alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Alasan AP II cabut "ultimate" pada Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b215a96bde696748b456f/alasan-ap-ii-cabut-quotultimatequot-pada-terminal-3-bandara-soekarno-hatta

Alasan AP II cabut "ultimate" pada Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Alasan AP II cabut "ultimate" pada Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Sebuah 'mobile tower' disiapkan di area Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (19/6/2016).
PT Angkasa Pura II (AP II) batal menyematkan kata "ultimate" di belakang nama Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang baru.

Kepala Sekretaris Perusahaan dan Hukum AP II, Agus Haryadi, beralasan pembatalan nama belakang tersebut hanyalah agar mempermudah penyebutan Terminal Bandara Soekarno Hatta, bukan lantaran banyaknya kritikan atas nama "ultimate" tersebut.

"Kami tegaskan, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini hanya terdapat Terminal 1, 2, dan 3," kata Haryadi dalam siaran pers yang ditayangkan Antaranews.com, Rabu (22/6/2016).

Awalnya, kata Terminal 3 Ultimate merujuk pada proyek pengembangan dan perluasan Terminal 3 yang kini ada, yang diresmikan pada 2009 oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Bahwa pengembangan Terminal 3 saat ini sudah paling maksimal, dan tidak bisa lebih dari yang sudah berdiri saat ini, maka jika ada pembangunan terminal baru, kemudian terminal itu akan menjadi Terminal 4.

Melihat perkembangan saat ini, kata Haryadi, di mana proyek pengembangan terminal itu hampir usai dan akan segera dioperasikan maka pihak AP II secara resmi menggunakan nama Terminal 3.

Kata ultimate dalam bahasa Inggris bemakna paling akhir, paling mutakhir, atau paling akbar, dan sejenisnya. Kata ultimate itu berasal dari bahasa Latin, yaitu ultimatus, dengan kembangan ultimare, ultim(us), dan ultima.

Sebelumnya, Anggota Komisi X DPR, Mustafa Kamal, di Jakarta, mengritik penggunaan kata ultimate pada nama terminal baru karena hal itu bukanlah kata bahasa Indonesia.

"Segala aktivitas perdagangan harus menggunakan bahasa Indonesia, tapi ada bandara yang tidak menggunakan Bahasa Indonesia. Bagaimana bandara baru Terminal 3 menggunakan bahasa asing yaitu ultimate," ungkapnya.

Lebaran belum bisa jalan

Selain batal menggunakan nama "ultimate", Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini juga batal dioperasikan pada 20 Juni 2016, maupun beberapa hari jelang Lebaran.

Alasan utama penundaan izin operasi dikarenakan alasan keselamatan yang dinilai belum dipenuhi oleh AP II selaku pengelola. Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, menyatakan verifikasi ulang dalam waktu dekat juga tidak bisa mengubah status penundaan operasi terbatas terminal yang memakan biaya hingga Rp7 triliun ini.

Sebelumnya, AP II menyatakan telah melakukan evaluasi dan memperbaiki sistem pendukung kelistrikan di Terminal 3.

Bahkan, pihaknya telah menempatkan tower portable yang bertujuan mendukung menara pemandu lalu lintas udara (air traffic controller/ATC) utama dalam memantau pergerakan pesawat dan lainnya di sisi udara Terminal 3.
Alasan AP II cabut "ultimate" pada Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...soekarno-hatta

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ganti ajalah jadi ultraman
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Ini sih merasa sok hebat aja pake ultimate. Dan akhirnya malu sendiri, ganti pakai terminal 3 aja. Nggak usah sombonglah pake ultimate karena ngerasa paling bagus, paling hebat, paling dan paling segalanya. Coba bandingkan dulu dengan airport2 lain nya kalau betul sudah paling hebat dan bagus dalam segala hal baru pakai ultimate.
Mau ada terminal 4 sampe 10 pun percuma jika runway tetep dua biji emoticon-Betty (S)
gampang diinget ganti..... Uttaran
Ganti ultraman sekalian
halah... terminal hasil kerja amatiran... apron aja gak bs keliatan... desain gak nyambung ama bentuk arsitektur yg sudah terbangun...

gini deh yg katanya hasil desain "anak bangsa".... emoticon-Big Grin
Diubah oleh gegep.fjolla
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Gak usah pake ultipret-ultipretan lah. Orang pesawat mau take off aja ngantri 30 menit.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
bahasanya yang bernuansa syariah kenapa ??
emoticon-Salaman
Diubah oleh simet
Quote:


hahahahha.. setuju gan

Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Nama Ultimate sebenernya keren sih
Quote:

bener gan, nampaknya emang selain di ruang yang kurang, landas pacu nya juga kurang, jadi sering harus antri lumayan lama

Quote:


mungkin perbaikannya bertahap gan, mulai dari nambah kapasitas terminalnya dulu, nanti baru nambah runwayemoticon-Toast
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di