alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57970681d675d41d2f8b4568/sri-mulyani-kekhawatiran-terbesar-saya-adalah-meningkatnya-ketimpangan-di-ri
Sri Mulyani: Kekhawatiran Terbesar Saya Adalah Meningkatnya Ketimpangan di RI
Dalam ceramahnya di acara Tatap Muka di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok pagi ini, mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti makin tingginya kesenjangan ekonomi di Indonesia.

Makin besarnya ketimpangan antara yang kaya dan yang miskin ini tercermin dari indikator kesenjangan (koefisien gini) Indonesia. Pada 2003, koefisien gini masih 30 dan pada 2014 sudah 41.

"Salah satu kekhawatiran terbesar saya adalah meningkatnya ketimpangan di antara masyarakat," ujar Sri dalam paparannya di Kampus UI, Depok, Selasa (26/7/2016).

Jurang ekonomi yang tinggi akan menghambat pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. "Ketimpangan yang sangat tajam bisa menghambat potensi pertumbuhan jangka panjang Indonesia," dia menambahkan.

Masalahnya, dia menambahkan, kesenjangan di Indonesia banyak ditentukan oleh hal-hal di luar kendali penderita (yang mengalami ketimpangan). Sepertiga ketimpangan di Indonesia disebabkan oleh 4 faktor pada saat seseorang lahir.

"Yaitu pertama provinsi di mana mereka lahir, kedua apakah tempat lahir itu desa atau kota, ketiga apakah kepala rumah tangganya perempuan, dan keempat tingkat pendidikan orang tuanya," Sri menyebutkan.

Dengan kata lain, kesenjangan pendapatan bukan sekadar dampak dari ketimpangan semata, tetapi akibat adanya ketimpangan peluang.

"Anak-anak Indonesia yang lahir dengan ketimpangan tersebut akan sulit mengatasi ketimpangan di masa depannya," ujarnya.

Maka perlu pemerataan agar ketimpangan ini dapat diatasi, terutama pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan.

"Cita-cita Indonesia adalah di mana pun bayi itu lahir dia bisa mendapat fasilitas kesehatan dan pendidikan yang sama. Ketidakadilan ini harus diatasi segera," pungkas Sri.

http://finance.detik.com/read/2016/0...n=CMS%20Socmed
sby aman bu?
Jangan salahkan dunia kalau miskin
Salahkan diri sendiri

Tiap launching perumahan/apartemen baru aja banyak yg sold out, alphard berjibun di jalan udah kayak bajaj, smartphone belasan juta laku keras, dll

Itu khan menunjukkan keadaan ekonomi masyarakat makin bagus, kalo keadaan ekonomi lo nyusruk ya jgn jealous sama yg udah mapan
"Salah satu kekhawatiran terbesar saya adalah meningkatnya ketimpangan di antara masyarakat," ujar Sri dalam paparannya di Kampus UI, Depok, Selasa (26/7/2016).




Ahelah mba sri.. Ma tjahaja asia kan mang dijungkir balikin, mana aje sih lo! emoticon-Cape d...
gimana gak timpang bu...

lah wong pejabat macem ahok aja yang mau menyeimbangkan kaya miskin dengan menyedot 48 triliun dari konglomerat podomoro buat bikin rusun rusun kalangan bawah malah dihajar abis abisan...

belon yang laennya...
nah itu dia


Quote:Original Posted By radarutama
gimana gak timpang bu...

lah wong pejabat macem ahok aja yang mau menyeimbangkan kaya miskin dengan menyedot 48 triliun dari konglomerat podomoro buat bikin rusun rusun kalangan bawah malah dihajar abis abisan...

belon yang laennya...