alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Minta Peta Jalan Energi Nuklir Rampung Tahun Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576ba4de5074105b6d8b456a/jokowi-minta-peta-jalan-energi-nuklir-rampung-tahun-ini

Jokowi Minta Peta Jalan Energi Nuklir Rampung Tahun Ini

KATADATA - Setelah tertunda hampir delapan bulan, akhirnya Dewan Energi Nasional (DEN) menetapkan Rancangan Umum Energi Nasional (RUEN). Penetapan ini dilakukan dalam Sidang Paripurna Ketiga DEN di Kantor Presiden, Rabu (23/6).

Jokowi Minta Peta Jalan Energi Nuklir Rampung Tahun Ini


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said yang juga Ketua Harian DEN mengatakan salah satu poin yang ditetapkan dalam RUEN hingga 2050 adalah pengembangan nuklir, sebagai suatu pilihan untuk mencukupi kebutuhan energi dalam negeri.

Menurut Sudirman, Ketua DEN Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pengembangan nuklir dalam energi nasional harus tetap diteruskan. Jokowi meminta agar segera dibuatkan peta jalan (roadmap) untuk pengembangan nuklir. Targetnya roadmap tersebut akan selesai pada akhir tahun ini.

“Untuk menerapkan pengembangan nuklir ini, harus ada riset skala laboratorium untuk dibangun reaktor,” kata Sudirman.

Kemudian mendorong kerja sama internasional dengan negara-negara lain, agar Indonesia tidak ketinggalan dalam perkembangan teknologi nuklir. Pemerintah juga akan memberikan dukungan terhadap riset-riset nuklir, agar teknologi yang dikuasai dalam negeri tidak hilang dan semakin berkembang.

Pembahasan mengenai nuklir ini sempat menjadi perdebatan dan menghambat penyusunan RUEN. Akhirnya penetapan cetak biru energi nasional ini pun molor. Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2014, penetapan RUEN dilakukan satu tahun setelah Kebijakan Energi Nasional, yakni pada Oktober 2015. Adapun KEN telah terbit melalui Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014, pada Oktober 2014.

Isu nuklir muncul ketika batas waktu penetapan RUEN akan berakhir. Opsi ini pun kemudian pada sidang anggota DEN di Aceh pada Desember tahun lalu. Pembahasannya kemudian berlanjut pada Februari di Bogor. Sidang anggota DEN 4 Mei lalu, memutuskan dua opsi nuklir dalam RUEN. Dua opsi ini akan diputuskan Jokowi pada Sidang Paripurna 24 Mei. Namun, sidangnya tertunda karena agenda presiden yang padat.

Anggota DEN Andang Bactiar mengatakan dua opsi ini kemudian diajukan kepada Jokowi dalam Sidang Paripurna kemarin. Dua opsi tersebut yaitu pengembangan nuklir akan dilakukan jika target energi baru dan terbarukan (EBT) 23 persen dari bauran energi pada 2025 tidak tercapai, atau pengembangan nuklir tetap dilakukan tanpa dihubungkan dengan target EBT. “Presiden memilih opsi kedua,” ujarnya.

Terkait dengan penetapan RUEN, Sudirman mengatakan ada beberapa semangat yang pemerintah. Pertama, perubahan paradigma energi. Energi tidak boleh lagi dipandang sebagai komoditi semata, tapi digunakan sebagai pembangunan ekonomi. Implementasinya bisa dengan insentif fiskal, kemampuan industri dalam negeri, dan sebagainya.

Kedua, membangun energi berbasis energi baru dan terbarukan (EBT). Target EBT dalam bauran energi nasional pada 2025 harus tetap dikejar hingga 23 persen. Ketiga, terus mendorong pembangunan infrastruktur energi. Keempat, membangun konservasi energi. Kelima, meningkatkan penguasaan teknologi di bidang energi.

Dalam sidang paripurna tersebut, Jokowi menegaskan bahwa semua kementerian dan lembaga wajib menjalankan dan mendukung RUEN. “Sehingga RUEN tidak hanya menjadi dokumen semata, tapi ada langkah konkretnya di lapangan dan ada konsistensi dalam menjalankan kebijakan,” kata Sudirman.

Sumber: Peta Jalan Pengembangan Nuklir Siap Dibuat
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
emoticon-Wow berita jokowi sepi
apa ya peduli sama tanggung jawab kalau ada apa2 dengan si nuke

silahkan bangun di istana presiden supaya perawatan maksimal
dan keluarga presiden diharuskan hidup di kompleks sekitar pembangkit
bagus deh klo bisa rampung tahun ini.. emoticon-linux2
buat ke planet namec
emoticon-Big Grin
Mintanya ke dora aja..... emoticon-Cool
kapan bisa nikmatin tnaga nuklir
Itu nuklir kalo diurus sama orang luar sih rasanya lebih baik
Setuju pembangunan PLTN, tapi jangan di jawa, udah titik.
tanpa nuklir, bakal keteteran menuhin demand negeri sbesar indonesia.. jgn sok2an, realistis aja emoticon-Big Grin
mudah2an bisa tercapai

yg penting jangan terlalu terburu2, harus siap teknologi dan sdm nya...
Quote:


Bagusnya apa om emoticon-Bingung
Quote:


bagus dong klo udah ad petanya.. emoticon-Wakaka
Quote:


Petanya kek gimana om emoticon-Nyepi
Quote:


sah deh, Indonesia masuk ke era energy nuklir ..
Diubah oleh maize.farmer
Quote:


g tau om ane belom liat... emoticon-Wakaka
Quote:


Coba tanya ts emoticon-Request
Quote:


iy om tanya dlu ya.. emoticon-Ngacir

____________________________________
heh TS petanya cem mana bentuknya tuh??
Quote:


sekarang konsepnya malah sudah ada floating gan ..

Jokowi Minta Peta Jalan Energi Nuklir Rampung Tahun Ini
Quote:


Ane tunggu jawabnya emoticon-linux2
Quote:


mmg TSnya bakal dateng om?? emoticon-linux2
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di