alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b991114088d10308b456a/garap-theme-park-lido-mnc-land-peroleh-pinjaman-rp-67-triliun-dari-china
Garap Theme Park Lido, MNC Land Peroleh Pinjaman Rp 6,7 Triliun dari China
JAKARTA, KOMPAS.com - PT MNC Land Tbk telah menerima letter of interest dari Chinese Export and Credit Insurance Corporation untuk pengembangan theme park resort terintegrasi sekelas Disneyland di Lido, Bogor, jawa Barat.

"Jalan terus, kami sudah teken perjanjian dengan China senilai 500 juta dollar AS untuk pembangunan theme park," ujar Direktur PT Media Nusantara Citra Tbk, Syafril Nasution di Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Jika dirupiahkan dengan kurs Rp 13.500 per dollar AS, maka nilai dana pinjaman tersebut sebesar Rp 6,75 triliun.

Dana yang digelontorkan untuk pembangunan theme park tersebut akan di biayai oleh Sinosure Insurance China, Bank of China, dan Construction of China, selama kurang lebih 15 tahun.

Namun demikian, ketika ditanya berapa bunga yang ditetapkan bank asal China tersebut, Syafril masih enggan untuk menyebutkan besarannya. "Bunganya berapa belum bisa kami sebutkan," tutur Syafril.

Syafril hanya menyebutkan, luas lahan yang akan digarap kurang lebih sekitar 3.000 hektare, dan lahan yang akan digunakan untuk theme park sekitar 100 hektare.

Rencananya, pembangunan theme park ini akan rampung dua tahun kedepan atau pada 2018 mendatang. "Ground breaking masih proses, targetnya 2018," pungkas Syafril.

Molor

Pembangunan theme park ini sebenarnya molor dari jadwal semula. Hary Tanoesoedibjo, pimpinan Grup MNC, sebelumnya menargetkan theme park ini beroperasi penuh mulai 2016.

Proyek ini akan dikembangkan di area luas 2.000 hektare (ha). Selain tempat wisata, anak usaha Grup MNC, PT MNC Land Tbk merencanakan pembangunan kawasan perumahan, hotel, gedung pertemuan, kawasan bisnis dan lapangan golf.

Manajemen Grup MNC mengklaim memiliki konsep hiburan yang lebih yahud ketimbang para pesaingnya. Kelompok usaha ini optimistis menjadikan taman hiburan di Bogor itu sebagai alternatif destinasi wisata setelah Bali ataupun Lombok di Nusa Tenggara Barat, dengan bekal konsep hiburan yang akan ditawarkannya.

Total investasi untuk seluruh proyek tersebut mencapai Rp 20 triliun. Dia menyatakan pembangunan mega-proyek ini berlangsung secara bertahap.

Sekadar kilas balik, MNC mendapatkan aset di Lido berupa resort dan tanah dari membeli aset milik Grup Bakrie. PT MNC Land mengakuisisi PT Lido Nirwana Parahyangan, milik Grup Bakrie melalui rights issue senilai Rp 1,4 triliun pada tahun 2013.

Pembelian aset Lido itu berbarengan dengan pembelian konsesi lima ruas jalan tol milik PT Bakrie Toll Road. Kelima ruas tol itu adalah Kanci–Pejagan (Jawa Barat dan Jawa Tengah), Pejagan–Pemalang (Jawa Tengah), Pasuruan–Probolinggo (Jawa Timur), Cimanggis–Cibitung (Jawa Barat), dan Ciawi–Sukabumi (Jawa Barat).

http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...iun.dari.china

garap gan
daerah lido situ bukannya kebanyakan sawah ya?
sawahnya kena garap juga kah?
emoticon-linux2
Lama2 lahan bodetabek abis dikuasain developer.