alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5796c3ab1cbfaa2a6e8b4570/apapun-sikap-jokowi-pan-jamin-tetap-setia
Apapun Sikap Jokowi, PAN Jamin Tetap Setia
Apapun Sikap Jokowi, PAN Jamin Tetap Setia

Metrotvnews.com, Jakarta: Sinyal reshuffle semakin menguat setelah adanya larangan bagi seluruh anggota kabinet bepergian ke luar Jakarta dalam beberapa waktu ke depan. Partai Amanat Nasional (PAN) menjamin akan tetap setia mendukung pemerintah kendati Jokowi tidak membalas dukungan itu dengan jabatan menteri.


"Tidak ada masalah (seandainya tidak diberi jabatan menteri). Bagaimanapun komposisi dan posisi kabinet (ke depan), PAN tetap di pemerintahan," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PAN Viva Yoga Mauladi dalam Program Primetime News Metro TV, Senin (25/7/2016).


Viva menegaskan, pihaknya tidak ingin melukai partai politik manapun. Viva mengaku, pihaknya memberikan dukungan kepada pemerintah semata-mata ingin memperkuat posisi politik pemerintah. Posisi politik ini menjadi penting karena akan berimbas pada stabilisasi perekonomian yang cenderung tidak menentu.


"Itu tujuan kami masuk ke pemerintahan. Kalau (komposisi) kabinet itu kewenangan mutlak. PAN tidak akan ikut campur. PAN tidak akan menekan, tidak akan intervensi. Pan akan menghormati segala keputusan Presiden," tegas Viva.


Sementara itu, Analis Politik Burhanudin Muhtadi menilai, politik di depan dan belakang layar itu sangat berbeda. Boleh saja, PAN atau partai politik lainnya mengaku tidak berharap jabatan menteri. Akan tetapi di balik layar, sebenarnya mereka berharap banyak.


"Yang autentik justru di belakang layar," ungkap Burhanudin.


Burhanudin menjelaskan, Jokowi pasti sudah berhitung bahwa saat ini, tidak bisa hanya berharap dengan empat partai yang sedari awal mendukungnya. Jokowi perlu memperkuat kekuasaannya dengan menerima dukungan dari partai politik lain.


Adalah hal yang wajar jika ada take and give terkait dukungan tersebut. Agar pemerintahan Jokowi benar-benar kuat di parlemen.


Burhanudin berharap Jokowi membayarnya dengan jabatan atau posisi menteri. Namun, kata dia, komposisinya harus tetap lebih banyak menteri dari nonpartai politik ketimbang dari partai politik. Hal itu, agar Jokowi bebas dari kesan bagi-bagi kue kekuasaan di mata publik.


"Mau tidak mau memang ada dari beberapa partai yang secara objektif mungkin porsi kabinetnya dianggap terlalu banyak, dikurangi, atas nama masuknya pemain baru," pungkas Burhanudin.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...in-tetap-setia

---

Kumpulan Berita Terkait RESHUFFLE KABINET :

- Apapun Sikap Jokowi, PAN Jamin Tetap Setia PKB Curiga Menteri dari Nonparpol Punya Kepentingan Terselubung

- Apapun Sikap Jokowi, PAN Jamin Tetap Setia Apapun Sikap Jokowi, PAN Jamin Tetap Setia

- Apapun Sikap Jokowi, PAN Jamin Tetap Setia Isu Reshuffle Kabinet Makin Kuat

Set dah bodyguardnya cewek emoticon-Ngakak:
Diapit kemana aja tu emoticon-Ngakak:
×