alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b5b5aa2c06ed7448b456b/maskot-maskot-pariwisata-dari-berbagai-daerah-di-jepang
Maskot-Maskot Pariwisata dari Berbagai Daerah di Jepang
Jepang merupakan rumah produksi kartun terbesar di dunia. Dengan puluhan judul kartun diproduksi setiap musimnya, banyak karakter-karakter yang dihasilkan dari berbagai serial.

Terinspirasi dari hal tersebut, muncullah apa yang disebut dengan Yuru-chara.

Apa itu Yuru-chara?

Yuru-chara adalah tokoh-tokoh rekaan yang menjadi maskot pariwisata dari berbagai daerah di seluruh Jepang.

Kita tahu bahwa Jepang sangat gencar dalam mempromosikan pariwisatanya. Hampir setiap daerah memiliki keistimewaan masing-masing untuk diperkenalkan pada publik internasional. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan adalah dengan memakai maskot karakter untuk menarik perhatian.

Lalu lahirlah istilah Gotouchi-chara (maskot karakter lokal) yang lebih populer dari Yuru-chara untuk memperjelas arti, maksud, dan eksistensi dari maskot karakter yang mencerminkan pariwisata lokal di berbagai daerah.

Apa Tugas Dari Maskot-Maskot Ini?
Spoiler for Yuru Chara:


Yuru-chara dibuat dengan maksud untuk memperkenalkan keunikan-keunikan yang ada di tempat kelahiran mereka. Jadi, tugas utamanya adalah mempromosikan tempat, wilayah, acara, organisasi, atau bisnis lainnya.

Sebagai duta pariwisata, maskot karakter harus bisa menggambarkan dan memperkenalkan keistimewaan dari produk lokal, sejarah, dan keadaan alam atau wilayahnya. Contohnya Fukka-chan yang merupakan maskot dari Fukaya. Ia memiliki dua tanduk berbentuk bawang daun sebagai simbol bahwa daerah tersebut merupakan penghasil bawang daun.

Maskot karakter kadang dibuat oleh pemerintah setempat atau organisasi tertentu untuk menstimulasi pariwisata dan pembangunan ekonomi daerahnya.

Seperti Apa Mereka?

Maskot karakter memiliki tampilan lucu dengan berbagai pose dan warna. Yang paling mencolok adalah motif-motif yang menggambarkan daerah yang mereka wakili. Selain itu, ciri khas daerah yang diwakili juga ada dalam nama-nama mereka. Tidak hanya itu, maskot-maskot ini mempunyai gerakan dan cara berjalan yang unik sebagai pembeda dengan maskot yang lain.

Fukka-chan

Spoiler for Fukka-chan:


Ini adalah Fukka-chan, maskot karakter dari kota Fukaya, Saitama. Kota Fukaya dikenal sebagai penghasil bawang daun di Jepang dan ini tergambarkan pada dua tanduk yang ada di kepala Fukka-chan.

Info: localchara.jp/catalog/1785

Funassyi

Spoiler for Funassyi:


Merupakan maskot karakter dari Kota Funabashi, Chiba. Kota ini terkenal dengan buah pirnya.

Info: localchara.jp/catalog/2631

Hikonyan

Spoiler for Hikonyan:


Kucing berhelm tanduk ini adalah maskot dari kota Hikone, Shiga. Sering terlihat berpatroli dan berpose di sekitar kastil Hikone.

Info: localchara.jp/catalog/1039

Kumamon

Spoiler for Kumamon:


Beruang hitam berpipi merah ini merupakan maskot prefektur Kumamoto. Ia sering terlihat berada di berbagai tempat. Jadi, jangan heran kalau melihatnya naik sepeda keliling kota.

Info: localchara.jp/catalog/1332

Shimanekko

Spoiler for Shimanekko:


Si kuning ini adalah maskot kebanggaan prefektur Shimane. Lihat saja di kepalanya ada atap kuil Izumo Taisha, yang merupakan salah satu kuil Shinto paling kuno dan penting di Jepang dan terletak di kota Izumo, prefektur Shimane.

Info: localchara.jp/catalog/1111

Mikyan


Spoiler for Mikyan:


Ini adalah maskot dari prefektur Ehime yang merupakan daerah penghasil jeruk mandarin. Mikyan adalah persilangan antara anjing dan jeruk. Loh kok bisa, ya?

Info: localchara.jp/catalog/2924

Gunma-chan

Spoiler for Gunma-chan:


Dari namanya sudah bisa ditebak kalau kuda poni ini merupakan maskot karakter prefektur Gunma.

Info: localchara.jp/catalog/1004

Wah, mereka lucu-lucu, ya!

Maskot karakter memang dibuat lucu, tapi ada juga, lho yang menyeramkan!

Melon Kuma

Spoiler for Melon Kuma:


Maskot kota Yubari, Hokkaido ini lain daripada yang lain. Bagian kepala maskot menggambarkan kalau daerah Yubari merupakan daerah penghasil buah melon. Akan tetapi, entah kenapa maskot ini ditampilkan dalam bentuk monster. Yang pasti kalau dikejar karakter ini bakal beda cerita. Bukannya senang malah panik.

Info: localchara.jp/catalog/1333

Hanya Itu Saja?

Sebenarnya masih ada banyak maskot-maskot karakter yang lainnya. Database maskot-maskot karakter ini terekam dalam sebuah katalog online bernama Gotouchi-chara. Dalam situs ini terdapat daftar karakter, informasi, berita, beserta profil dari maskot-maskot berbagai daerah yang bisa diurutkan berdasarkan wilayah, atau penilaian pengunjung. Sampai saat ini tercatat ada 3.375 karakter terdaftar di situs tersebut. Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi localchara.jp.

Di mana Mereka Bisa Ditemui?

Spoiler for Mereka ada di sini:


Karena mereka adalah maskot daerah, sudah pasti mereka ada di daerahnya masing-masing. Umumnya mereka biasa ditemui di tempat-tempat yang memiliki daya tarik pengunjung seperti kuil, pusat perbelanjaan, taman, atau di stasiun sambil memberi salam pada penumpang yang turun dari kereta.

Saat tidak bertugas, mereka biasanya berada di kantor pemerintahan setempat untuk menyambut para tamu, atau berkeliling kota menyapa warga untuk memberikan citra baik dan kesan ramah pada masyarakat.

Belum Pernah Bertemu, Tapi kok Rasanya Familiar?

Spoiler for merchandising:


Jika belum pernah bertemu, tapi merasa pernah lihat di suatu tempat, itu wajar, karena mereka ini sangat populer. Mereka bisa ditemukan di berbagai produk merchandise seperti baju, poster, gantungan kunci, alat tulis, juga stiker aplikasi Line.

Tidak hanya itu, beberapa dari mereka memiliki lagu, tarian khas, dan terkadang juga tampil di acara televisi lokal. Ada juga yang dibuat menjadi video game.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Bertemu Mereka?

Spoiler for Welfie:


Semua orang tahu kalau mereka memang lucu dan menggemaskan, tapi jangan sampai maskot-maskot ini kalian gigit atau bawa pulang, ya! Yang pertama harus kalian lakukan adalah tenang, jangan panik. Mereka ini sangat ramah dan bersahabat dengan siapa saja, terutama anak-anak. Kamu bisa ajak berfoto, bercanda, atau ajak menari. Dipeluk juga boleh. Jika ada bayi menangis, mereka dengan senang hati akan menghiburnya sampai tertawa.

Spoiler for Di Gigit Melon Kuma:


Bahkan jika bertemu dengan Melon Kuma, kalian tidak perlu lari ketakutan karena dia tidak benar-benar menggigit. Melon Kuma memang hobi bercanda 😀

Yuru-chara Grand Prix

Spoiler for Yuru-chara Grand Prix:


Sejak 2010 selalu digelar acara voting online tahunan untuk menentukan maskot-maskot terbaik pilih masyarakat. Di acara puncaknya akan ada silaturahmi antar maskot karakter yang dihadiri oleh puluhan ribu orang yang antusias ingin bertemu langsung dengan maskot-maskot dari berbagai daerah tersebut.

Berhubung tahun ini belum dijadwalkan kapan akan dilangsungkan, jadi masih ada kesempatan untuk bertemu dengan mereka jika kalian ke Jepang.

SUMBER
Ikeh ikeh kapucino
Spoiler for ini khas Indonesia:
ts org japan yah

id nya mencurigakan emoticon-Ngakak






Salman al-Farisi
emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By japanlist
Spoiler for ini khas Indonesia:


apaan tuh bray emoticon-Ngakak




Salman al-Farisi
Kalo di jakarte ondel2 emoticon-Big Grin
Kalo judul nya pake Jepang Jepang, Pasti Rame emoticon-Leh Uga
ntapz leh uga emoticon-Leh Uga
maskotnya bau2 animem3k emoticon-Traveller
Kreatif semua gan iconnya.. emoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo Langsung ke TKP emoticon-Traveller
Kyk locodol y gan, stiap daerah pny maskotny sendiri
Indonesia juga punya
Maskot-Maskot Pariwisata dari Berbagai Daerah di Jepang
emoticon-Matabelo nggak ada umaru yahhh?
Mirip maskot pariwisata kepunyaan jepunk


Maskot-Maskot Pariwisata dari Berbagai Daerah di Jepang.
Melon Kuma bukan maskot kali emoticon-Big Grin
miyabi termasuk maskot bukan bray ? dia kan obyek pariwisata emoticon-Leh Uga
ondel-ondel nya orang jepang tuh
maskot - maskot mirip emoticon aplikasi chatting nih emoticon-cystg
×