alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5796cbff94786816358b456e/bikin-sim-a-baru-tidak-sesulit-seperti-anggapan-umum-selama-ini-tanpa-calo
Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)
kalo diceritain panjang lebar, jadi ane kasi ringkasan nya aja disini biar ente gak malas baca nya. jangan tanya kenapa begini kenapa begitu, pokoknya percaya aja, kalo ente pengen lancar urusan yang satu ini. oya, ini pengalaman ane di DKI, utk daerah lain, kurang lebih sama kek nya.

1. datang sebelum jam 8 pagi di kantor polisi tempat ente mau ngurus SIM baru itu, alasannya biar gampang cari parkir, biar gak terlalu crowded keramaian orangnya, biar urusan cepat kelar, biar ente bisa move on ngerjain yg lain yg terbengkalai

2. seharian ente bakal di kantor polisi, jadi pastikan urusan ente di rumah dan diluar, ada yg mewakili, minimal minta tolong teman atau tetangga utk menggantikan anda

3. siapkan fotocopy KTP 4 buah sama pensil 2B, dah itu aja kok

4. siapkan duit nya. ente tinggal pilih, mo cara murah (tapi susah), atau cara mahal (tapi gampang). ingat, keduanya resmi, bukan calo. kalo mo cara murah, siapkan 120rb + 25rb= 145rb aja. mo cara mahal, siapkan 25rb + 120rb + 650rb = 795rb. terserah ente aja. kalo ente merasa jago teori dan praktek, 145rb juga gak papa. tapi kalo merasa belum tahu banyak, yah cara mahal aja. ingat, sudah lama bawa kendaraan, bukan jaminan udah pinter teori dan praktek juga loh, jadi harus jujur sama diri sendiri soal ini. jangan ngedumel merasa jago karena udah lama bawa kendaraan, lalu pas dinyatakan gak lulus, ente mewek mewek kesana kemari. ane aja yg udah bawa kendaraan 30 tahun aja masih banyak rambu lalin yg belum ane tahu artinya. jadi jujur aja deh sama diri sendiri.

5. usai parkirkan kendaraan ente, ente cari loket test kesehatan. gampang dicari, liat aja antrian kayak ular mengekor sampai ke jalanan, nah itu dia lokasi nya. agar gak salah antri, ente ngintip dulu ke loket nya, baca tulisan nya, sebelah mana yg SIM A, B, C dll, lalu ambil antrian sesuai ekor antriannya, jangan main antri aja ke belakang tanpa ngintip loket nya dulu. disini ente bakal antri 2 kali. antri pertama mendaftar, antri kedua bayar 25rb. perkiraan waktu yg dibutuhkan disini adalah 1-2 jam paling lama. ane waktu itu 1 jam utk 2 kali antri disini.

6. nah sekarang ente mau cara murah apa mahal ? kalo cara murah, usai nomor 5, ente langsung menuju gedung biru (tempat dimana uji teori dan praktek dilakukan). tanya aja sama tukang jualan pensil 2B disekitar situ kalo gak tahu lokasi gedung biru. lokasinya persis ada di seberang loket test kesehatan, warna gedung nya biru, masak sih gak keliatan juga ?? didalam gedung biru, ente bayar 120rb di bank, kemungkinan ente lulus? kecil gan. seperti yg ane bilang tadi, cara murah itu ente benar2 di kuras habis2an isi otak dan skill nyetir ente. ente udah bawa kendaraan puluhan tahun juga gak jaminan tahu segala nya dan menguasai segala nya. jadi jujur aja sama diri sendiri sebelum milih cara murah ini. dan ente gak bisa ngeles lagi, karena disini semuanya transparan. masak cuma bisa jawab 15 dari 40 soal mau dilulusin?

7. sebelum masuk gedung biru, minta kalung berwarna sama polisi yg jaga di pintu masuk gedung biru sambil tunjukkan kertas test kesehatan warna unggu muda itu. kalung ini utk membedakan mana calo, mana pengantar, dan mana yg berkepentingan langsung. dgn kalung ini, mustahil ente nemu calo di dalam gedung biru. sekali lagi, jangan mau berurusan sama calo, karena sekarang polisi udah punya cara membunuh calo calo ini (baca cara mahal). intinya, buat apa pake calo kalo cara resmi dgn tarif lebih murah, juga bisa lolos dan sama mudahnya dgn pake calo juga kok (beda dikit lah, intinya sih gak susah susah amat).

Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)
8. bagi ente yg penasaran di mana lokasi calo, mereka biasanya beroperasi di pintu masuk gedung Satpas (di jalan raya sana). mereka gak berani masuk kantor polisi, karena langsung di ciduk polisi (ane liat sendiri soalnya) dan orang KPK menyamar juga banyak keluyuran di kompleks kantor polisi. jadi lupakan saja pake calo. Nyari calo juga udah susah sekarang, mereka gak berani terang2an kek dulu. Kalo lagi hoki, ente di tawarin didalam gedung biru (jangan mau deal sama calo diluar gedung biru, koneksi mereka tidak sekuat calo yg beroperasi didalam gedung biru). Tapi saran ane, gak usah pake calo sama sekali. baca ISDC

9. ente udah nyerah pake cara murah? mau pake cara mahal? berarti ente skip tuh yang nomor 6, langsung kenomor 9 yang ini aja. kalo ente udah nyicip yg nomor 6 dan dinyatakan tidak lulus, datang lagi ke Satpas 2 minggu terhitung sejak nomor 5 tadi. Repot kan? Datang lagi 2 minggu ke sini? Jadi pikir ulang sebelum menempuh cara nomor 6 (cara murah). Ntar ente langsung ke nomor 10.

Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)
10. ente milih cara mahal dan gak mau menempuh cara 6 ? berarti ente skip dulu gedung biru, ente bawa kertas test kesehatan tadi ke tempat yang bernama ISCD (kursus mobil yg diadakan oleh polisi langsung di halaman depan). ISDC = Indonesia Safety Driving Center. ISDC ini menurut ane akan menjadi calo killer di masa depannya. kalo lewat calo, ente cuma main duit, duduk tenang, SIM jadi, maka di ISDC, ente akan diberi kursus kilat dulu di ruang kelas, latihan nyetir dulu di lapangan, dll.Tenang aja, ini cuma 2-3 jam aja kok, gak seharian. Jadi ikuti aja semua pengarahan di sana, pura2 jadi bego lagi dalam urusan menyetir. Utk ikut ISDC, anda harus bayar 650rb, biaya yang sama yg diminta calo didalam gedung biru. Calo diluar gedung biru biasanya minta 750rb sampai 850rb. Jadi pilih mana? mau repot dikit ikut pelatihan dan uji praktek ala ISDC dan resmi??? Atau ikut cara illegal pake jasa calo? Kalo ane mah mending ISDC ini. Ada rasa kebanggaan, lulus SIM tanpa calo, dan itu akan terbawa seumur hidup ente. Repot dikit selama 2-3 jam tak apalah. Lokasi nya di halaman paling depan, disitu ada banyak kontainer yg di modif jadi ruangan kelas kelas gitu, ada jendela dan pintu nya segala. Gampang di cari kok.

11. udah selesai ikut ISDC ?? jangan ngacir dulu. ente cari petugas ISDC di sana, minta arahan berikutnya. biasanya pake jaket warna kegelapan. nanti ente akan dibuatkan fotocopy sertifikat ISDC 4 lembar. lembar 1 di jadikan satu dgn berkas2 ente yg sebelumnya (test kesehatan dll) di steples sama dia.3 lembar sisanya buat pegangan ente. ada 1 lembar ISDC yg asli, itu disimpan, jangan dikasi ke siapa siapa. nah sekarang ente udah siap ke gedung biru. ntar penjelasan cara pakai lembar copy an tadi ane kasi tau belakangan di bawah.

12. didalam gedung biru, ente ke loket uji teori (loket 5 kalo gak salah, dilantai 2), ente tunjukin berkas ISDC yg udah disteples tadi, dan serahkan 1 lembar copy ISDC ke petugas disana. yg di steples itu cuma ditunjukin aja, bukan utk dikasi ke mereka, itu tetap ente pegang, jangan biarkan petugas buka steples nya, ingatkan petugas kalo dia cuma butuh 1 lembar copy ISDC itu aja. nah usai urusan administrasi, ente ikut bntar uji teori disitu (formalitas aja, tapi kalo bisa, tetap yg serius njawab nya, karena kalo terlalu bego, tetap gak dilulusin nantinya). kalo udah, tunggu diluar nunggu hasil test teori, kalo di nyatakan lulus, ente ke nomor 13. kalo menurut ane sih, 95% yg pake cara mahal ini lulus semua.

Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)
fokus foto SIM aja, gak usah fokus yg lain ya? emoticon-Leh Uga

13. nah sekarang uji praktek. caranya sama, ente ke loket uji praktek (kalo gak salah di lantai bawah), tunjukin yg steples tadi, tapi yg diserahkan 1 lembar copy ISDC tadi. yg di steples tetap ente pegang. tenang aja, yg di uji kurang lebih sama waktu ente di lapangan ISDC tadi. dan tidak ada tanjakan !! beda sama cara murah, ente bakal di test tanjakan juga. kalo di ISDC ente uji praktek pake mobil pelat hitam milik ISDC, maka di dalam gedugn biru, ente uji praktek pake mobil polisi langsung. jadi kmngkinan ente lulus gede banget disini, karena materi ujiannya sama kek waktu ente di ISDC beberapa jam lalu. dan di cara mahal ini, materi uji praktek nya juga gak sebanyak di ISDC, jadi gak butuh waktu lama. yg penting asal ente gak bego bego amat, pasti di lulusin deh. usai uji praktek, tunggu bntar liat hasil test uji praktek, kalo dinyatakan lulus, yah udah, selamat. ente tinggal ke loket pembuatan SIM utk foto dan sidik jari, selesai. cara mahal semuanya selesai dalam sehari. cara murah, ente kudu bolak balik minimal 2 kali, sebelah ane malah ada yg sampai 9 kali katanya, gila aja nih orang emoticon-Ngakak

14. nah sekarang ane mau bahas materi uji praktek di ISDC dan didalam gedung biru. ini penting, biar ente latian dulu di rumah sebelum ke kantor polisi. tapi kalo udah bisa bawa kendaraan sebelumnya selama tahunan (cuma gak pnya SIM aja) sih nomor 14 ini skip aja. di ISDC anda akan disuruh bawa mobil dengan 5 gerakan manuver :

pertama, keliliing pinggir lapangan tanpa menyentuh Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)

kedua, zig zag kayak ular melewati Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo) dan gak boleh kena

ketiga, parkir mundur tanpa boleh sentuh Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)

keempat, mundur ke belakang tanpa nyenggol Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)

kelima, parkir paralel tanpa nyenggol Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo). biasanya peserta cowoq dapat yg ini, kalo peserta ceweq gak di kasi materi ini, mngkin instruktur nya udah tau kalo ceweq paling bego kalo urusan paralel gini emoticon-Ngakak

tapi semua itu trgantung instruktur nya juga, kadang semuanya, kadang cuma sebagian. mngkin ia liat2 skill ente juga. kalo ente bisa ngerjain yg sulit, ngapain disuruh yg gampang juga, gitu kali pikiran instruktur, jadi bisa menghemat waktu. waktu nya mending utk ngetest peserta lain yg kurang jago. masuk akal juga.

Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)
besi

nah di gedung biru, ada sedikit perbedaan, mereka gak pake Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo) , tapi pake besi yang tertanam ke beton lantai lapangan, jadi kalo ente bikin kesalahan, di jamin tuh mobil langsung baret cat / bodi nya. jadi kudu ekstra hati2. beda sama Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo) yg kalo kesenggol, gak akan bikin baret atau penyok mobil.

15. SIM hilang, mutasi SIM, telat perpanjang SIM, semua dianggap harus bikin baru, jadi pastikan jangan sampai telat atau hilang SIM ente.

dah itu aja ane rasa tips tips yg perlu ente ketahui. smoga ente dapat SIM nya.

Bikin SIM A Baru Tidak Sesulit Seperti Anggapan Umum Selama Ini (Tanpa Calo)
Gan ketamine msh ada? Berapaan?
ane dah pernah ikut tes sim (C sih)
klo teori ane 9/10 bener semua, tapi prakteknya susah bener emoticon-Hammer2
cius ente braay qemoticon-Wow
Prakteknya gak sesuai sama apa yang terjadi
g susah sih asal bener bener murni tanpa calo dan pelayanannya diperbaiki....emoticon-Toast
Quote:Original Posted By memetrivaldo
ane dah pernah ikut tes sim (C sih)
klo teori ane 9/10 bener semua, tapi prakteknya susah bener emoticon-Hammer2



Ane 8 X Tes Sim C Gagal Maning Bray Parah. Emang Akhirnya Ane Lewat Jalur Belakang Bray emoticon-Cool
Bikin sim emang ribet
dah pokoknya tetep ribet emoticon-Stick Out Tongue
malass.. mending di supirin hahahha
Quote:Original Posted By daniyalkhan



Ane 8 X Tes Sim C Gagal Maning Bray Parah. Emang Akhirnya Ane Lewat Jalur Belakang Bray emoticon-Cool


guwah gagal 4x dan, ya ujung2nya sama emoticon-Hammer2 soalnya susah bener dah jalur motor buat tes prakteknya di tempat guwah, jalannya kecil hampir mustahil klo buat emak emak emoticon-Hammer2
indonesia kebanyakan manusianya mental males gan.
belom berjuang udah nyerah duluan. ane juga dulu test lewat jalur normal cepet dan mudah kok.
Quote:Original Posted By memetrivaldo
guwah gagal 4x dan, ya ujung2nya sama emoticon-Hammer2 soalnya susah bener dah jalur motor buat tes prakteknya di tempat guwah, jalannya kecil hampir mustahil klo buat emak emak emoticon-Hammer2



Emang Gak Ada Pilihan Lain Bray Kecuali Nembak Bray emoticon-Turut Berduka
sekali tes langsung lulus???






itu hanya mitos








emoticon-Cool
lah, ane dulu tes teori dulu baru praktek... emoticon-Bingung
cuman gak lulus tes tanjakan (dulu) masih cupu skill nyetirnya,,, emoticon-Hammer2

btw, nice trit nih... emoticon-2 Jempol
prosedurnya memang tidak sulit, tapi untuk lulus yang sulit emoticon-Peace
ane nembak sim A 700 ribu
Nyimak aja deh gan emoticon-Cool
ketamine nya berapaaan gan?emoticon-Big Grin
Mantap gan, kebetulan sim ilang, pengen bikin lagi, abis liat trit ente, jadi males pake calo emoticon-Big Grin
liat yg lagi foto tp bukan wajahnya lebih ke bawah dikit emoticon-Matabelo
×