alexa-tracking

Beberapa Kerugian yang Kamu Dapetin Jika Terlalu Sering Ikut Acara Bukber

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b92b81cbfaa16588b4568/beberapa-kerugian-yang-kamu-dapetin-jika-terlalu-sering-ikut-acara-bukber
Beberapa Kerugian yang Kamu Dapetin Jika Terlalu Sering Ikut Acara Bukber
Momen Ramadan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu, karena bulan Ramadan hanya ada setahun sekali. Bulan Ramadan dimana sebulan penuh kamu yang berumat muslim untuk diwajibkan berpuasa Ramadan dan juga menjalani sholat tarawih saat malam hari. Tidak hanya itu, momen Ramadan inilah yang biasanya digunakan dari berbagai kalangan untuk menyambung tali silaturahmi atau ajang reunian karena bisa menjadi waktu yang dianggap tepat untuk ngajak kumpul teman-teman lama.

Kegiatan inilah yang biasanya kita sebut bukber atau buka bersama. Biasanya sih bukber tidak bisa dipisahkan dari kebiasaan dalam menjalani puasa di Indonesia. Karena di bulan-bulan biasanya untuk ngumpul-ngumpul sama teman aja susah, nah bukber bisa menjadi ajang untuk ketemu teman. Karena kebanyakan orang berpikiran untuk meng'iya'kan ajakan bukber ketimbang pertemuan di bulan-bulan biasa karena memang suasana Ramadan itulah yang mendukung dan juga kata-kata "ayolah kumpul kapan lagi kan bukber, cuma setahun lagi.." dan yang akhirnya membuat iman untuk menghemat kadang goyah.

Memang sih, kegiatan bukber dimana bermanfaat untuk menyambung tali silaturahmi yang (mungkin) kemaren-kemaren sempet putus ini sangat baik, apalagi jika bukbernya ditambah sama kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya seperti beramal atau berinfaq kepada orang-orang miskin yang kekurangan. Tapi, kalau semua acara bukber diikutin sampai bukber sama teman-teman yang sebenarnya kamu ga terlalu dekat pun di'ayo'in aja, yakin gak bikin dompet kamu kering kerontang? Selain itu terkadang juga saat kamu ikut acara bukber di luar bukannya kamu bakal melewatkan ibadah taraweh kamu ya?

Hmm gimana tuh?

Berikut beberapa kerugian yang kamu dapetin jika kamu terlalu sering ikut acara bukber di luar:


Quote:1. Boros

Bukber pastinya gak jauh-jauh dari masalah uang kan. Ya walaupun bukbernya di rumah temen kamu pun gak menutup kemungkinan kamu akan ditagih uang buat patungan kan? Kecuali jika memang si tuan rumah secara cuma-cuma bilang bahwa bukber di rumahnya gratis, kalian yang dateng gak usah pake-pake patungan. Duh itu sih enak banget ya.. Nah itu kasus yang bukbernya di rumah, kalau bukbernya di luar macem kafe atau resto gitu? Gak makin ngeluarin uang banyak tuh? Apalagi kalau milih kafe atau resto yang lagi ngehits, waduh itu mah Rp50.000 palingan baru dapet minum doang ya. Yah taroh deh misal di kafe atau resto rata-rata kamu bakal ngeluarin uang Rp50.000 per bukber, berarti kalau di bulan Ramadan kamu ada acara bukber enam kali, temen SD, temen SMP, temen SMA, temen Kuliah, temen organisasi, komunitas, atau yang udah kerja temen kerja. Hmm bisa -bisa dalam sebulan kamu ngeluarin uang Rp300.000-500.000 cuma untuk acara bukber. Tapi, lagian disuruh beramal Rp50.000 ke kotak amal mesjid aja suka kerasa berat, duh gimana sih...


Quote:2. Berkurangnya waktu kebersamaan dengan keluarga

Banyaknya undangan bukber yang akan kamu datangi pun pastinya bikin kamu bakal jarang untuk buka di rumah kan? Mencoba menyicipi masakan ibu kamu atau malah ikutan bantuin ibu kamu buat masak atau sekedar nyiapin makanan berbuka pun jadi berkurang. Padahal momen Ramadan itu cuma terjadi setahun sekali dalam waktu selama sebulan. Memang sih bakal seru berkumpul dengan teman-teman lama, tapi waktu dengan keluarga pun bukannya juga lebih mengesankan dan priceless? Ramadan bukan hanya untuk mengikat silaturahmi dengan teman, tapi juga memperkuat ikatan batin dengan keluarga kamu yang ada di rumah. Seiring bertambahnya usiamu, bertambah tua juga orangtua. Belum tentu kan Ramadan bulan depan kamu masih bisa bersama kedua orang tuamu? Maka jagalah momen indah Ramadan juga dengan keluargamu.


Quote:3. Ibadah jadi lalai

Seperti yang dikutip dari Okezone, bulan Ramadan adalah ladang untuk menanam amal ibadah. Niat silaturahmi sambil bukber jangan sampai malah membuat kamu jadi lalai melakukan ibadah yang utama yakni shalat fardhu dan juga shalat sunat tarawih yang cuma dilakukan sebulan sekali ini. Apalagi lokasi bukber biasanya di restoran atau mal yang tempat salatnya tidak cukup besar. Kalau acara bukber memasukkan agenda shalat fardhu sampai shalat tarawih berjamaah, ini baru namanya dobel berkah.


Quote:4. Baper

Pertemuan dengan teman lama juga gak menutup kemungkinan kamu bisa ketemu gebetan lama atau malah mantan kamu kan? Hm bukannya itu kemungkinan bisa membangkitkan ingatan masa lalu kamu ya... Bisa jadi bukan kenangan pahitnya, tetapi bisa juga kenangan yang manis. Apalagi kalau si 'dia' entah gebetan atau mantanmu ternyata jadi makin cakep dan menarik. Duh bisa bisa kamu jadi baper dan demen lagi sama dia, belum lagi kalau tahu-tahu si 'dia' ternyata udah ada yang punya, sakit lagi dong hati kamu?


Quote:5. Jadi ajang pamer dan gosip

Jangan sampai niat menyambung tali silaturahmi jadi melenceng ke ajang pamer dan gosip. Sah saja kepo sedikit tentang kabar teman Anda, tapi jangan malah jadi lebih seru membahas tentang kekurangannya. Jangan juga malah jadi ajang membanggakan diri soal pekerjaan, pasangan, dan harta benda. Ingat semuanya hanya titipan dan bisa diambil kapan saja oleh Tuhan. So, keep humble.


sumber: Okezone
buka ama keluarga aja lahemoticon-Leh Uga
Kanker emoticon-Leh Uga
Rugi uang gan sama rugi waktu emoticon-Big Grin
Kadang juga rugi ibadah, bukber sering melewatkan shalat magrib. emoticon-Big Grin
Trit sesat.... emoticon-Bata (S)
Sumbernya okezonk emoticon-Betty (S) dan bukber itu nikmat2 aja asal di masjid biar gak ketinggalan Maghrib emoticon-Stick Out Tongue
Betul!!! Mnding di mesjid. Gratis hahaha
kok mikirin biaya,mau bukber atau mau arisan? gak harus di cafe atau resto mahal juga kali
sudsh pasti boros emoticon-sudahkuduga
Bawah ane gretonger kalo bukber...
Trit terselubung web nih emoticon-Cool
ane gretonger takjil masjid
Bukber di masjid gratis koq gan. Datang jam 5 dapat tausiyah juga
Dari pada bukber mending teraweh bareng emoticon-Big Grin
Lu bukber apa dagang tong pake untung rugi?
ane jg lebih milih buka dirumah gan
gratis, nyaman
emoticon-Cool
biasanya kalau udh bukber, mayoritas jadi lupa ibadah shalat taraweh bre, karena alasan males emoticon-Cool
Bikin terjangkit kanker gan, kantong kering, itu aj dulu... emoticon-Bingung
Minggu2 ini bayar bukbernyaemoticon-Frown
Puasa mah kagaemoticon-Frown
Ibadah jadi lalai ya gan..
bener banget nih emoticon-Ngakak (S)
di rumah lebih rameemoticon-2 Jempol