alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5796df6cd44f9fb2568b456d/menteri-rini-bela-kinerja-bos-pln-dari-hujan-kritik-sudirman-said
Menteri Rini Bela Kinerja Bos PLN dari Hujan Kritik Sudirman Said
KATADATA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mempertanyakan kritikan yang dilontarkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said terhadap Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir. Perilaku bos perusahaan pelat merah itu, termasuk para direksinya, selama ini merupakan upaya untuk mempertahankan kinerja PLN sebagai perseroan.

Menteri Rini Bela Kinerja Bos PLN dari Hujan Kritik Sudirman Said

Menurut Rini, PLN memiliki beban yang cukup berat untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional. Alhasil, PLN harus berupaya merampungkan beberapa proyek pembangkit listrik. Selain bertanggung jawab menangani megaproyek pembangkit listrik 35 ribu Mega Watt (MW), PLN juga harus menyelesaikan sejumlah proyek masa lalu yang kini mangkrak.

"Bukan hanya pembangkitnya saja tapi bagaimana jaringan listriknya, gardu induknya, banyak yang gardu induk 30 tahun harus diperbaiki, banyak sekali," ujar Rini saat bertemu dengan para petinggi perusahaan BUMN di Jakarta, Senin (25/7).

Lantaran memiliki banyak proyek, PLN harus terus menjaga neraca keuangannya agar tetap stabil. Dengan begitu, PLN bisa menjaga dan terus mencari pendanaan untuk membiayai setumpuk proyek itu.

Di sisi lain, Rini menjelaskan, sebagian besar dana yang digunakan PLN bukan merupakan dana yang diberikan oleh pemerintah. Alhasil, pencarian keuntungan menjadi sesuatu yang mutlak untuk dilakukan.

"PLN melakukan peminjaman cukup besar, dimana harus membayar bunga. Harus mencari dana dari internasional. Jadi bukan dana dari pemerintah yang besar," ujar Rini.

Karena itulah, Rini berharap, program penugasan pemerintah tidak lagi memberatkan neraca keuangan PLN. Selain itu, semua pihak termasuk Kementerian ESDM tidak lagi memberatkan kinerja PLN. Sebaliknya, Rini meminta agar PLN memperoleh subsidi dalam menjalankan program penugasan yang memberatkan keuangannya.

Sebelumnya, Sudirman memperingatkan pimpinan PLN yang kerap tak sejalan dengan keputusan pemerintah, yakni dalam hal ini Kementerian ESDM. Peringatan itu dilontarkannya menyusul ketidakhadiran Sofyan Basir dalam acara sosialisasi Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2016-2025 di Kementerian ESDM, Jumat (22/7) pekan lalu.

"“Saya sudah kehabisan cara. Sampaikan pada tim manajemen PLN, hentikan kebiasaan meng-counter dan men-challange kebijakan pemerintah,” kata Sudirman dengan nada tinggi.

Menurut Sudirman, PLN seharusnya jangan hanya fokus pada pencarian laba. Tetapi harus juga memperhatikan hajat hidup banyak orang dan menjaga iklim investasi agar tetap bergairah.

Sumber: Menteri Rini Bela PLN
Gaduh session 10
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
War of Panastak; perang antara menterinya si Joke emoticon-Wakaka
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
PLN ga becus kasi ke swasta aja ,,,,,,makin bersaing ,,,,di industry aja uda banyak swasta yg masuk,,,,

yasudah kalo ga kuat semakin besar alasan untuk ngasih swasta masuk bukan?

masa gak bisa, telkom aja bisa kok digempur gitu tetep monopoli, walopun ngeselin juga.

tapi kalo swasta boleh masuk kalo bisa dibikin yang adil aja biar kompetisinya sehat.

pln

Saran empek sih..
Masukkan audit price waterhouse ke pln..buka ke masyarakat.
Saat krisis global kini..beban rakyat memang lg luar biasa berat.
Kenaikkan tdl sangat membebankkan rakyat.
Solusi tenaga nuklir yg murah dan aman perlu dipikirkkan.
Rini sekali2 blusukkan lihat susahnya rakyat.
Jgn main peras rakyat..plesiden lu cm bs 1 periode nanti