alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Computer /
TaihuLight Superkomputer Tercepat di Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576ae911a2c06e4b2e8b456e/taihulight-superkomputer-tercepat-di-dunia

TaihuLight Superkomputer Tercepat di Dunia

TaihuLight Superkomputer Tercepat di Dunia

TaihuLight Superkomputer Tercepat di Dunia

TaihuLight Superkomputer Tercepat di Dunia

TaihuLight Superkomputer Tercepat di Dunia

Pengganti Intel Chip "Komputer Tahu" SW26010 manycore 64-bit RISC processor based on the ShenWei architecture


NEW YORK – Ditengah ancaman dominasi teknologi Amerika Serikat (AS), ternyata superkomputer tercepat di dunia saat ini digerakan oleh chip prosesor semikonduktor yang dirancang oleh Tiongkok.

Kenyataan ini merupakan pertama kalinya terjadi dan terobosan teknologi tersebut menunjukkan upaya yang amat serius dari Tiongkok untuk mengurangi ketergantungan pada impor teknologi.

“Superkomputer Sunway TaihuLight yang saat ini ada di Chinese Supercomputing Center, sebuah pusat penelitian superkomputer yang didanai pemerintah di Wuxi, Provinsi Jiangsu, memiliki kekuatan lebih dari dua kali lipat dari superkomputer generasi sebelumnya,” demikian dinyatakan media TOP500, sebuah organisasi riset yang mengkompilasi peringkat keunggulan teknologi komputer setiap dua kali setahun.

“Superkomputer ini didukung oleh prosesor SW26010 yang dirancang oleh Shanghai High Performance IC Design Center,” imbuh TOP500, Senin (20/6) lalu.

“(Superkomputer) ini dibuat tidak berdasarkan pada rancangan yang sudah ada. Mereka membangun sendiri,” kata Jack Dongarra, seorang profesor di University of Tennessee dan pencipta metode pengukuran yang digunakan oleh TOP500.

“Sistem (superkomputer) ini disokong prosesor-prosesor buatan Tiongkok,” imbuh Dongarra.

Superkomputer terbaru seakan menunjukkan tekad Tiongkok untuk membangun industri chip dalam negeri dan mengganti ketergantungan pada impor yang harganya kerap berubah seperti komoditas minyak.

Negara yang paling padat penduduknya di dunia itu juga mencoba untuk mengurangi ketergantungan pada perusahaan AS untuk teknologi pertahanan dan keamanan infrastruktur. Superkomputer sendiri bukanlah konsumen utama dari pasar “chip”. Tapi dengan memiliki superkomputer paling kuat di dunia bisa membantu pembuat prosesor untuk membujuk pasar yang lebih luas memilih teknologi mereka.

“Ini adalah pertama kalinya bahwa Tiongkok memiliki superkomputer yang lebih kuat dari AS, sehingga saya pikir ini adalah sebuah prestasi yang mencolok,” kata Dongarra. Tiongkok tidak mempunyai superkomputer dalam daftar tahun 2001, katanya. Dan saat ini Tiongkok memiliki 167 entri dibandingkan dengan superkomputer AS yang memiliki 165 entri.

Persaingan Pasar

Sebelumnya superkomputer paling unggul memiliki prosesor yang dibangun dengan teknologi AS dari Intel Corp – produsen chip terbesar di dunia – International Business Machines Corp atau turunan dari desain Sun Microsystems.

Peringkat teratas superkomputer sebelumnya diduduki oleh Tianhe-2, yang dibangun dengan menggunakan chip Intel di National Supercomputer Center di Guangzhou. “Saat ini superkomputer itu berada di urutan kedua,” menurut TOP500.

Kemenangan Sunway TaihuLight menjadi tantangan paling khusus untuk dominasi Intel di komputer server, di mana saat ini Intel menguasai sekitar 96 persen pasar. Intel sendiri telah mengumumkan usaha patungan dengan berkongsi dengan perusahaan Tiongkok untuk menerapkan alih beberapa teknologi awal tahun ini.

Superkomputer sendiri terdiri dari beberapa komputer server yang terhubung bersama-sama dan dengan cara itu memungkinkan mereka untuk memproses serangkaian data yang amat besar dan menjalankan perhitungan yang paling kompleks.

Superkomputer ini relatif sangat mahal dan tak semua pihak bisa memilikinya, namun mereka memiliki menampilkan teknologi baru yang amat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan pusat data.

Produsen chip lain seperti Qualcomm Inc pun telah bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok untuk membangun prosesor di negara ini. Penyedia teknologi ARM Holdings Plc, yang produknya jadi jantung prosesor kebanyakan smartphone, juga telah mencoba untuk mengambil peluang di pasaran Tiongkok. Bloomberg/I-1


SUMBER ;
http://www.koran-jakarta.com/taihuli...epat-di-dunia/

SELENGKAPNYA :

http://insidehpc.com/2016/06/dont-pa...supercomputer/

https://en.wikipedia.org/wiki/Sunway_TaihuLight

https://en.wikipedia.org/wiki/SW26010

http://www.jawapos.com/read/2016/06/...pat-di-dunia/2

http://www.wired.com/2016/06/fastest...ay-taihulight/

http://www.bloomberg.com/news/articl...hip-technology
Diubah oleh jokolelono101
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di