alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5796e9a3d675d4fe5d8b4573/pemerintah-kaji-koruptor-tidak-dibui
Pemerintah Kaji Koruptor tidak Dibui
Pemerintah Kaji Koruptor tidak Dibui

Metrotvnews.com, Medan: Pemerintah sedang mengkaji sebuah kebijakan untuk tidak memenjarakan terpidana korupsi. Koruptor mungkin hanya diminta mengembalikan uang negara.


Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Pandjaitan di hadapan ratusan sivitas akademika Universitas Sumatera Utara (USU) peserta kuliah umum di Gelanggang Mahasiswa Kampus USU, Medan, Senin 25 Juli.


"Kami sedang mengkaji ini, sebab, kalau (koruptor) dipenjara pun, tidak memberikan efek jera. Selain itu, bangunan penjara sudah tidak mampu lagi menampung karena jumlah narapidana kian bertambah," kata Luhut.


Pelaku korupsi, lanjut Luhut, kelak akan dipenalti agar mengembalikan semua uang negara dan meletakkan jabatan.


Berdasarkan pengalaman selama penanganan korupsi di Tanah Air, pejabat yang terbukti di pengadilan melakukan korupsi dan dipenjara ternyata tidak juga dapat menekan jumlah pejabat yang korupsi.


"Lihat, kepala daerah tersangka korupsi yang ditangkap KPK dan memakai rompi oranye tidak merasa malu. Mereka masih tertawa-tawa. Di mana moral mereka kalau sudah begitu?" ujar Luhut.


Menurut Luhut, pemerintah telah membentuk tim pengkaji penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).


"Tim tersebut terdiri dari sejumlah pakar seperti Mahfud MD, Jimly Asshiddiqie, dan Indrianto Seno Aji," ungkap Luhut dalam kuliah umum yang dihadiri oleh Rektor USU Runtung Sitepu, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, dan para pejabat USU.


Putusan ringan


Koordinator Divisi Kampanye Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun meminta pemerintah memikirkan kembali wacana untuk tidak memenjarakan koruptor.


"Kebijakan itu kontraproduktif dengan semangat pemberantasan korupsi. Salah satu masalah terbesar pemberantasan korupsi ialah ringannya putusan pengadilan. Usul hukuman seperti pencabutan hak politik dan perampasan harta seharusnya menggenapi setiap hukuman," jelas Tama.


Catatan ICW selama Januari-Juni 2016 telah terjadi 325 kasus korupsi yang rata-rata divonis 25 bulan penjara.

Belum lagi ada remisi, pembebasan bersyarat, dan sel mewah. Padahal, total kerugian negara mencapai Rp1,49 triliun.


"Di mana efek jeranya? Seharusnya kita memperkuat pemberantasan korupsi jangan melemahkan, apalagi kontraproduktif," tutur Tama.


Wakil Ketua KPK Saut Situmorang setuju dengan wacana efisiensi penegakan hukum melalui pengembalian uang dan tanpa proses pidana.


"Pengembalian uang itu berkaitan dengan efisiensi dan efektivitas. Pemberantasan korupsi perlu efisien. Namun, harus tetap diberi sanksi pemecatan. Jadi, kalau ada pejabat korupsi lalu tidak dipenjara, tetapi dipecat dan atau mengembalikan uang, itu juga membangun efisiensi. Menyidangkan perkara korupsi jauh lebih mahal daripada jumlah uang yang dikorupsi, misalnya," kata Saut.


Saut mengungkapkan efektivitas pemberantasan korupsi pun perlu dievaluasi. Penindakan sudah maksimal, tetapi perilaku korupsi tetap marak sehingga ada pertanyaan bagaimana penindakan bisa lebih efektif.


"Kalau kita jujur atas warning-nya Undang-Undang KPK tentang korupsi yang sistemis dan meluas, ada sistem yang harus kita bangun. KPK itu pelaksana undang-undang. Tetapi juga tidak dalam posisi menolak atau menerima," tandas Saut. (Media Indonesia)

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...or-tidak-dibui

---

Kumpulan Berita Terkait KORUPSI :

- Pemerintah Kaji Koruptor tidak Dibui Pemerintah Kaji Koruptor tidak Dibui

- Pemerintah Kaji Koruptor tidak Dibui Rugikan Rp13 Miliar, PNS Kemenkeu Ditahan Kejagung

- Pemerintah Kaji Koruptor tidak Dibui Hakim Tipikor Bandung Diperiksa KPK Terkait Kasus Korupsi Bupati Subang

geloooooo
harusnya:
1. korupsi kecil2an: pecat, kembalikan duit, denda 2x lipat, tambah cambuk di muka umum kalo perlu
2. korupsi gede2an: pecat, kembalikan duit, denda 2x lipat, hukum mati emoticon-Big Grin
Dor mati aja lah
Pengkajian goblok..

Ada apa dengan indonesia dah???
Koruptor harus'y di tembak mati.
Bukan kaji2 lg.

Mereka punya akal bisa menyimpan duit hasil korupsi.
Yg tak punya akal ni pemerintah.
Kenapa gak dor di tempat aja
Dan maling pun teriak kalau nyuri ayam misalnya, gak usah dipenjara cukup dicicil aja biaya ganti ayamnya. Kacau sudah dunia kalau seperti ini, dimana-mana ada orang nyantol barang ente sambil nyengir, nanti ane balikin bro emoticon-Leh Uga
korupsi gk bakalan mati, kalo HAM masih nganggap koruptor sebagai manusia emoticon-Marah
Wah enak dong kalau maling
Ntr gw balikin kalau dah kaya emoticon-Leh Uga
ok sy korupsi dulu 1T, deposito dapet 5M/bln selama 20 tahun kalo harta sudah 1T kubalikin duitnya. paling denda 10M. emoticon-Recommended Seller

Gak jera karena ringan. coba nilai korupsi dinilai UMP. misal korup 3M penjara 1000 bulan, gitu kok repot.
SEMUA harta keluarga kerabat disita, peduli amat mau hasil korup/nggak. (kayak korsel)emoticon-Takut
penjara dibawah tanah lembab campur tikus kasi CCTV biar bisa diakses medsos.
di penjara ga bisa nginep gratis jg harus kerja entah bikin kerajinan/bersihkan penjara, baru bisa makan.

kalau ada yang bilang HAM suruh mereka yang nombok.emoticon-Leh Uga
Ane setuju gn,jangan dipenjara lah diiket aja di depan KPK nanti dikasih rumah rumahan kecil buat tidur dan berteduh.
betul ga usah di penjara,...
tapi di potong tangannya aja dan di ambil duit hasil rampoknya
Quote:Original Posted By saya.kira
Ane setuju gn,jangan dipenjara lah diiket aja di depan KPK nanti dikasih rumah rumahan kecil buat tidur dan berteduh.


haha..pake rante ya gan iketnya dileher
Buat apa juga di penjara, toh di penjara menuh-menuhin sel aja. makan juga dari duit pemerintah. Mending dijadiin asset yang expendable. Contoh: dikirim ke negara konflik, jagain hutan biar gak kebakaran, atau dijadiin TKI.
Koplak dah, simpel : sita aset koruptor lalu hukum mati. Dijamin gak perlu pusing mikirin kapok atau gak.
HAM everywhere.....emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh