alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5796d9825c7798d8478b4569/menteri-keuangan-singapura-tak-berniat-hambat-tax-amnesty
Menteri Keuangan: Singapura Tak Berniat Hambat Tax Amnesty
KATADATA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan telah bertemu Deputi Perdana Menteri Singapura Tharman Shanmugaratnam. Dalam pertemuan itu, dia diyakinkan bahwa negara tersebut tidak memiliki intensi untuk mengganggu pelaksanaan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty di Indonesia.

Menteri Keuangan: Singapura Tak Berniat Hambat Tax Amnesty

Pernyataan tersebut disampaikan Tharman di sela acara rapat negara-negara anggota G20 di Cina, akhir pekan lalu. Tharman menyampaikan data lapangan yang diperoleh Monetary Authority di Singapura.

“Singapura bilang tidak melakukan upaya apalagi instruksi untuk mengganggu tax amnesty di Indonesia,” kata Bambang usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, Senin, 25 Juli 2016.

Program pengampunan pajak sempat memancing “perang” kata pejabat Indonesia dan Singapura. Hal ini dipicu oleh informasi bahwa perbankan Singapura hendak menggagalkan kebijakan tax amnesty.

Caranya, mereka menawarkan insentif bagi warga Indonesia agar tak menarik dana melalui skema repatriasi. Seperti diketahui, jika nasabah hanya mendeklarasikan asetnya akan dikenakan tebusan empat sampai 10 persen. Sementara jika mengikuti repatriasi, uang tebusannya hanya dua hingga lima persen. Selisih uang tebusan ini yang akan ditanggung bank.

Mendengar kabar tersebut, Bambang Brodjonegoro menyatakan terus melakukan serangkaian langkah meyakinkan pelaku usaha untuk mengikuti program pengampunan pajak. Pemerintah pun menggelar sosialisasi ke luar negeri: Inggris, Hongkong, termasuk yang utama Singapura.

“Biarkan saja, saya tidak takut sama Singapura. Apa sih negara kecil begitu,” kata Bambang usai rapat kerja dengan Komisi Keuangan di kompleks DPR, Jakarta, Senin, 18 Juli 2016.

Pernyataannya pun menjadi perhatian pejabat Singapura. “Belakangan ada yang menyatakan Singapura mengimplementasikan kebijakan untuk ‘menggagalkan’ program tax amnesty Indonesia. Itu tidak benar,” kata Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia melalui pernyataan resminya, seperti dilansir The Strait Times, Sabtu, 23 Juli 2016.

Sikap kedutaan tersebut disusul oleh pernyataan resmi bersama dari Kementerian Keuangan serta otoritas moneter Singapura. Kedutaan Besar Singapura pun mengklaim negaranya tidak memiliki kepentingan untuk melindungi uang gelap dari pajak. “Kami mematuhi standar internasional yang disepakati, termasuk untuk hal pencucian uang dan pertukaran informasi,” katanya.

Kendati isu tersebut sudah dikonfirmasi oleh perwakilan pemerintahan Singapura, Bambang menyatakan terus mewaspadai kemungkinan pihak-pihak yang menghambat kebijakan ini. Dia memastikan bahwa sosialisasi ke negara lain akan terus digencarkan. “Kami tetap harus waspada. Kami tetap ingin menyukseskan tax amnesty ini terutama dari sisi repatriasinya.”

Sumber: Singapura Tak Hambat Tax Amnesty
gak berniat, tp sampe bikin berbagai kebijakan yg akrobatik begituu
omongan para pengecut, bilang A tapi kelakuan B
harusnya gentle aja bilang jujur kalo ga setuju tax amnesty
:dor
×