat, Apotek, dan Sejenisnya
Assalamualaikum wr wb

Hello gan ane mau share pengalaman ane buka toko obat yang Inshaallah buka di minggu minggu ini,
sebelum nya ane perkenalkan diri ane dlu ane lulusan SMK Farmasi lulusan tahun 2014 kemari dan sekarang masih kuliah jurusan farmasi dan bekerja di klinik,
dari mulai sekolah dlu ane jualan online di kaskus tercinta FB, IG, dan Web, nah untuk sekarang sekarang karna ketatnya persaingan di bidang online, ane beranjak ke offline ya walau di real pun masih ketat wkwkwk gimana modal tempat dan doa si xixixiix
oke itu intermezzo saja hal yang penting untuk buka TO ya perizinan, penting baik TO maupun Apotek

Ini Kira2 Pembabaran nya
Perizinan ( ada org dalam yang kenal jadi mudah ) 3.000.000
sebelum nya ente harus kerja sama sama dengan Assisten apoteker untuk TO atau Apoteker utuk apotek
kebetulan ane sendiri AA, kalo kerja sama dengan AA per bulan sekitar 300rb sampai 600rb cari yg baru lulus gan, biasanya 150rb perbulan agak di rayu dikit mau xixixi masi labil soalnya, Kalo Apoteker ane kurang tau ya gan xixixixi

Tempat (depan rumah teman)
tempat bisa di bilang strategis bisa juga tidak karna standart jalan utama yg di belakangnya pemukiman warga dan akses ke apotek atau klinik lumayan jauh, inshaallah prospek nya bagus hehe, kalo misal nyewa untuk toko obat gk perlu terlalu besar ya kira2 3jt sampe 5jt pertahun.

Obat 20.000.000
Nah penting ni kelengkapan obat kita jangan sampe orang beli kita gk punya, ane cuma nyetok 3 fls dari masing2 sirup dan 1 box untung tablet ada yg beberapa lembar juga si, total obat kurang lebih ada 340 macam jenis, semua obat Bebas,Bebas Terbatas, OTC, karna memang yang obat keras hanya bisa dijual di apotek, tapi karna dengan warga ane kenal banyak yang mesen obat ato nebus resep dokter (Ane Beli Di Apotek Tempat Ane Kerja Gan jadi ibarat nitip cariin karna memang link ane banyak soalnya hampir 50%temen lulusan SMK kerja di apotek semua jadi tinggal triak triak di grup aja punya obat ini gak haha, lumayan bisa ambil keuntungan margin 50rb lah)

Etalase 2.000.000
Etalase Juga gk kalah penting gan,masa iya mau ngampar wkwkwk, dirajualan baju di pasar malem kali ah
untuk ukuran 1,5m x 3m sekitar 800rb dan 3m x 3m sekitar 1200rb kalo beli bekas ya lebih murah gan, caru bekas tapi yang bagus hahaha

Plang,Spanduk,Atk dll 500.000
untuk plang dan spanduk ya biar orang2 tau lho disitu ada TO, alat tulis seperlunya buat nyatet penjualan,

Karyawan 750.000 - 1000.000 (harga Perkiraan Karna ane mungkin di awal ane yg berganitan jaga sama teman)
saran si kalo TO mending cari Parttime an anak sekolah lebih bagus ya anak Farmasi ya sekitar 400rb mau lah mereka udh pasti seneng bangeeet bangeet. tapi harus di ajari dlu yah wkwkw jangan orang sakit perut di kasi obat batuk, emoticon-Wkwkwk mending di kasi sun aja lah emoticon-Kiss


kira kira segitu gan pemabaran nya untuk TO, sebenernya obat bisa ambil dikit dlu 5jt an cukup sama perizinan nanti dlu saja kalo sudah sedikit maju, tapi ane gk tanggung resikonya kalo tiba tiba obat loe di gondol orang dinkes wkkwkw, kalo Apotek ane belom tau setau ane dlu bos ane 100jt an udh banyak banget isinya itu dia beli obat asal2 an aja gak tau yg laku di pangsa pasar bagaimana wkwkwkw, tapi sekarang mungkin obatnya udah sampe 350jt an, sehari bisa dapat 5jt anjir gk? gw yg bikin kaya tuuuh, hahah intinya karyawan juga berjasa xixixi

oke segini dlu cerita ane bila ada kesalahan2 ane minta maaf maklum masih bocah yang labil hihihi masih harus banyak2 belajar,

MOHON CACIAN NYA GAN emoticon-Kiss
up up up
Keren penjelasannya gan

Ane juga buka toko obat gan, udah jalan 2 tahunan

Berhubung ada apotek waralaba yang buka di depan toko obat ane cuma sejarak 20 meter, jadinya ane mau beralih usaha buka toko alat kesehatan aja

Soalnya margin keuntungannya tinggi lho, bisa sampai 100% karena ga ada HET (Harga Eceran Tertinggi)

Beda dengan obat, yang beda seribu perak juga orang akan kejar

Jadinya sekarang omset penjualan ane 80% itu berasal dari penjualan alat kesehatan

Syukurlah bisa cukup buat bikin dapur ngebul dan gaji karyawan-karyawan ane

Lho kok toko obat jualan alat kesehatan??

Iya, gan sesuai Permenkes no. 1191 tahun 2010 tentang alat kesehatan, toko obat boleh menjual alat kesehatan tanpa izin toko alat kesehatan

Ke depannya ane mau fokus di toko alkes dan sedang menyusun Proposal Usaha Toko Alat Kesehatan dan Ebook Praktis Membuka Usaha Toko Alat Kesehatan

Siapa tahu ada yang minat mau buka Toko Alkes juga? Silahkan tanya-tanya aja ya emoticon-Cool

gan ane pernah mau buka toko obat berijin tapi susah nya minta ampuuuuuuun deh, suruh urus imb usaha, amdal, dll lah ribet gan gak seperti yang ane duga ....solusinya gmn gan ?
Quote:Original Posted By edokodok
gan ane pernah mau buka toko obat berijin tapi susah nya minta ampuuuuuuun deh, suruh urus imb usaha, amdal, dll lah ribet gan gak seperti yang ane duga ....solusinya gmn gan ?


Iya gan, sama seperti ane dulu ketika baru mau buka toko obat.

Banyak persyaratannya kalau mau usaha toko obat berijin, demi menjaga standar layanan kesehatan dari Kementrian Kesehatan. Soalnya usaha kesehatan menyangkut nyawa orang gan.

Ada aspek penilaian kelayakan bangunan, fasilitas yang wajib dimiliki, tenaga kerja yang dipekerjakan harus farmasi dan sebagainya.

Kalau 'sekedarnya" bisa runyam gan

Yang penting agan serius mau buka usaha, pasti ada jalannya gan emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By edokodok
gan ane pernah mau buka toko obat berijin tapi susah nya minta ampuuuuuuun deh, suruh urus imb usaha, amdal, dll lah ribet gan gak seperti yang ane duga ....solusinya gmn gan ?


Quote:Original Posted By abelmedika


Iya gan, sama seperti ane dulu ketika baru mau buka toko obat.

Banyak persyaratannya kalau mau usaha toko obat berijin, demi menjaga standar layanan kesehatan dari Kementrian Kesehatan. Soalnya usaha kesehatan menyangkut nyawa orang gan.

Ada aspek penilaian kelayakan bangunan, fasilitas yang wajib dimiliki, tenaga kerja yang dipekerjakan harus farmasi dan sebagainya.

Kalau 'sekedarnya" bisa runyam gan

Yang penting agan serius mau buka usaha, pasti ada jalannya gan emoticon-Jempol



up gan tolong yg bisa ngasih solusi,
kalo ane memang punya kanalan gan orang dinas, jadi ya gitu dia yg urus tapi biaya nya lumayan, sampe sekarang blm ada izin tapi sudah buka TO ane blm sebulan si, tp katanya gpp emang gt buka dlu baru ntr dia urus2 persyaratannya,


iya banyak sekarang tenaga tenaga medis yang gk sesuai bidangnya, dlu pas ana PKL nemu senior sana dia lulusan SMP tapi kerja di obat, karna memang mudah si kalo hanya baca resep lalu di bikin.
up up
Apotek Munggu Farma.
Menyediakan obat, suplemen atau makanan kesehatan terlengkap di Gresik.
Alamat : Jalan Raya Munggugiyanti 30 A, Benjeng, Gresik
CP Udin : 085732773617[DISKUSI] Pengusaha Toko Obat, Apotek, dan Sejenisnya
Quote:Original Posted By Fariz25
Assalamualaikum wr wb

Perizinan ( ada org dalam yang kenal jadi mudah ) 3.000.000
sebelum nya ente harus kerja sama sama dengan Assisten apoteker untuk TO atau Apoteker utuk apotek
kebetulan ane sendiri AA, kalo kerja sama dengan AA per bulan sekitar 300rb sampai 600rb cari yg baru lulus gan, biasanya 150rb perbulan agak di rayu dikit mau xixixi masi labil soalnya, Kalo Apoteker ane kurang tau ya gan xixixixi

MOHON CACIAN NYA GAN emoticon-Kiss


kalau mau cari AA daerah jakarta dimana ya gan? mau cari hanya sebagai penanggung jawab toko obat saja, tidak perlu hadir, atau mungkin sekiranya gan fariz ada kenalan ? AA penanggung jawab toko obat ane mw pensiun karena sudah berumur...emoticon-Sundul
Quote:Original Posted By wenn


kalau mau cari AA daerah jakarta dimana ya gan? mau cari hanya sebagai penanggung jawab toko obat saja, tidak perlu hadir, atau mungkin sekiranya gan fariz ada kenalan ? AA penanggung jawab toko obat ane mw pensiun karena sudah berumur...emoticon-Sundul


AA jakarta ya? saya gk punya channel di jakarta gan yg AA, Klo daerah karawang dan sekitarnya bisa,
gw ad kenalan aa yg ad strttk ny nih gan kalo butuh buat izin toko obat, kalo cuman penanggung jawab bisa di atur lah perbulan ny brapa, tp ga bsa hadir karna smuany kerja,
Quote:Original Posted By wenn


kalau mau cari AA daerah jakarta dimana ya gan? mau cari hanya sebagai penanggung jawab toko obat saja, tidak perlu hadir, atau mungkin sekiranya gan fariz ada kenalan ? AA penanggung jawab toko obat ane mw pensiun karena sudah berumur...emoticon-Sundul


ane ad nih kenalan beberapa aa kalo agan butuh buat surat izin aja, ane lokasi di jaksel gan, tp cuman buat izin aj, orang ny kerja
Quote:Original Posted By gamz7796


ane ad nih kenalan beberapa aa kalo agan butuh buat surat izin aja, ane lokasi di jaksel gan, tp cuman buat izin aj, orang ny kerja


ya, perlunya ijin saja gan, semua surat2 sudah lengkap tinggal dari AA nya saja.
AA ane yang sekarang mw pensiun, jadi hrs cari yg lain...
bisa pm nama dan no telp yang bisa dihubungi gan?
Quote:Original Posted By wenn


ya, perlunya ijin saja gan, semua surat2 sudah lengkap tinggal dari AA nya saja.
AA ane yang sekarang mw pensiun, jadi hrs cari yg lain...
bisa pm nama dan no telp yang bisa dihubungi gan?


pm send gan
Wah kebetulan nih sy lg garap ecommerce.

Ecommerce yang sy bangun punya USP dan Niche market yang sdh terbentuk marketnya di indonesia. Ecommerce yang sy buat unik dan menarik menurut sy. Programnya pun sudah di buat sejak 1 tahun lalu hanya tinggal upload ke web dan berjalan bukan mulai dari 0. Web sedang di buat dengan domain www.dokterherbalo.com

[DISKUSI] Pengusaha Toko Obat, Apotek, dan Sejenisnya

Program istimewanya ialah "Setiap member bisa dapat uang setiap bulan tanpa harus belanja dan tanpa jualan". 

Produk yang akan di jual : 
1. Herbal (positioning herbal sex)
2. Alat kesehatan 
3. Kosmetik (positioning kosmetik herbal indonesia)
4. Skincare
5. Parfum
6. Alat kecantikan 
alkes yang dujual apa aja gan misalnya? kalo apotek berarti bisa stock alkes juga dong?

Distributor Obat Apotek

Ada yang bisa info distributor obat murah untuk apotek?

Info di 0811955266
Ada yang bisa info distributor obat murah untuk apotek? Please info di 0811955266

Thanks