alexa-tracking

Tapa Kolo, Makanan Khas Manggarai Timur

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b93775c7798bd148b4576/tapa-kolo-makanan-khas-manggarai-timur
Tapa Kolo, Makanan Khas Manggarai Timur
LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Berkunjung ke bumi Flores memang menikmati keindahan alamnya. Berbagai keunikan alam Flores menyuguhkan kepada wisatawan mancanegara dan domestik. Betapa tidak, keindahan alam Flores sudah masuk dalam 10 daerah tujuan wisata 2015 hasil survey dari Lonely Planet di London, Inggris.

Seperti di Kabupaten Lembata, wisatawan dapat menyaksikan penangkapan paus secara tradisional oleh para nelayan dari Kampung Lamaholot. Belum lagi keunikan danau tiga warna Kelimutu. Semua disuguhkan bagi pelancong yang mau mengenal dan belajar tentang alam Flores.

Setelah berwisata ke danau tiga warna Kelimutu, wisatawan melintasi keindahan pinggir pantai menuju ke Kabupaten Nagekeo untuk melihat bekas goa jepang, pulau berpasir putih, air panas Nangadhero, serta gunung berapi Ebu Lobo dan Etu, tinju adat di Kampung adat Boawae.
Tapa Kolo, Makanan Khas Manggarai Timur
KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Memasak Tapa Kolo alias nasi bambu bakar, makanan khas Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.
Sesudah menghabiskan waktu liburan di Kabupaten Nagekeo, wisatawan mengunjungi keindahan 17 Pulau Riung di Kabupaten Ngada serta kampung adat Bena, air panas Soa, Gunung Inerie. Selanjutnya pelancong mengunjungi Kabupaten Manggarai Timur dengan melihat padang savana Mausui, Batu Susu Rongga juga menikmati Pantai Mbolata sambil melihat warga lokal membuat tuak atau moke khas Manggarai Timur.

Nah, beristirahatlah dan bermalam lah di Kabupaten Manggarai Timur sambil menikmati makanan khas warga lokal. Salah satu makanan khas yang masih belum punah adalah Tapa Kolo. "Tapa" adalah bakar dan "Kolo" adalah nasi bambu. Jadi Tapa Kolo adalah membakar nasi dengan menggunakan bambu kecil. Biasanya, warga lokal Manggarai Timur memasak nasi dengan bambu pada acara syukuran tahunan atau “Penti” di rumah adat gendang. Di kebun untuk memulai tanam padi, juga di persawahan. Bahkan acara-acara besar di kampung-kampung.

Tapa Kolo, Makanan Khas Manggarai Timur
Apa uniknya Tapa Kolo atau nasi bambu itu? Uniknya, berasnya dari beras merah atau orang lokal menyebutnya “Dea laka”. Caranya adalah beras merah dibersihkan terlebih dahulu, lalu dimasukkan ke dalam bambu berukuran kecil. Namun, lubang bambu kecil itu dialas dengan daun enau muda supaya nasi yang dimasak bersih. Sesudah itu ditambahkan dengan air. Kadang-kadang bervariasi dengan memasukkan daging babi, daging ayam supaya terasa lebih enak lagi.

Sesudah semuanya beres, warga lain menyediakan api untuk membakarnya. Kira-kira satu jam atau satu setengah jam untuk membakar banyak “Tapa Kolo”. Sementara kaum perempuan menyiapkan bumbu-bumbu serta memasak daging ayam atau daging babi. Masakan daging ayam dengan santan sehingga terasa nikmatnya menyantap “Tapa Kolo” dengan lauknya daging ayam yang sudah disantan.
Tapa Kolo, Makanan Khas Manggarai Timur
Tetua adat Manggarai Timur, Fransiskus Ndolu kepada Kompas.com, Kamis menjelaskan, “Tapa Kolo” merupakan makanan khas warga Manggarai Timur yang diwariskan leluhur di berbagai kampung dan desa.

Warga masyarakat di sembilan Kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur selalu menyuguhkan “Nalun Kolo” atau “Tapa Kolo” pada upacara penti atau syukuran kampung pada acara tahunan.

Selain itu, Ndolu menjelaskan, “Tapa Kolo” juga biasa dimasak pada pembukaan ladang baru serta sebelum panen padi atau tanaman lainnya seperti jagung. “Warga Manggarai Timur masih mempertahankan tradisi Tapa Kolo pada berbagai upacara adat di rumah gendang di berbagai kampung-kampung,” jelasnya.

http://travel.kompas.com/read/2014/11/16/090600227/Tapa.Kolo.Makanan.Khas.Manggarai.Timur
ntar dicoba kalo kesanaemoticon-Big Grin
Kya lemang emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
Menyimak gan
emoticon-cystg
Ga ada mulus nya bray? Cuma 1 itu doank? Itu aja dulu... emoticon-Bingung
kek nasi yg dimasukin di dalam bambu gitu ya emoticon-Bingung
Dibakar ya, enak jg kayaknya tuh.. emoticon-Big Grin
Di daerah ane namanya lemang emoticon-Wakaka
ane klo pulang lewat Manggarai gan
kirain manggarai d jakarta,eh trnyata salah,sorry
Oh dibakar pakai bambu yah gan emoticon-Cool
pake ikan teri asin enak nihh emoticon-Ngakak (S)
Mulusnye banyakin emoticon-EEK!
rasanya kek gmn yak
pengen nyoobain
enak kyknya gan..
Kyk semacem lemang n'tu yeee emoticon-Big Grin
Jadi pengen nyoba emoticon-Traveller
qo diawal, sumber nya dr labuan bajo ya?
bkn nya labuan bajo manggarai barat?

klo emang labuan bajo, ane ga pernah liat tradisi kaya gitu selama 2 bln dsni emoticon-Bingung (S)
belum pernah nyoba makan nih gan
Oh nasi berbumbu gitu ya dibakar pake bambu leh uga emoticon-Big Grin