alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/579703c52e04c80c628b4568/sri-mulyani-sekarang-informasi-terbuka-tapi-wawasan-masyarakat-menyempit
Sri Mulyani :Sekarang Informasi Terbuka, Tapi Wawasan Masyarakat Menyempit !!
sumber

Spoiler for sri mulyani:


Depok -Sri Mulyani Indrawati, mantan Menteri Keuangan yang kini menjadi Managing Director Bank Dunia, menuturkan bahwa akses informasi saat ini sudah jauh lebih terbuka ketimbang saat dirinya masih menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1981-1986.

Sebagai gambaran, dulu Sri mengaku harus pergi ke sebuah kantor arsip di Pasar Baru untuk mencari data statistik Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, lalu mengeluarkan uang untuk foto kopi data tersebut. Datanya pun tak lengkap.

Kini data PDB Indonesia mudah sekali dicari, sudah ada di website Badan Pusat Statistik (BPS), para mahasiswa zaman sekarang tinggal mengklik saja melalui smartphone.

Tapi keterbukaan informasi ini tak otomatis membuat wawasan, pemikiran, cara pandang masyarakat menjadi lebih luas. Ironisnya, yang terjadi adalah kebalikan, wawasan masyarakat malah menyempit.

"Banyaknya informasi tidak otomatis membuat pikiran dan wawasan masyarakat makin terbuka. Makin banyak informasi wawasannya malah makin sempit. Ini tidak hanya di Indonesia, di banyak negara," ujar Sri dalam ceramah di Kampus UI Depok, Selasa (26/7/2016).

Saat ini seseorang semakin mudah melakukan justifikasi dan stereotype dalam menilai suatu masalah atau pihak lain. Sangat mudah untuk menghilangkan pendapat lain yang berseberangan, kecenderungannya sekarang orang hanya membaca berita atau informasi yang sesuai dengan pandangannya.

"Kalau kita bisa mengakses informasi, kita cari informasi yang kita suka saja. Kalau sudah nggak suka, yang dilihat dan didengar hanya media yang menjustifikasi pandangan itu. Kita mudah sekali melakukan justifikasi tanpa verifikasi," ujar Sri.

Saat ini, kata Sri, diskusi hanya satu versi dan semakin sedikit diskusi yang seimbang dan melihat perbedaan pandangan. Polarisasi menjadi semakin tajam dan jauh.

"Ini yang jadi masalah di dunia. Jujur saja, tidak hanya di Indonesia," ucapnya.

Sri mengajak masyarakat untuk mengubah kecenderungan tersebut agar kebhinekaan dapat dipertahankan. "Teruslah bersedia mendengar dan memahami mereka yang tidak sependapat dengan kita, memang tidak mudah," kata dia.

Lingkungan akademis seperti UI diharapkan Sri dapat membangun jembatan antar perbedaan pandangan.

"Menjadi penting bagi kampus seperti UI sebagai lingkungan yang mampu menjaga kebebasan mimbar, kebebasan bersama," tutupnya.


ngomong nya ringan tp banyak yang ketonjok ndak yaa ?
emoticon-Big Grinemoticon-Shutup
orangnya males ngakses inpo2 kayak gitu.
lbh demen ngakses yg laennya.
Ya emang bener Bu emoticon-Toast
Korelasinya adalah
Jidat makin gosong otak makin mengkerut ..
karena sudah karakter dan watak org indo bu.. terima aja doktrin tanpa telisik dan tanya jawab.
Termasuk lebih mudah tergiring opini broadcast dan kliping abal2 juga kaga nih...


emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By joshluciver
sumber

ngomong nya ringan tp banyak yang ketonjok ndak yaa ?
emoticon-Big Grinemoticon-Shutup


nastak dan nasbung itu bukti nyatanya kok.emoticon-Embarrassment
nyari berita jelek lawan, nyari berita baik kawan. lainnya diabaikan
Memang betul kenalan ane ada yg alergi dgn berita di tempo atau kompas tp 100% percaya dgn voa-islam
Quote:Original Posted By victorlego2
Korelasinya adalah
Jidat makin gosong otak makin mengkerut ..


ngoahahahahaha....
betul sekali itu

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Yah maklumlah, kebanyakan di gorong2 bu. emoticon-No Hope
Tapi kalo nastak IQ jongkok kan fakta bu emoticon-Mewek
Jangan saling menyudutkan tapi saling mengenal mungkin lebih bisa dipahami,
informasi pdb tahu tapi wawasan dari mana hitungan pdb tidak tahu yah bisa juga (ada bencana alam itu bisa meningkatkan pdb cek saja saat tanggap stunami 2005 naik signifikan pdbnya sebelum tahun 2004).
seandainya ibu ini seorang komika, saya berani bilang ibu ini "komporrrr gasssss" emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By gogoYubari
Memang betul kenalan ane ada yg alergi dgn berita di tempo atau kompas tp 100% percaya dgn voa-islam


orangnya jenggotan gak bray?
wawasan sekarang gimana yg bisa ngarahin buk, yg kuat dan bagus komentarnya, bisa dapet downline yg fanatik, kek nastak nasbung dimari emoticon-Takut
ya iyalah orang" pada buka portal piyunganemoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By victorlego2
Korelasinya adalah
Jidat makin gosong otak makin mengkerut ..


berani sekali ente nyindir jenggot panjang celana cingkrang
Quote:Original Posted By gil4ngdemonic


nastak dan nasbung itu bukti nyatanya kok.emoticon-Embarrassment
nyari berita jelek lawan, nyari berita baik kawan. lainnya diabaikan


ynag lebih miris lagi skrng bp di isi berita2 spekulan2 laknat
opini pakar lah sampe status orang bisa jadi berita bahkan di broadcast
di bilang udik sewot

emoticon-Ngakak


Calon RI 1emoticon-shakehand
Kodokwi mah, kembali aja ke empang emoticon-Big Grin
Kalo Sri Mulyani yg bicara keliatan mantap layak didengar, kalo Wiwi kok ane pengen ngakak mulu yaemoticon-Wkwkwk
Ibu Betul.. memang begitulah fakta nya...
×