alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Peluncuran tiga proyek di ulang tahun Jakarta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b8263925233f3568b456c/peluncuran-tiga-proyek-di-ulang-tahun-jakarta

Peluncuran tiga proyek di ulang tahun Jakarta

Peluncuran tiga proyek di ulang tahun Jakarta
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.
Jakarta 489 tahun pada 22 Juni lalu, 11 tahun menuju quincentenary. Menandai satu lagi warsa terlewat, Gubernur DKI Jakarta, Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama tidak memberikan ruang hiburan bagi rakyat melalui penyelenggaraan festival. Namun, ia memilih meluncurkan tiga proyek pembangunan untuk kepentingan Asian Games 2018.

"Saya kira yang penting substansi saja. Ngapain bikin festival-festival gitu," ujarnya dikutip Kompas, Selasa (21/6). Tiga proyek termaksud adalah LRT (light rail transit) Jakarta, sarana balap sepeda (velodrome), dan sarana ketangkasan olahraga berkuda. Pembangunan LRT tahap awal itu melayani rute Kelapa Gading - Velodrome Rawamangun. Semua proyek bertempat di Jakarta Timur.

Peresmian dihadiri Duta Besar Inggris Moazzam Malik dan Duta Besar Korea Selatan Cho Taiyoung. Kedua negara sahabat tersebut ikut andil dalam pembangunan proyek untuk Asian Games 2018. "Proyek ini harus betul-betul dikerjakan secara bagus dan cepat. Kalau enggak selesai, kita malu sama dunia luar, termasuk duta besar yang hadir di sini," kata Ahok didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, dikutip Poskotanews, Rabu (22/6).

Proyek LRT dianggarkan dari APBD DKI Jakarta sebesar Rp4,5 triliun. Presiden Direktur PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Satya Heragandhi mengatakan pemugaran velodrome menghabiskan anggaran sekitar USD40 juta atau lebih dari Rp500 miliar. "Velodrome baru yang akan dibangun di bekas velodrome lama, dikerjakan oleh pengembang dari Inggris, ES Global," ujarnya dikutip Poskotanews. Pembangunan sarana balap sepeda itu langsung diawasi oleh Union Cycliste Internationale (UCI) agar sesuai standar internasional.

PT WIjaya Karya Tbk (WIKA) dan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung mendapatkan mandat sebagai kontraktor pelaksana pada proyek LRT, velodrome, dan sarana ketangkasan olahraga berkuda. Wika ditetapkan sebagai pemenang pekerjaan proyek pembangunan LRT koridor termaksud senilai Rp 63,42 miliar pada 9 Juni 2016.

Dalam konsorsium ini--bersama dengan ES Global Ltd.--Wika Gedung memiliki porsi sebesar 49 persen dari total nilai proyek. Rencananya, velodrome yang disiapkan sebagai arena balap sepeda pada Asian Games 2018 akan berlangsung selama 26 bulan kalender kerja. Velodrome ini bakal memiliki perlintasan balap sepeda dengan lingkar panjang sekitar 250 meter, lebar 5,5 meter dengan kapasitas daya tampung 3.000 tempat duduk.

Selain peluncuran tiga proyek, Gubernur Ahok pula menyoroti urusan trotoar di Jakarta yang menurutnya "betul-betul jelek". Satu hal yang membuat realisasi perbaikan terus tersendat adalah, pada hematnya, keterbatasan anggaran. Dan menurutnya, perlu waktu 25 tahun untuk membenahi trotoar jika hanya bersandar pada APBD.

Dilansir Kompas, kondisi demikian melatarbelakangi gagasan untuk mengenakan sejumlah kewajiban terhadap perusahaan swasta, cara yang dianggap jitu untuk mempercepat waktu pemberesan.

Salah satu dampak ikutan dari keadaan trotoar lebih baik, menurutnya, adalah berkurangnya kemacetan. "Trotoar itu maksa orang Jakarta jalannya satu arah terus. Kalau dia nginjak (jalan), kan bikin macet," ujarnya dikutip Kompas.

Sebagai informasi, Indeks Stop-Start Castrol Magnatec pada 2015 menunjukkan bahwa Jakarta adalah kota termacet di dunia. Dari perhitungan tim survei, satu kendaraan milik warga ibu kota rata-rata melakukan 33.240 kali proses pengereman per tahun. Angka itu empat kali lipat dari angka rata-rata normal kendaraan yakni 8.000 pengereman setiap tahun.

Pada urutan kedua, dalam jajaran kota termacet di dunia adalah Istanbul. Setiap kendaraan di ibu kota terbesar di Turki itu melakukan 32 ribu lebih pengereman sepanjang tahun. Lantas disusul Mexico City dan Surabaya.
Peluncuran tiga proyek di ulang tahun Jakarta


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-tahun-jakarta

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wih velodrome :nyantai
Manteb tuh LRT NYA, Jakarta banyak yang mau dibangun
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Asal jangan mangkrak aje...


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di