alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tiga Syarat Daerah Khusus Tax Havens di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b9628d675d4cb788b4568/tiga-syarat-daerah-khusus-tax-havens-di-indonesia

Tiga Syarat Daerah Khusus Tax Havens di Indonesia

KATADATA - Pemerintah berencana membentuk sebuah “pulau” atau kawasan khusus suaka pajak (tax havens) bagi para pengusaha di Indonesia. Ada beberapa kriteria dalam menentukan wilayah surga pajak tersebut, salah satunya adalah telah menerapkan rezim pajak yang berbeda.

Tiga Syarat Daerah Khusus Tax Havens di Indonesia

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebutkan, ada tiga kriteria agar suatu daerah atau wilayah bisa dijadikan offshore financial center alias pusat bermukimnya perusahaan-perusahaan cangkang atau perusahaan bertujuan khusus atau Special Purpose Vehicle (SPV). Pertama, memiliki infrastruktur yang memadai, seperti lembaga keuangan skala internasional.

Kedua, bukan wilayah yang sudah memiliki rezim pajak normal, seperti Jakarta. Artinya, wilayah itu telah menerapkan sistem pajak yang khusus, misalnya tarif pajak lebih rendah.

Ketiga, daerah tersebut harus mempunyai infrastruktur yang memadai. “Jadi tidak boleh yang underdevelopment (masih pengembangan), tapi infrastruktur memadai lah,” kata Bambang di Jakarta, Rabu (22/6) malam.

Pertimbangannya, wilayahnya belum terlalu kompleks seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Selain itu, Batam merupakan kawasan perdagangan bebas (free trade zone) sehingga selama ini sudah banyak kemudahan yang diberikan pemerintah kepada investor. “Secara lokasi (Kepulauan Riau), iya (memenuhi kriteria). Karena, wilayah baru yang belum kompleks sehingga masih mudah ditata,” katanya kepada Katadata.

Rencananya, pemerintah akan merealisasikan rencana tersebut setelah penerapan pengampunan pajak (tax amnesty) tahun ini. Pemerintah juga tengah mengkaji dan membahas peraturannya bersama DPR.

Pada akhir pekan lalu, Bambang pun mengungkapkan, sudah menyampaikan wacana pendirian pulau suaka pajak tersebut kepada Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Ia berharap, langkah sosialisasi ini bisa menjadi pertimbangan bagi pengusaha agar tetap menempatkan dananya di dalam negeri. Sebab, pengusaha bisa memanfaatkan uangnya di pulau suaka pajak, tanpa harus ke luar negeri.

Jadi, perputaran dananya masih berlangsung di dalam negeri. Likuditas yang memadai itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama untuk pembiayaan infrastruktur. “Multiplier effect-nya kalau uang diputar di dalam negeri, ekonomi tumbuh dan bergerak. Minimal Pajak Pertambahan Nilai (dari penjualan dan konsumsi masyarakat) bisa naik,” kata Prastowo.

Sumber: Tiga Syarat Daerah Tax Tax Havens
Urutan Terlama
Ditunggu realisasinya bray....
emoticon-Leh Uga
Gitu ya om emoticon-Matabelo
pajak lagi dibegal......................emoticon-Cape d...
ape gak ngerasain kalo negara gara-gara rezim ini kebiasaan mbegal pajak...............penerimaan pajaknya anjlok drastis ?...............masak sdh tengah tahun 50% aje belum nyampe.................emoticon-Cape d...

Buat bayar biaya rutin negara aja sdh hampir gak mampu..............hampir semua departemen dipotong anggarannya....................emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh gembalakorup
Daerah Istimewa Yogyakarta menenuhi 3 syarat tersebut, sangat cocok dan siap menjadi provinsi Tax Haven
Diubah oleh ketua.komnasham
Quote:


negara ini ga mampu bekerja gan, bisanya malakin rakyatnya emoticon-Marah

sektor banyak, yang digenjot cuma pajak.

Bayar = Masuk Kas negara = Mainin di banggar = Duit dibagi2 = Duit masuk ke kementrian, pemda, otonomi bla.. bla.. bla... = eh setelah diteliti yang di kenyangin PNS, Pejabat sama proyek.

Diubah oleh rajin.meremas
Quote:


ahh agan kaya baru sebentar aj idup di indonesia emoticon-No Hope
Diubah oleh Kakustad
bagus nih biar dana nggak lari ke luar negri.
Barang dr luar ke batam bebas pajak emoticon-Embarrassment
free pajak neh ceritanya emoticon-Big Grin


emang hutang negara ini mau dibayar pakai nyetak uang apa emoticon-Ngacir


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di