alexa-tracking

Apresiasi Pilar-Pilar Sosial, Dinas Sosial Lakukan Penilaian

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576bfacd5a5163cf298b456c/apresiasi-pilar-pilar-sosial-dinas-sosial-lakukan-penilaian
Apresiasi Pilar-Pilar Sosial, Dinas Sosial Lakukan Penilaian
Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melakukan Penilaian Terhadap Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi DKI Jakarta, Pilar-pilar Sosial itu terdiri dari Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), dan Organisasi Sosial/Lembaga Kesejahteraan Sosial (Orsos/LKS).
Spoiler for Pilar-pilar Sosial:

Penilaian ini dilakukan terhadap Pilar-pilar Sosial yang ada di 5 wilayah Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta, Baik itu dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat, mereka yang dinilai, merupakan Pilar-pilar Sosial yang terbaik di wilayah kota masing-masing.
Spoiler for Juri Penilai:

"Ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan apresiasi terhadap Pilar-pilar Sosial, karena Pilar-pilar Sosial merupakan Mitra Pemerintah dalam mengatasi permasalahan sosial di masyarakat, maka perlu ada apresiasi," tandas Heri Suhartono, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, di ruangannya (23/6).

Sebelum dilakukan penilaian, katanya, pihaknya telah memberikan pembinaan terhadap Pilar-pilar Sosial, sehingga ketika dilakukan penilaian, pilar-pilar sosial tersebut sudah mempersiapkannya.
Spoiler for Penilaian Pilar-pilar Sosial:

"Kami juga sudah mempunyai instrumen penilaian yang akan diisi oleh peserta. Instrumen tersebut akan menjadi indikator penilaian terhadap pilar-pilar social, sehingga penilaian itu merupakan penilaian yang sebenarnya ada di lapangan, agar lebih obyektif," ujar Heri.

Selain itu, katanya, penilaian terhadap Pilar-pilar Sosial dilakukan oleh juri yang punya kualifikasi di bidangnya, mulai dari Akademisi dan Praktisi.

"Mereka akan melakukan penilaian melalui Panduan Teknis Penilaian, Panduan tersebut sebagai acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksana penilaian dan pemberi penghargaan. Pedoman ini diharapkan dapat menyamakan persepsi dan pemahaman antara pemerintah daerah, juri dan peserta," terang Heri

Adapun kriteria penilaian, lanjutnya, setiap Pilar-pilar Sosial memiliki kriteria yang berbeda, namun kriteria yang sama di antara Pilar-pilar Sosial itu adalah kriteria dari aspek Kelembagaan Administrasi.
Spoiler for Foto Bersama Pilar-pilar Sosial:

"Secara kelembagaan mereka harus lengkap, adapula aspek program kegiatan mereka, aspek penguasaan penanganan permasalahan di daerah mereka, aspek kemitraan terhadap masyarakat, pemerintah setempat, dan dunia usaha, aspek inisiatif lokal atau terobosan-terobosan yang dilakukan, dan lain sebagainya," pungkas Heri.

Hal tersebut juga disampaikan oleh salah satu juri, Sri Winarni saat melakukan penilaian terhadap Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), tujuan penilaian paling pokok adalah memberikan apresiasi kepada Karang Taruna yang sudah berperan aktif untuk masyarakat.

"Khususnya atas peran serta mereka yang senantiasa bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Pendekatan kita, dewan juri, salah satunya adalah adanya kemitraan, artinya bagaimana TKSK mampu menanggulangi permasalahan kesejahteraan sosial yang ada di lingkungan mereka bersama Pilar-pilar Sosial terlebih lagi dunia usaha," tukas Sri Winarni.
mantap semoga jakarta semakin maju emoticon-2 Jempol