alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5796bb70d675d4281c8b456a/di-pontianak-main-layangan-termasuk-tindak-pidana
Di Pontianak, Main Layangan Termasuk Tindak Pidana
Di Pontianak, Main Layangan Termasuk Tindak Pidana

Satpol PP Kota Pontianak melakukan pemusnahan 1.500 layang-layang hasil razia di beberapa wilayah kecamatan di Kota Pontianak. Pemusnahan dengan membakar layang-layang ini dilakukan oleh Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

“Ini adalah bukti keseriusan kita dalam menertibkan permainan layang-layang yang sudah banyak menelan korban dengan merazia mereka yang bermain layangan dan menjatuhkan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) ,” ujarnya, Selasa (26/07/2016).

Diakuinya, permainan layangan ini tidak masalah bila saja tidak mengganggu ketertiban umum dan membahayakan masyarakat. Namun yang membahayakan bila layang-layang itu putus, benangnya bisa ada di mana saja, misalnya di jalan lalu lintas orang lewat dan bisa membahayakan pengguna jalan.

“Misalnya kalau layangannya putus, benangnya melintang di jalan, apalagi kalau benang gelasan atau tali kawat, sudah banyak korban,” katanya.

Kasatpol PP Kota Pontianak, Syarifah Adriana menyebut, pihaknya melakukan razia terhadap pemain layang-layang di wilayah Kota Pontianak. Layang-layang, benang dan alat penggulung benang turut disita untuk dimusnahkan. Tahun lalu, sedikitnya tujuh pemain layang-layan terjerat tipiring.

“Namun tahun ini hingga bulan Juli masih belum ada yang kita tipiring, hanya saja untuk tahap awal ini kita musnahkan layang-layang yang telah kita sita,” terangnya.

Pihaknya menyapu bersih berbagai jenis layangan. Bagi masyarakat atau pemain layangan yang menolak ditertibkan dan berkeras supaya layangannya tidak disita untuk dimusnahkan, maka akan dijatuhkan sanksi tipiring.

“Denda yang dikenakan bervariasi, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta,” ucapnya.

Namun apabila ada pemain layangan dari kalangan usia anak-anak, yang tidak bisa dikenakan sanksi hukum, maka pihak orang tua si anak akan diminta membuat pernyataan tidak akan mengulangi lagi bermain layang-layang.

“Kalau kedapatan lagi maka orang tuanya yang akan kita kenakan tipiring,” tegasnya.

Sedangkan bagi pemain layangan yang sudah dewasa, biasa mereka berdalih bahwa mereka tidak mengetahui Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum, pihaknya akan menyita layangan milik mereka untuk dimusnahkan. Selain itu, mereka juga harus menandatangani pernyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatan serupa.

“Selain penindakan, kita juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal ini,” pungkas Adriana.

http://news.okezone.com/read/2016/07...-tindak-pidana

SEPERTI TEORI: MEROKOK MEMBUNUHMU (Dilarang merokok tapi pabrik bikin rokok terus) emoticon-No Hope
Tertibkan layangan Pokemon
Inget dl ngejar layangan putus ...

Bejibun tuh yg main layangan di pinggir sungai kapuas..
Kasihan bener yak orang pontianak, susah mau maen layang2.. emoticon-Frown
buat aplikasi Layangan Go gih biar gk ribet benangnya emoticon-2 Jempol
Lama kelamaan bakaal ada aplikasi layangan virtual kalau gak dibolehin main layangan. Ini mainan rakyat, kalau masalah dilarang mungkin bisa disediakan lapangan yang lebih luas, kalau masalah layangan putus ini memang susah. Dulu pas masih kecil juga ada orang jatuh gara-gara benang melintang di jalan. Mau nuntut yang mainan anak kecil, susah kan emoticon-Malu
Dijakarta aja nyusahain kadang2, benang yg putus bahaya kalau kena leher pemotor,bisa2 luka agak dalem kalau motornya kenceng
setidaknya alasannya masuk akal sih

jadi inget anak tetangga gue jatuh ke parit gara gara ngejar layangan, alhasil kaki patah tulang

benangnya juga tajem kan tuh,
maen bola aja dah
Leher gua pernah dapet 6 jaitan gegara benang layangan emoticon-Nohope
Sampe sekarang trauma bener gua kl liat orang main layangan emoticon-Nohope
×