alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576ba6e65c7798e07e8b456b/hutan-mangrove-kulon-progo-info-wisata-rute-dan-tiket-masuk
Hutan Mangrove Kulon Progo, Info Wisata, Rute dan Tiket Masuk
Kini ada begitu banyak tempat wisata baru yang dapat dieksplore selama berwisata di Jogja. Mengunjungi Kulon Progo misalnya. Di kabupaten yang berbatasan dengan Bantul ini ternyata menyimpan berbagai alternatif wisata alam yang menawan. Hutan Mangrove Congot misalnya.

Hutan Mangrove Congot merupakan salah satu objek wisata alam yang sedang booming di Kulon Progo. Pasalnya wisata alam semacam ini tergolong jenis wisata baru. Dulunya pilihan wisata alam hanya sebatas pantai, air terjun, hutan ataupun kebun buah. Karena itulah kemunculan area wisata yang kini dilengkapi dnegan fasilitas jembatan bambu ini mampu menyedot perhatian wisatawan lokal ataupun wisatawan dari kawasan lain yang sedang berkunjung ke Jogja.

Selain digunakan sebagai area konservasi, sejatinya Hutan Mangrove Congot merupakan sarana yang dibuat untuk mencegah terjadinya abrasi di sekitar pantai. Menariknya, hutan ini diberi sarana berupa jembatan bambu yang dapat dilalui oleh para pengunjung. Jembatan inilah yang menjadi sarana spot foto paling mangasikkan di area Hutan Mangrove Congot.

Spoiler for foto:


Tak ayal foto berlatar pantai lengkap dengan jajaran pohon mangrove itu pun akhitnya menjadi trending topic di berbagai media sosial. Ada yang sekedar membagikan fotonya saja, namun banyak pula yang membagikan cerita di blog pribadi masing-masing. Walhasil tempat yang dibangun sejak tahun 80-an ini mulai kebanjiran pengunjung, utamanya saat weekend ataupun hari libur nasional.

Selain berfoto di jembatan, Anda juga dapat menyusuri kawasan hutan mangrove Pantai Congot. Karena jajaran pohon mangrove ini menyerupai bentuk goa, masyarakat sekitar menyebut tempat ini dengan sebutan Goa Mangrove. Untuk menghindari gigitan nyamuk, jangan lupa membawa lotion anti nyamuk ya!

Menariknya lagi, untuk menikmati wisata edukatif ini Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja. Selebihnya Anda hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan yang digunakan. Untuk menghindari panas, ada baiknya jika Anda berkunjung di pagi atau sore hari.

Alamat: Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo

Rute: Jalan Wates – Patung Nyi Ageng Serang – ambil arah Purworejo – Terminal Wates masih lurus sekitar 10 km – pertigaan bentuk Y ambil arah Pantai Congot – ikuti papan penunjuk arah

SUMBER