alexa-tracking

ABK yang Dibebaskan Benarkan Terjadi Penculikan Tujuh WNI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b38e656e6af92238b456f/abk-yang-dibebaskan-benarkan-terjadi-penculikan-tujuh-wni
ABK yang Dibebaskan Benarkan Terjadi Penculikan Tujuh WNI
Quote:Quote:ABK yang Dibebaskan Benarkan Terjadi Penculikan Tujuh WNI

SAMARINDA, KOMPAS.com - Kabar penculikan tujuh WNI asal Samarinda yang diduga diculik dan disandera oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Filipina, kembali dikuatkan dengan adanya komunikasi dari salah seorang ABK TB Charles bernama Rudi yang malam tadi menghubungi istri dan pihak PT PP Rusianto Bersaudara.

Istri Rudi kemudian menghubungi para istri korban yang diduga disandera.

Rudi merupakan salah seorang ABK yang dilepaskan kelompok Abu Sayyaf dan dikelompokkan pada enam orang yang berada di atas kapal. Rudi berhasil menyembunyikan sebuah ponsel sehingga tidak disita kelompok Abu Sayyaf.

Ketika kapal berlayar dan menemukan sinyal, ponsel tersebut dia gunakan untuk menelepon istrinya dan perusahaan.

Hal itu diungkapkan oleh Dian Megawati, istri seorang ABK yang bernama Ismail. Mega dihubungi langsung oleh istri Rudi, dan dikabarkan jika Rudi dan Ismail terpisah.

“Saya dihubungi oleh istrinya Rudi tadi malam, Rudi ada dalam kelompok enam orang yang masih berada di atas kapal. Rudi punya HP yang disembunyikan di kapal, waktu ada sinyal, Rudi langsung menelpon istrinya dan istrinya disuruh menghubungi istri-istri korban lainnya,” kata dia, Kamis (23/6/2016).

Mega mengatakan, istri Rudi sempat mengatakan suaminya memberi informasi bahwa ke 13 ABK TB Charles sengaja dibagi dua bagian. Yakni tujuh ABK turun ke darat, dan enam orang akan dilepaskan.

“Tadi istri Rudi bilang kalau kelompok Abu Sayyaf juga membagi kelompok mereka jadi dua bagian, yang pertama membawa tujuh orang ke daratan sebuah pulau dan satu kelompok lainnya di atas kapal dan lepaskan enam orang ABK. Dari semua ponsel ke 13 ABK, diambil semua oleh penyandera. Ponsel kecil Rudi terselamatkan karena disembunyikan di atas kapal,” katanya.

Mega memohon pada pemerintah Indonesia agar segera mencari kejelasan tentang dugaan penculikan itu. Mega juga menyayangkan Panglima TNI yang menyatakan jika dugaan penculikan Abu Sayyaf adalah bohong.

“Mau bohong dari mana, kami ini istri-istri yang diculik tidak bisa apa-apa selain meminta bantuan dari Pemerintah Indonesia. Istri Rudi juga sudah menghubungi kami, jika TB Charles sudah kembali nanti, kita akan lihat siapa yang benar,” ujarnya.

Tidak hanya Mega, Cindi istri ABK yang bernama Edgar juga memastikan kalau suaminya diculik kelompok Abu Sayyaf. Hingga dini hari, sebut dia, ponsel suaminya tidak bisa dihubungi sama sekali. Padahal suaminya kerap mengirim pesan jika kapalnya sudah masuk perairan Indonesia.

“Meski di laut, tapi terkadang ada sinyal yang Edgar dapat di perairan Indonesia. Kalau kapal melewati tarakan, biasanya langsung ada sinyal dan Edgar tidak pernah lupa mengabari. Ini ponsel Edgar sudah tidak bisa dihubungi, bahkan nomornya seperti sudah dicabut. Sampai sekarang saya belum tahu bagaimana kondisi Edgar,” ucapnya.

http://regional.kompas.com/read/2016...ikan.tujuh.wni


berita sebelumnya

Quote:Panglima TNI Bantah ada Penculikan WNI oleh Kelompok Abu Sayyaf

ABK yang Dibebaskan Benarkan Terjadi Penculikan Tujuh WNI

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan bahwa kabar penculikan terhadap warga negara Indonesia (WNI) oleh kelompok Abu Sayyaf adalah tidak benar.

"Saya pastikan itu bohong," kata Gatot, usai menghadiri buka bersama di kediaman Ketua DPD Irman Gusman, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Sebelumnya, dikabarkan bahwa tujuh warga Samarinda, Kalimantan Timur, disandera oleh kelompok militan teroris asal Filipina, Abu Sayyaf.

Ketujuh orang tersebut merupakan anak buah kapal (ABK) TB Charles, milik perusahaan pelayaran PT PP Rusianto Bersaudara. Mereka disergap dan disandera Abu Sayyaf di perairan Filipina.

Salah satu korban, yakni juru mudi kapal yang bernama Ismail, kemudian diperintahkan untuk menghubungi keluarganya. Ismail kemudian menghubungi istrinya, Dian Megawati.

Pada Rabu (22/6/2016), Megawati menuturkan, tepat pukul 11.00 Wita hari itu, teleponnya berdering dan terlihat nomor panggilan dari Jakarta.

Ketika diangkat, ternyata suaminya, yang menghubunginya dengan nada tergesa-gesa. Suaminya memerintahkan Mega untuk mencari wartawan, kepolisian setempat, Pemerintah Indonesia, dan pihak PT PP Rusianto Bersaudara.

"Saya dikabari tergesa-gesa, saya kaget tidak sempat tanya apa kabarnya, bagaimana nasibnya. Dia cuma minta dicarikan wartawan, kepolisian, pemerintah, dan perusahaan," kata Mega, Rabu.

"Di akhir komunikasi, suami bilang harus disiapkan uang 20 juta ringgit sebagai uang tebusan. Kami sudah ke perusahaan, tetapi masih belum ada kejelasan," ujarnya.

Menurut Mega, ketika mengabari semua pihak, perwakilan perusahaan kemudian langsung mengecek keberadaan kapal TB Charles.

Menurut koneksi yang tersambung, posisi kapal sedang berada di perairan Indonesia menuju Kota Tarakan. Namun, pada saat menghubungi Mega, suaminya terkesan sedang berada di daratan.

"Kata perusahaan, kapal itu baik-baik saja karena masih berlayar menuju Tarakan. Namun, ketika menelepon, suami saya sedang berada di daratan. Terdengar suara ribut seperti di pasar, dan di belakangnya ada suara-suara berbahasa Inggris yang menyarankan agar uang tebusan segera dikirim," ujarnya.

Mega menjelaskan, TB Charles membawa 13 ABK. Suaminya mengatakan, pada proses penyanderaan, ke-13 orang tersebut dibagi dalam dua kelompok.

"Yang tujuh orang dibawa oleh (kelompok) militan Abu Sayyaf, sedangkan yang enam orang lainnya tidak tahu ke mana. Kemungkinan besar, keenam orang itu dikembalikan ke kapal untuk segera melanjutkan perjalanan," kata dia.

Kini, Mega masih terus menunggu kabar dari suaminya dan menantikan kejelasan dari perusahaan.

"Saya enggak tahu lagi harus gimana. Yang penting, mudah-mudahan ini bisa segera ditangani Pemerintah Indonesia, dan saya berharap suami cepat pulang," ucapnya.

http://nasional.kompas.com/read/2016...pok.abu.sayyaf



simpang siur nih...hmmm emoticon-Cool
resev
kita tunggu aja perkembangannya gimana.
Quote:Original Posted By mbahmomon
kita tunggu aja perkembangannya gimana.


iye mbah, kita lihat apakah hanya sekedar isu atau bukan emoticon-Coblos
Ada yg disandera lagi? Jadi ketagihan nih Abu Sayyaf soalnya tebusannya dibayar kali ya yg kmaren2???
Quote:Original Posted By ubermotor
Ada yg disandera lagi? Jadi ketagihan nih Abu Sayyaf soalnya tebusannya dibayar kali ya yg kmaren2???


ga tau juga bray, masih belum jelas nih emoticon-Leh Uga
waduh, abu senyap cari lawan,
yg mana nih yg bener.. emoticon-linux2
Disandra abu sayaf, kok telpon nya di jkt ? Aneh
kita tunggu babak selanjutnya emoticon-Traveller
abu sayyaf: indonesia recommended korban gan,gampang bgt di palakin dompet nya.nyulik lg ahh besok2 emoticon-Recommended Seller
kapal2 berbendera indonesia hrus dilengkapi pacul supaya yg mau nyandera pikir2 dua kali

emoticon-Blue Guy Bata (L)
Apaan nih org dari tadi pacul2 mulu..emoticon-Big Grin
blom terverifikasi nih berita
7 orang disandera,6 orang dilepas?Bukan tipikal gerombolan Abu Sayyaf sekaliii..Dan tebusan 20 juta ringgit.Bukannya klo Filipina itu Peso ya?Ringgit kan Malaysia?
Sambil nunggu kabar yg benar,, lanjut
emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By forbidenfive
abu sayyaf: indonesia recommended korban gan,gampang bgt di palakin dompet nya.nyulik lg ahh besok2 emoticon-Recommended Seller



emoticon-Recommended Seller
masih simpang siur nih mana yang bener emoticon-Big Grin
kalo emang beneran di sandera n ditebus pake duit, aih mending basmiin sekalian aja.
kek di anggap remeh aja aparat indonesia..
×