alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5796d392de2cf2a02e8b4568/apamsi-permen-esdm-19-2016-akan-dorong-pengembangan-ebt
APAMSI: Permen ESDM 19/2016 akan Dorong Pengembangan EBT
APAMSI: Permen ESDM 19/2016 akan Dorong Pengembangan EBT

Jakarta, EnergiToday-- Para pengusaha Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tergabung dalam Asosiasi Pabrikan Modul Surya Indonesia (APMSI) menyambut baik telah terbitnya regulasi yakni Peraturan Menteri ESDM Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pebelian Tenaga Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya Fotovoltaik (PA).

Anggota APAMSI, Abdul Kholik mengungkapkan, pihaknya sangat bersyukur dengan diterbitkan Permen ini. Permen ini dinilainya merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendorong energi baru terbarukan, khususnya PLTS.

Menurut dirinya, dengan adanya Permen ini, maka telah diaturkan juga pembelian tenaga listrik dari PLTS Fotovoltaik oleh PT PLN (Persero) dengan harga antara US$14 sampai US$25 per KiloWatthour (kWh).

“Besaran harga ini memberikan kepastian pada pengusaha untuk tarif listrik yang akan dibeli PLN,” ujarnya di Jakarta.

Selain itu, tambahnya, APAMSI memberi apresiasi telah dilibatkan dalam penyusunan draft permen tersebut, dan diharapkan program ini dapat mempercepat tercapainya bauran energi dari PLTS," kata Kholik di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Dalam mengembangkan energi ini, Kholik menuturkan, seharusnya PLN mendukungnya tanpa harus khawatir membeli listrik tersebut sesuai dengan harga yang tertera dalam Permen. Tarif listrik yang ada pada Permen ditentukan pemerintah dengan mengacu pada patokan tertinggi di wilayah timur Indonesia.

“Kalau semua berjalan dengan tertib semua dengan Peraturan Menteri, target kelistrikan tidak akan terhambat. Tarif baru listrik dari PLTS ini akan menciptakan multiplier efek seperti meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN),” pungkasnya. [us]

TODAY http://energitoday.com/2016/07/apams...gembangan-ebt/
Mantap, indonesia memang kaya, mataharinya aja beda kualitas, di amrik cuman dihargai 12.5 cents/kwh, di Indonesia dihargai 14-25 dollar/kwh.emoticon-Leh Uga

































nb: misal typo 14-25 cents/kwh pun masih lebih mahal 2X lipat dari amrik......
wiiih, mahal jg yak harga listriknya.
Quote:Original Posted By o3kluk
wiiih, mahal jg yak harga listriknya.

Kalo murah, bisa kesaing berat lah PLN...


Quote:Original Posted By kerupukalengan

Kalo murah, bisa kesaing berat lah PLN...




ngaco yg beli PLN ya jelas mana mau PLN?