alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b742d94786856398b456b/5-film-indonesia-termahal-yang-sayangnya-gak-balik-modal
icon-hot-thread
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
Banyak yang bilang alesan penonton film Indonesia sepi adalah karena film Indonesia digarap gak niat, gak kayak film Hollywood yang berani ngeluarin duit banyak. Ada anggapan kalau film mahal berbanding lurus dengan kualitas film. Banyak juga film Indonesia yang udah dibikin mahal-mahal tapi toh ternyata gak ditonton banyak orang karena mengecewakan.

Ini dia film yang udah dibikin capek-capek dan mahal-mahal tapi tetep gak ada yang nonton:
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
1. Trilogi Merdeka
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
Darah Garuda via sarahainaahadian.blogspot.com
Salah satu film perang paling ambisius yang pernah dibuat di Indonesia. Sebuah trilogi yang konon kabarnya menghabiskan 64 miliar rupiah. Duit segini banyak katanya sih dihabisin buat bikin spesial efek yang dilakukan oleh tim ahli efek spesial dan ahli teknis film dengan pengalaman dalam pembuatan film Hollywood, serta kegiatan promosi ke sejumlah negara di luar negeri.

Dengan duit sebanyak itu dan dukungan pekerja Hollywood, sayangnya dari ketiga film tersebut gak ada yang nyampe 1 juta penonton*. Film pertama Merah Putih tembus 611.572 penonton, film kedua Darah Garuda cuma 407.426, sedangkan Hati Merdeka gak sampe 400 ribuan malah.

(*Data diambil dari filmindonesia.org)
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
2. Gunung Emas Almayer
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
Gunung Emas Almayer via sidomi.com
Ada gak yang nonton film ini? Gunung Emas Almayer adalah satu lagi proyek ambisius dari produser Trilogi Merdeka. Kali ini Media Desa Indonesia gak sendirian karena ngegandeng perusahaan Malaysia untuk ngebantu ngedanai. Proyek lintas negara ini disutradarai U-Wei Bin Haji Saari, dengan aktor dan aktris dari tiga negara; Australia (Peter O'Brien), Malaysia (Sofia Jane, Adi Putra, Diana Danielle), dan Indonesia (Alex Komang, El Manik, Rahayu Saraswati).

Mahalnya biaya produksi karena latar tempat dan kostum disetting sedemikian rupa menyerupai kehidupan di sekitar hutan Malaka tahun 1830. Menggambarkan pemukiman di pinggir sungai dengan perahu yang lalu lalang sebagai transportasi.

Meskipun film ini udah grand, tetep aja di bioskop adem ayem aja. Dengan target 1,5 juta penonton film ini ternyata tidak terlalu berprestasi, bahkan saking sepinya film ini tak masuk daftar 10 besar film terlaris di tahun 2014.
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
3. Pendekar Tongkat Emas
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
Pendekar Tongkat Emas via youtube.com
Sutradaranya keren. Produsernya hebat. Empat bintangnya adalah yang terbaik di Indonesia. Biaya yang dihabiskan untuk ngebikin? 25 Miliar. Pendekar Tongkat Emas mengambil lokasi eksotik Indonesia untuk memaksimalkan ceritanya.

Sayangnya dengan promosi yang cukup gencar, tetep aja gak balik modal juga film ini. PTE gak masuk 10 besar film paling laris tahun lalu. Padahal secara filmis, PTE pantas mendapatkan lebih banyak penonton.
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
4. Di Bawah Lindungan Ka'bah
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
Di Bawah Lindungan Kabah via 6best-friends.blogspot.com
Dengan kesuksesan film Ayat Ayat Cinta, banyak film religi romantis kemudian dibuat. Salah satunya yang diharapkan bisa mengulangi kesuksesan yang sama adalah film Di Bawah Lindungan Ka'bah. Secara materi, ceritanya berkualitas karena disadur dari karya Buya Hamka. Bintangnya pun adalah bintang film yang cukup dikenal.

Budget 25 miliar yang dikeluarkan sayangnya tetap tidak sebanding dengan penonton yang datang ke bioskop. Pendapatannya diperkirakan hanya sekitar 8 miliaran. Tentunya sebuah kerugian.
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
5. Street Society
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
Street Society via twitter.com
Film balap-balapan ini bisa dibilang cukup seru dan punya twist yang memorable. Untuk mencapainya, pembuat film gak tanggung-tanggung ngeluarin duit. Total 18 miliar keluar. Kebanyakan dipake untuk pemakaian mobil.

Meski begitu, premis yang menarik, bintang film yang terkenal dan mobil yang mengkilap gak menjadikan film ini berhasil. Film ini tetep gak masuk 10 besar film terlaris. Sedih sekali.
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal
Apa yang bisa diambil pelajaran dari semua nasib film ini? Seringkali penonton Indonesia gak bisa ditebak. Udah niat bikin film, eh tetep gak ditonton juga. Skeptis boleh, tapi kalo kamu gak memberikan kesempatan buat film Indonesia, ya suatu hari nanti mungkin perfilman Indonesia bisa mati. Dari sekarang yuk dukung film Indonesia.5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal

5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal

SUMUR
wekekekek yang dikeluarkan banyak tapi yang nonton dikit emoticon-Ngakak
Komengtator kaskuser :

Quote:Original Posted By avrison7
Kalah sama filem yg ceritanya kaya FTV penonton bejibun.
Sekarang kebanyakan penonton abg alay pasar terbesar indonesia.


Quote:Original Posted By greenlazer
kalo the raid 2 balik modal gak tuh? biaya produksi jauh lebih mahal dari the raid 1
konsep the raid 2 kayak ngejar pasar hollywood banget


Quote:Original Posted By etso
lha temanya kurang menarik bagi masyarakat kita,

sekarang ini masyarakat lebih suka yg tema traveling, cinta2 an, atau pop islami (sejenis assalamualaikum beijing, dsb)



Quote:Original Posted By adit236
klo yg merah putih 1 2 3 sih bagus gan, tapi mnurut ane apa ya ? maaf ya, tapi kyknya pejuang Indonesia dulu tuh kece2 bgt ya, entah emng bgitu ato ngga, tapi yaa mnurut ane sih aktor aktrisnya kecakepan..

klo yg PTE emng ane prnah liat review dan wawancaranya d metr*o, tapi trnyata filmnya gg trlalu laku ye..

gunung emas ane blom pernah tau tuh, baru d trit ini doang..


Quote:Original Posted By boy.care
habis nya gimana lagi yach cuy
pendapat pribadi yee
ane klo nonton film indonesia kok selalu dejavu mulu
trus aura sinetron nya kok masih berasa ja yach
itu pendapat ane loh

kecuali laskar pelangi, ama the raid
5 Film Indonesia Termahal Yang Sayangnya Gak Balik Modal


Quote:Original Posted By dominiq009
Dilema bagi para pembuat film di Indonesia. mau buat film berkualitas tapi sepi penonton. dan buat Film yang gak berkualitas yang penting balik modal. Ane rasa film2 masih kurang kreatif ceritanya gitu2 aja. Dan film Indonesia yang terakhir ditonton Film 5CM


Quote:Original Posted By fadhlierlanda
buset deh film dengan penanganan Hollywood aja merugi. kudenger dari seorang praktisi film Indonesia, film Indonesia itu keunggulannya adalah cerita bukan efek. meskipun orang Indonesia suka nonton film asing dengan efek, belum tentu film Indonesia dengan efek bakal selaku film asing dengan efek. misal orang Indonesia suka nonton Iron Man, tapi film Indonesia yang efeknya keren juga bisa jadi dilirik pun tidak ama penonton Indonesia


Quote:Original Posted By estidi
Menurut ane sih promosinya kurang gencar...
Trilogi merah putih aneh cuma tau film pertama, film ketiganya malah ane baru tau setelah ditayangin di TV emoticon-Hammer

Kalo street society mungkin karena plotnya gak begitu jelas, promonya seolah2 menggambarkan film ini bakal kek fast & furious, tapi sepanjang film balapannya cuma dua kali emoticon-Hammer ceritanya juga lebih ke romance daripada action...


Quote:Original Posted By perselingkuhan
Yang bikin ane kurang minat dengan film-film indonesia adalah jalan ceritanya yang sangat mudah di tebak

Dan satu lagi, ceritanya itu-itu aja.. sekali genre horor laris maka semua berbondong-bondong bikin film genre horor, genre religi laris semua orang berbondong-bondong bikin genre religi.. karena hal ini lah jadi cerita yang di suguhkan terkesan itu-itu aja dan di paksakan sehingga jalan cerita muda di tebak..


Quote:Original Posted By Jayadipriyanto
penikmat film indonesia kayaknya udah teramat skeptis sama film film negeri sendiri, termasuk ane.
gimana ngga? dari segi cerita... saat dimana film film hollywood lagi banting tulang buat nyelametin dunia, film lokal "masih" lagi bercerita tentang "CINTA" yang ga ketemu rangga selama 14 taun.


Quote:Original Posted By peyote
itulah industri hiburan di indonesia bre, karya yang berkualitas belum tentu laku disini. penonton disini kebanyakan nonton film yg ngehits. karna mereka nonton bukan karena pengen nonton, tapi nonton karna pengen ngehits.
ane yakin film sekelas godfather atau shawsank redemption pun andaikan tayangnya di indonesia sekarang pasti juga kurang laku


Quote:Original Posted By oeon17
mau gimana lagi ane sayang aja ngeluarin duit nonton di bioskop buat film indonesia,bukan karena apa kurang memuaskan aja kebanyakan emoticon-Mewek kalo nonton film luar, keluar dr bioskop hatipun senang dan bener2 puas dah dengan apa yg disajikan tak sia2 keluar duit








😱😱😱 sikasik
mungkin karena penggemar pelem lokal,lebih demen pelem holiwud ye
Namanya aja bisnis gan, ada untung ada rugi gan emoticon-Big Grin
tau sendiri lah selera kita yg begimana bray emoticon-Ngakak





Salman al-Farisi
Mending bikin bok😱p.. Modal dikit.. Penonton bejibun😌✌
Wihhhhh kasian amat breeemoticon-Matabelo
Kalah sama filem yg ceritanya kaya FTV penonton bejibun.
Sekarang kebanyakan penonton abg alay pasar terbesar indonesia.
dari segi judul mungkin harus sensasional emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dbraints
😱😱😱 sikasik


Quote:Original Posted By dbraints
Mending bikin bok😱p.. Modal dikit.. Penonton bejibun😌✌


modal kelamin doang ya bree 😂😂😝😝😝😌😌
yg no lima ajib tuh pake mobil mewah semua

the raid + laskar pelangi beda dari yg lain emoticon-Cool
btw, numpang taruh trit ane
Judulnya kali yg bikin gk booming
pilm2nya baru denger btw emoticon-Belo
buset daahh film lokal budgetnya bisa ampe puluhan milyar juga yak...emoticon-Hammer2
udah mahal gak balik modal pula
kalo the raid 2 balik modal gak tuh? biaya produksi jauh lebih mahal dari the raid 1
konsep the raid 2 kayak ngejar pasar hollywood banget
Quote:Original Posted By avrison7
Kalah sama filem yg ceritanya kaya FTV penonton bejibun.
Sekarang kebanyakan penonton abg alay pasar terbesar indonesia.



ftv dah muak nonton emoticon-Najisemoticon-Najis
cerita cuma gitu2 doang... najissss emoticon-Marah
lebih baik bikin film berkualitas tanpa mikirin keuntungan... tetapi mikiran cara agar karyanya dapat dikenang orang contoh : the raid

basi liat ftv esscetepii emoticon-Najis